Foodies Guide To F&B Industry

Menikmati Roti dan Pastry dari 12 Bakery di Jakarta Paling Enak

February 17, 20169 min readFoodie Trends

Semua orang pasti suka Pastry dan Roti enak dari Bakery di Jakarta. Dessert memang bagian terbaik dari setiap sesi makan-makan. Seberapapun stressnya kamu, baik itu karena pekerjaan yang menumpuk atau tugas yang nggak selesai-selesai, Muffin lembut atau sepotong Cupcake pasti bisa membuat kamu senang lagi. Pastry atau Roti yang manis-manis memang jago bikin bad mood hilang. Inilah yang membuat makanan ini pas dimakan kapan saja. Pagi, siang, atau malam, mau dengan segelas teh atau kopi, semuanya terasa pas dan perfect. Di Jakarta ini ada banyak pilihan Bakery dan Patisserie yang menyediakan aneka macam makanan pemuas sweet tooth, mulai dari yang spesialis Croissant sampai Baguettes. Kita sudah merangkum 12 Bakery di Jakarta yang paling enak dan wajib dicobain. Yuk cek guide berikut ini.

1. Eric Kayser Artisan Boulanger

Photo source: lulabyspoon

Photo source: lulabyspoon

Saat kamu masuk ke Eric Kayser Artisan Boulanger, kamu pasti akan langsung tahu kenapa Bakery di Jakarta yang satu ini jadi favoritnya foodies se-Jakarta. Semua Dessert yang ada di Eric Kayser Artisan Boulanger benar-benar terlihat enak dan menggoda. Sebelum kita membahas aneka Roti dan Pastry enak di sini, kita mau ceritain sedikit tentang di balik berdirinya Eric Kayser Artisan Boulanger. Eric Kayser Artisan Boulanger ini didirikan oleh Éric Kayser, seorang French Baker dan food writer yang terkenal di dunia. Kayser lahir sebagai generasi ke-4 dari keluarga French baker. Ia membuka bakerynya sendiri di tahun 1996 dan usahanya tersebut sukses dan disukai banyak orang. Hasilnya, sudah ada 80 outlet yang berdiri di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pertama masuk di Jakarta, mereka membuka outlet di Plaza Senayan tahun 2014 dan sekarang udah ada 4 outlet di seluruh Jakarta. Saat ke sini, siap-siap dibuat terkesan dengan Pistachio Éclair dan Almond Croissant Nggak cuma warna hijau terang Pistachio Éclair yang bisa menarik perhatian kamu, rasanya pun akan bikin kamu jatuh hati. Eclairnya moist dan teksturnya cantik. Pistachio icing di atasnya juga nggak keras atau crispy, tapi lengket dan wangi aroma pistachio-nya semerbak banget. Saat digigit, Pistachio cream berwarna hijau yang tersembunyi di dalam eclairnya akan memenuhi mulut kamu. Mereka juga punya aneka Sandwich, Burger, Pasta, dan Fougasses yang juga tidak kalah enak.

 

Lokasi:

Eric Kayser Artisan Boulanger

Plaza Indonesia, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924344.

2. PAUL Bakery and Patisserie

Photo source: aline-aline-aline

Photo source: eatandtreats

Mendengar kata PAUL Bakery and Patisserie, pecinta Roti dan Pastry pasti langsung terbayang-bayang Roti khas Perancis yang terkenal itu. Store pertama PAUL berdiri di kota Croix yang ada di selatan Perancis dari tahun 1889. Sekarang PAUL sudah mendunia dan punya 450 cabang yang tersebar di berbagai negara. Kalau kamu baru pertama ke Bakery di Jakarta ini, kamu pasti bingung banget mau pilih Roti dan Pastry yang mana karena semua terlihat enak, lezat, cantik, dan sanggat menggiurkan. Belum lagi store yang ada di Pacific Place, Bakerynya langsung terhubung ke restoran yang didekor super cantik. Tempatnya nyaman untuk jadi tempat nongkrong, ngopi, atau sekedar arisan cantik. Kamu bisa mencoba Tartelette Framboise yang penampilannya sangat cantik. Ini adalah salah satu Tartelette andalan PAUL. Pie yang diisi sama cream makin terlihat indah dengan raspberry segar di atasnya. Rasanya manis dan creamnya enak dan unik banget!

 

Lokasi:

PAUL Bakery and Patisserie

Plaza Indonesia, Lantai 2, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29704981 ext: 703.

3. Passionée Bread and Pastry Shop

Photo source: thedelicaciesjournal

Photo source: manual

Passionée Bread and Pastry Shop yang satu ini bisa dibilang menjadi hidden gem Bakery di Jakarta. Lokasinya menyempil di area perumahan di Jl. Brawijaya. Walaupun perlu effort buat menemukan tempatnya, tapi saat mencoba Rotinya, kamu pasti setuju kalau usaha kamu worth it banget. Suasana di dalam gerai Bakery didekor cantik, penuh dengan tanaman dan cat dengan warna playful yang bikin suasananya makin homey dan cozy. Meski konsepnya homemade neighborhood bakery, Passionée Bread and Pastry Shop ini menggunakan bahan-bahan import untuk membuat aneka Roti dan Pastry andalannya. Salah satu yang paling banyak dicari orang saat mampir ke sini adalah Apple Pie. Pienya crunchy dan lembut sampai bikin kamu nggak bisa berhenti melahapnya. Sebaiknya kamu datang ke Passionée Bread and Pastry Shop pagi-pagi karena kadang di siang hari sudah banyak aneka Pastry dan Roti mereka yang habis.

Lokasi:

Passionée Bread and Pastry Shop

Jl. Brawijaya Raya No. 4, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 7221740.

 

4. Sophie Authentique

Photo source: eatandtreats

Photo source: the-leonardi

Lagi ingin ngemil French bakery dengan rasa yang autentik di tempat ter-hits di Jakarta? Datanglah ke Sophie Authentique. Pemilik Bakery di Jakarta ini adalah Sophie, seseorang yang berasal dari Prancis dan sudah pindah ke Indonesia sejak 15 tahun yang lalu bersama suaminya. Sebelum membuka gerai Bakery, ia hanya menjual Pastry dan Roti premium ke teman-temannya setiap Sabtu dan Minggu saja. Tapi karena banyak permintaan dan terbukanya kesempatan untuk membuka gerai Bakery di Kemang, jadilah Sophie Authentique. Sekarang Bakery di Jakarta ini sudah bisa ditemukan di 5 lokasi. Saat ke sini, kamu wajib mencoba Canele. Meski terlihat plain, rasa Canele buatan Sophie beda banget. French cake asli Prancis ini diselimuti caramel berwarna gelap dan bagian dalamnya terasa seperti custard. Teksturnya bagus banget, sedikit kenyal, dan tidak terlalu manis. Selain itu, Sophie Authentique ini juga punya menu brunch yang lezat banget, salah satunya adalah Croque Madame.

Lokasi:

Sophie Authentique Bakery

Jl. Kemang Raya No. 55, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7180011.

 

5. Chicory European Patisserie

Photo source: lulabyspoon

Photo source: thefoodescape

Satu lagi Bakery di Jakarta yang menyediakan Pastry dan Roti autentik khas Eropa, Chicory European Patisserie. Lokasinya ada di daerah Menteng dan menempati space yang tidak terlalu besar, tapi penataan yang minimalis dengan konsep oldies membuat ruangannya terlihat sangat elegan dan nyaman. Kamu nggak akan bisa melupakan wisata kulinermu di sini, khususnya kalau kamu pesan Chocolate Mousse yang cantik banget. Moussenya sangat lembut dan fluffy dan rasa coklatnya yummy banget. Satu hal lagi yang akan membuat kamu jatuh cinta mencicipi Pastry dan Roti di sini, yaitu semuanya handmade dan menggunakan bahan-bahan terbaik tanpa pengawet.

 

Lokasi:

Chicory European Patisserie

Jl. Sumenep No. 9, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31925799.

6. Animo Bread Culture

bakery-di-jakarta-02

Photo source: @ericekos

Ngomongin Bakery di Jakarta tak akan lengkap tanpa membicarakan Donat kampung yang rasanya familiar, humble, dan bikin kangen. Kalau kamu bosan dengan Roti dan Pastry bergaya Western, kamu bisa mengunjungi Animo Bread Culture di Pasar Santa atau Cipete untuk membeli Donat dengan topping gula halus atau meises coklat. Rasanya memang sederhana, tidak mewah, tapi bisa mengobati kerinduanmu dan bikin nostalgia masa kecil. Makin nikmat saat disantap sambil ditemani segelas Es Kopi Susu Animo yang terasa strong, creamy, dan legit di waktu bersamaan.

 

Lokasi:

Animo Bread Culture

Pasar Santa, Lantai Dasar, Jl. Cipaku I, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27932230.

7. Almondtree by The Harvest

bakery-di-jakarta-03

Photo source: @eatandstories

Almondtree terkenal dengan aneka dessertnya yang cantik-cantik. Kalau kamu tidak percaya, kamu bisa membuktikannya dengan memesan sepotong Vivid Butterscotch di Bakery di Jakarta ini. Ini merupakan Butterscotch Cake dengan vanilla crumble dan strawberry sauce. Rasanya segar, dan manisnya tidak berlebihan. Topping yang menyelimuti Cake ini juga meriah. Ada marshmallow, strawberry dan jelly.

 

Lokasi:

Almondtree by The Harvest

Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 27, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 8354735.

8. Châteraisé

bakery-di-jakarta-04

Photo source: @eat.time.story

Legendary Fresh Cream Cake dari Châteraisé memang sangat legend. Cake dari Bakery di Jakarta ini merupakan salah satu menu yang paling best selling. Cake ini terdiri dari beberapa tumpukan layer yang terbuat dari Fresh Strawberry, Vanilla Fresh Cream, Vanilla Sponge, Strawberry Fresh Cream, dan Strawberry with Strawberry Sauce. Teksturnya fluffy dan moist. Sensai manis, asam, dan segarnya bikin ketagihan. Choux buatan Châteraisé juga tak kalah fenomenal. Porsi cream dalam Chouxnya sangat berlimpah, rasanya light dan tersedia dalam berbagai varian rasa, ada coklat, matcha, atau vanilla.

 

Lokasi:

Châteraisé

Senayan City, Lantai Lower Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 72781520.

9. The Harvest

bakery-di-jakarta-05

Photo source: @ericsuyoto

Banyak yang mengandalkan The Harvest sebagai destinasi untuk mencari Kue Ulang Tahun. Tak heran, Cake buatan The Harvest memang terkenal enak dan totalitas. All-time favorite Cake di sini sudah jelas adalah Chocolate Devil. Rasnaya nyoklat banget, manis, tapi nggak bikin eneg. Selain Cake, mereka juga punya aneka Macaron warna warni dan Moon Cake berbagai rasa. Kamu bisa mencoba Moon Cake rasa White Lotus Salted Egg, Red Bean, Pandan, dan Black Sesame.

 

Lokasi:

The Harvest

Jl. Senopati Raya No. 47, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 52892424.

10. Tous Les Jours

bakery-di-jakarta-06

Photo source: @kulinerhunter.id

Hampir semua Roti dan Pastry dari Tous Les Jours terasa enak dan berkualitas. Meski begitu, harga yang dibanderol oleh Bakery di Jakarta ini masih affordable. Jangan lewatkan Cornet Plain yang merupakan gulungan pastry dengan kulit yang renyah, dan di dalamnya berisi krim custard yang manis. Cornet pastry ini juga ada yang di dalamnya terisi cream coklat yang manisnya pas. Ganache Danish di sini juga tak mengecewakan. Di bagian tengah Danish ini ada chocolate filling yang hangat dan gooey. Rasanya yummy dan cocok jadi cemilan saat ngopi.

 

Lokasi:

Tous Les Jours

Senayan City, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 72781209.

11. Casadina Kitchen & Bakery

bakery-di-jakarta-07

Photo source: @casadina

Meski lokasi Casadina agak tersembunyi, yaitu di dalam Apartemen Taman Rasuna, namun Bakery di Jakarta ini selalu laris manis menjadi pilihan tempat untuk mengadakan bridal shower atau arisan. Tak heran, tempatnya memang nyaman banget, apalagi ada view ke pool yang keren abis. Roti dan Pastrynya juga memuaskan. Chocolate Cake di sini juara banget karena disajikan dengan siraman saus manis dan dihiasi oleh potongan segar strawberry yang segar. Makanan beratnya juga siap membuat perut kamu kekenyangan. Ada aneka Pasta, Pizza, Steak dan hidangan lain yang rasanya ciamik.

 

Lokasi:

Casadina Kitchen & Bakery

Apartemen Taman Rasuna, Tower 17, Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 83796855.

12. Lapislapis The Kitchen

bakery-di-jakarta-08

Photo source: @lapisthekitchen

Sesuai dengan namanya, Lapislapis punya andalan Kue Lapis khas Surabaya atau Lapis Legit dalam versi premium. Rasa coklat, keju, prune, kopi, bahkan almond bisa kamu nikmati di sini. Tak hanya itu, konsep The Kitchen yang diusung Bakery di Jakarta ini juga membuat kamu bisa mencicipi beragam fusion Asian Western food yang sedap. Mulai dari Pork Chop, Fettucine Alfredo, sampai Sushi, semuanya tersedia dan wajib dicoba.

 

Lokasi:

Lapislapis The Kitchen

Jl. Danau Agung 2 No. 21 - 22, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 65832072.

Yang ngaku suka Roti dan Pastry, jangan lupa jelajahin satu-satu gerai Bakery di Jakarta yang kita bahas di guide ini. Beri ulasan Roti dan Pastry favorit kamu di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, klik yuk di sini!

 

Cover photo source: @udahdiperut

Related Articles

Connect with Nibble