Foodies Guide To F&B Industry

Mengintip Perkembangan Restoran Jepang di Kota Malang

July 10, 20196 min readInside Stories

Seperti yang kita tahu, kepopuleran makanan Jepang di Indonesia sangat masif. Tidak hanya di kota besar, makanan Jepang juga diminati di kota menengah, tak terkecuali Malang di Jawa Timur.

Hal itu tidak terjadi secara kebetulan. Merebaknya budaya J-Pop yang sempat booming di awal tahun 2000-an juga merangsang munculnya kuliner Jepang di kota ini.

Awal Merebaknya Restoran Jepang di Malang

Jika ditelusuri lebih jauh, restoran Jepang pertama yang ada di Malang bukanlah berasal dari restoran chain terkenal, melainkan restoran yang didirikan oleh penduduk lokal dengan mengadaptasi gaya masakan khas Jepang.

02 - @malangfoodies

Photo source: @malangfoodies

Menurut riset kami, adalah Saboten Shokudo yang sering disebut sebagai generasi pertama yang menawarkan makanan Jepang di Malang. Restoran ini sudah berdiri sejak 12 tahun yang lalu.

Meskipun di tahun-tahun pertama Saboten berdiri masih sedikit sekali restoran Jepang yang muncul di Malang, mereka tidak serta merta membanderol harga tinggi untuk setiap menu yang ditawarkan.

Restoran ini merupakan tempat makan favoritnya para mahasiswa sejak belasan tahun yang lalu sampai sekarang karena harganya yang ramah di kantong para pelajar.

Melihat animo masyarakat Malang pada makanan Jepang yang disajikan Saboten, semakin banyak pengusaha restoran yang membuka gerai makanan Jepang.

Restoran-restoran ini tidak muncul di dalam mall. Melainkan di lokasi-lokasi strategis di tengah kota. Bahkan 10 tahun yang lalu, penulis menemukan adanya gerai takoyaki dan okonomiyako yang dibuka di pujasera mahasiswa.

Saat masyarakat Malang sudah semakin familiar dengan makanan Jepang, barulah restoran chain besar merajai ke kota Malang. Dimulai dari Hoka Hoka Bento, Yoshinoya, Peco Peco Sushi, Ichiban Sushi, hingga Marugame Udon yang baru saja membuka gerai pertamanya di Malang beberapa bulan lalu.

Walaupun sekarang jumlah jenis restoran Jepang semakin beragam, masyarakat Malang seakan-akan tak pernah bosan. Ini terbukti dengan selalu ramainya gerai-gerai penyedia makanan Jepang, khususnya saat akhir pekan.

Untuk kalian para pecinta makanan Jepang, kami akan membahas lebih jauh mengenai jenis restoran Jepang paling recommended di Malang.

 

1. Saboten Shokudo

04 - @saboten_shokudo

Photo source: @saboten_shokudo

Ini dia restoran yang memprakasi kepopuleran makanan Jepang di Malang. 12 tahun lalu, outlet pertamanya yang paling bersejarah berada di Jl. Jakarta sebelum akhirnya pindah ke Jl. Dieng dan membuka outlet baru di Soekarno Hatta dan Sawojajar. Tempatnya sederhana dan merakyat, namun tidak luput dari ornamen Jepang yang membuatnya semakin menarik.

03 - @saboten_shokudo

Photo source: @saboten_shokudo

Jika di awal bukanya dulu Saboten berfokus menyajikan aneka Katsu, kini Sukiyaki dan Yakiniku menjadi hidangan paling favorit di sini. Tak perlu khawatir mengenai harganya, paket Yakiniku di Saboten ditawarkan dengan harga mulai dari Rp80.000 saja. Sedangkan harga paket Sukiyaki mulai dari Rp70.000 saja.

Tak heran kenapa Saboten begitu diminati di kalangan mahasiswa. Kapan lagi bisa makan enak dengan harga murah meriah kalau tidak di restoran ini.

Lokasi:

Saboten Shokudo

Jl. Dieng No.18, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. 0813-3005-5900

 

2. Sugoi Tei

05 - @ammamamo

Photo source: @ammamamo

Sugoi Tei merupakan salah satu restoran Jepang yang cukup lama bertahan di Malang. Mereka sudah ada sejak 6 tahun yang lalu. Sajian sushi dan sashimi adalah menu yang paling diincar foodies saat ke sini. Tersedian menu fusion atau sushi dan sashimi tradisional yang bisa dipilih di Sugoi Tei.

Meskipun harganya lebih tinggi jika dibandingkan Saboten, kualitas ikan yang ditawarkan memang sangat segar dan tidak mengecewakan.

Lokasi:

Sugoi Tei

Jl. Panderman No.11, RW.3, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

3. Iki Japanese Teriyaki House

 06 - @ikijapaneseteriyaki

Photo source: @ikijapaneseteriyaki

Masuk ke dalam Iki Japanese Teriyaki House akan membuat kamu merasakan atmosfer Jepang lewat desain interiornya yang serba kayu, serta ada area makan dengan konsep lesehan ala Jepang juga.

07 - @ikijapaneseteriyaki

Photo source: @ikijapaneseteriyaki

Meski namanya adalah Teriyaki House, restoran ini menawarkan berbagai varian menu, seperti sashimi, sushi, donburi, bento, ramen, tempura, bahkan soba yang masih jarang ditemukan di kota Malang.

Lokasi:

Iki Japanese Teriyaki House

Jl. Pahlawan Trip No.8 - 9, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. (0341) 556153

4. Fuji Japanese Cafe

08 - @fujijapanesecafe

Photo source: @fujijapanesecafe

Serba fusion, itulah kata yang paling bisa menggambarkan Fuji Japanese Cafe. Ini bisa terlihat dari ambiance yang coba dihadirkan restoran ini. Gaya interiornya sangat modern dan meninggalkan kesan tradisional khas Jepang yang biasanya diusung oleh restoran Jepang pada umumnya.

Pilihan fusion sushinya begitu banyak, mulai dari California Roll, Las Vegas Roll, hingga Tiger Roll. Harganya sangat bersahabat, untuk special roll dengan isi 8 pcs dihargai mulai dari Rp36.000 hingga Rp65.000 saja.

09 - @fujijapanesecafe

Photo source: @fujijapanesecafe

Uniknya lagi, Fuji Japanese Cafe juga punya satu menu minuman spesial yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu Selfieccino. Yang membuat minuman ini unik, latte art di atasnya bisa dibuat menyerupai foto kalian. Harganya murah banget, hanya Rp32.000 saja.

Lokasi:

Fuji Japanese Cafe

Jl. Wilis No.25, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. 0819-4994-4555

5. Peco Peco

10 - @the.hungrylittlepiglet

Photo source: @the.hungrylittlepiglet

Pecinta sushi di Malang pasti akrab dengan Peco Peco. Bisa dibilang restoran ini yang membuat menu sushi semakin akrab di tengah masyarakat Malang. Awalnya restoran ini berdiri tahun 2009 di kota Surabaya sebelum merambah ke Malang.

Konsep yang ditawarkan sangat menarik karena harga sushi yang biasanya dipatok dengan harga tinggi, di Peco Peco Sushi kalian bisa menikmati menu sushi mulai dari Rp25.000 saja. Harga boleh murah, tapi kualitasnya sungguh tidak murahan. Kualitas daging ikan yang digunakan selalu segar dengan cita rasa sushi roll yang unik.

Lokasi:

Peco Peco

Jl. Simpang Wilis Indah Ruko No.3, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. (0341) 5078198

6. Ichiban Sushi

 11 - @ichibansushi_id

Photo source: @ichibansushi_id

Sushi merupakan makanan favorit orang Jepang yang juga populer di seluruh dunia. Jika menilik perkembangan dunia sushi di Malang, Ichiban Sushi merupakan restoran sushi chain pertama yang membuka gerainya di Malang. Kini mereka memiliki dua outlet di kota ini.  Seperti gerai Ichiban lainnya, atmosfer Jepang yang kental terasa di restoran ini.

Menu-menu yang ditawarkan seakan membawa hawa segar di tengah masyarakat Malang. Sajian sushi tradisional, seperti nigiri atau sushi maki yang sederhana dihidangkan dengan sempurna dengan kualitas yang terjaga.

Tak lupa, terdapat pula bento set, ramen, serta donburi yang juga wajib dicicipi saat bertandang ke sini.

Lokasi:

Ichiban Sushi

Malang Town Square, Jl. Veteran No.2, Penanggungan, Klojen, Malang, Jawa Timur. Telp. (0341) 3031752

7. Marugame Udon

 12 - @mksfoodbang

Photo source: @mksfoodbang

Seakan melihat kesuksesan restoran Jepang yang sudah lebih dulu muncul, di awal tahun ini Marugame Udon akhirnya membuka gerai pertamanya di Malang.

Antusias masyarakat sangat luar biasa dan itu terlihat dari antrean yang selalu mengular di awal-awal pembukaannya. Tidak heran, Marugame Udon merupakan restoran dengan spesialisasi udon yang hadir pertama kali di Malang.

Kualitas udon yang ditawarkan tak perlu diragukan karena ini merupakan salah satu dari bagian restoran chain asli asal Jepang. Kenikmatan kuah kaldunya tak terkira. Kenyalnya udon bikin ketagihan, ditambah lagi terdapat varian tempura yang bisa dipilih untuk menjadi teman makan udon.

Lokasi:

Marugame Udon

Jl. Semeru No.49, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. 0811-3334-7699

Menarik sekali ya perkembangan restoran Jepang di Malang? Sudah siap untuk berburu kuliner Jepang di kota ini?

Cover photo: @malangfoodies

Related Articles

Connect with Nibble