Foodies Guide To F&B Industry

Mengenal Michelin Star Lebih Jauh: Penghargaan di Bidang Kuliner Kelas Dunia

February 9, 20164 min readTips & Tricks

 

Photo source: suedtirol.info

Jaman sekarang, makanan tidaklah lagi dipandang sebagai kebutuhan dasar masyarakat untuk mengisi perut dan bertahan hidup. Makanan sudah menjelma jadi suatu yang menghibur dan menarik dalam berbagai aspek kehidupan. Karena alasan itulah, dewasa ini banyak restoran yang serius berkomitmen menggarap makanan sebaik mungkin, dengan bahan-bahan premium agar cita rasa yang dihasilkan juga berkelas. Apalagi dengan adanya bentuk pengapresiasian untuk restoran yang menciptakan makanan lezat dan unik, restoran makin berlomba-lomba menjadi yang terbaik di antara yang lain. Nah, salah satu penghargaan restoran yang diakui oleh dunia internasional adalah Michelin Star. Michelin Star ini ibaratnya Piala Oscar di dunia kuliner dan jadi golden ticket buat restoran dan chef untuk dikenal dunia. Beberapa dari kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan Michelin Star, tapi buat yang masih clueless, yuk simak penjelasan lengkap kita seputar Michelin Star berikut ini.

 

 

Asal Michelin Star

Photo source: sport.detik.com

Kalau kamu bertanya-tanya apa ini sama dengan Michelin yang memproduksi ban, jawabannya iya. Michelin Star ini mulanya berasal dari Michelin Guide yang merupakan buku panduan perjalanan yang dibuat khusus oleh Michelin untuk para customer-nya. Terbitan pertama mulai dari tahun 1900-an. Sebenarnya di dalam guide pertama yang Michelin buat, mereka tidak dengan sengaja membuat daftar restoran terbaik di dunia atau daftar chef terbaik atau restoran dengan harga termahal di dunia. Walaupun pada akhirnya, restoran yang mendapat Michelin Star akan menaikkan harga makanan mereka karena penghargaan tersebut.

 

Pada awalnya Michelin Guide itu berisi daftar restoran yang bisa dikunjungi traveler saat melewati rute tertentu. Selain restoran, mereka juga memasukkan daftar hotel, pom bensin, bengkel, dan toko ban Michelin di dalam buku tersebut. Nah, untuk memasukkan restoran-restoran di guide, Michelin membentuk tim khusus yang dikenal dengan sebutan sebagai inspektor. Inspektor-inspektor ini anonymous, jadi restoran tidak akan tahu saat mereka datang. Setiap inspektor datang me-review restoran, mereka akan membuat memo yang kemudian akan dibahas bersama dengan inspektor lain untuk menentukan restoran mana yang akan mereka berikan penghargaan.

 

Penilaian Michelin Star

Photo source: silversufers.com

Michelin Star dimulai dari satu bintang dan yang tertinggi adalah tiga bintang. Mendapatkan penghargaan ini sangat sulit. Inspektor akan menilai kualitas makanan, teknik memasaknya, konsep restoran, dan pelayanan restoran saat membuat review. Mereka tidak melihat interior restoran atau table setting.  Jadi restoran yang mendapatkan bintang satu Michelin tidak berarti restoran tersebut buruk. Faktanya, dari 10.000 restoran, hanya ada 1 restoran yang berkesempatan mendapatkan bintang satu Michelin ini.

 

Lalu apa arti dari setiap bintang yang diberikan? Well, Michelin sendiri sih nggak pernah memberikan penjelasan resmi tentang itu, tapi menurut pengamat Michelin Star, arti dari bintang-bintang tersebut adalah:

- Bintang satu: Restorannya bagus untuk kamu singgahi ketika sedang berkunjung ke area tersebut. Biasanya restoran tersebut termasuk kategori “restoran yang sangat baik di kelasnya” dan menawarkan hidangan dengan standar yang tinggi.

- Bintang dua: Restoran dengan bintang dua Michelin berarti restorannya worth it untuk dikunjungi walaupun kamu harus mengambil rute yang lebih jauh dari biasanya untuk datang ke restoran ini. Bintang dua juga menandakan kalau restoran ini memberikan hidangan dengan kualitas outstanding yang perlu skill saat menyajikannya.

- Bintang tiga: Restoran yang dapat bintang tiga ini spesial banget. Artinya, sangat worth it jika kamu merencanakan trip khusus hanya untuk makan di restoran ini. Menu-menu yang disajikan sudah pasti sangat baik dan sempurna. Biasanya juga menggunakan bahan-bahan terbaik di dunia untuk membuatnya.

 

Restoran Penerima Michelin Star

Tim Ho Wan Jakarta

Photo source: thedelicaciesjournal.com

Makanan di Tim Ho Wan

Photo source: anakjajan.com

Restoran yang mendapat Michelin Star biasanya restoran sekelas fine dining di mana kamu harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk sekali makan di sana. Tapi belakangan ini, trend tersebut mulai bergeser. Selain restoran fine dining, Michelin juga memberikan penghargaan ke restoran-restoran yang affordable, tapi tetap punya kualitas rasa makanan nomor satu. Contohnya Tim Ho Wan yang merupakan tempat makan Dim Sum asal Hong Kong. Restoran ini meraih bintang satu Michelin dan kamu bisa makan di sana mulai dari Rp.60.000 saja. Tim Ho Wan juga buka di Indonesia dan jadi salah satu restoran dim sum di Jakarta yang wajib kamu cobain lho. Selain Tim Ho Wan, Indonesia juga punya Mozaic yang letaknya di Ubud Bali yang juga menerima bintang satu Michelin lho.

 

Photo source: Mozaic-bali.com

Photo source: Mozaic-bali.com

 

Gimana? Makin tertarik buat nyobain makanan di restoran kelas Michelin? Di Jakarta emang baru ada satu restoran kelas Michelin, tapi jangan salah, banyak juga lho restoran yang punya makanan lezat dan worth it buat dicobain? Nggak percaya? Coba cari aja dish kesukaanmu di Nibble, pasti akan ada banyak rekomendasi menu yang luar biasa enaknya deh. Kamu juga bisa baca review makanan tersebut langsung dari yang udah pernah nyobain lho. Nah, buat yang belum tau banyak tentang Nibble, klik di sini yuk!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble