Foodies Guide To F&B Industry

Menikmati Selera Autentik Nusantara di KAUM Jakarta

May 20, 20194 min readReviews

Apa yang biasa ada di pikiran nibblers jika dilemparkan ide tentang selera Nusantara? Beragam jawaban tentu pasti akan keluar dari kalian semua, namun di Restoran KAUM Jakarta makna Nusantara ini begitu mendalam, sehingga seluruh kuliner asli Indonesia menjadi tema utama di restoran  ini, literally seluruh Indonesia.

“KAUM itu Indonesian food pastinya, jadi yang kita highlight di KAUM adalah makanan, ingredient, dan budaya Indonesia yang sudah sangat tidak familiar hari ini. Inilah yang membedakan KAUM dengan restoran-restoran Indonesian food lainnya,” ungkap Jessica Eveline, Operation Manager KAUM Jakarta kepada Nibble.id.

ambience 1

Jika pada umumnya di banyak restoran nusantara lain kita akan terbiasa dengan menu-menu nasional yang umum, lain cerita di KAUM Jakarta. Restoran ini secara reguler melakukan riset dan studi ke berbagai daerah untuk mendapatkan menu-menu yang orisinal langsung dari wilayah asal.

Sintang, Kalimantan Barat

Uniknya lagi, restoran yang terlihat jelas ingin mewakilkan rasa-rasa dari seluruh nusantara memiliki ciri unik terhadap menunya, yakni pergantian tema dalam periode tertentu. Nibbler.id berkunjung di saat tema utama mereka adalah tentang Sintang.

ambience

Sintang adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Barat yang memiliki warna menarik pada masakan-masakannya. Memiliki penduduk yang terdiri dari Suku Dayak, etnis China, serta Melayu tentu melahirkan rasa masakan yang kompleks serta bahan-bahan yang khas.

“Kompleksitas rasa di Sintang ini bisa terbayangkan di mana pork cenderung mendominasi di masakan etnis China, lalu masyarakat Melayu sangat akrab dengan seafood dari Sungai Kapuas, ditambah Suku Dayak yang cenderung memiliki bahan-bahan masakan tradisional dari alam. Oleh karena itu sebuah tantangan untuk KAUM menyajikan warna Sintang ini selama bulan Ramadan,” lanjutnya.

Nusantara Hingga ke Nuansa

Ambiance yang ditawarkan KAUM Jakarta juga sangat mewakilkan kekayaan budaya Nusantara, di mana furniture kayu yang mendominasi, serta ornament-ornamen dari berbagai daerah mewarnai meja makan. Semua itu dibungkus dalam sebuah rumah bergaya Jakarta tempo dulu di Jl. Dr. Kusuma Atmaja, Menteng, Jakarta Pusat.

food 1

Seting ruangan yang bervariasi, mulai dari meja-meja santai di sekitar area bar, lalu meja-meja makan panjang yang bisa digunakan untuk acara makan-makan bersama di wilayah dapur. Selain itu, untuk nibblers yang ingin merasakan suasana lebih privat, tentu tersedia ruang VIP bernuansa homey yang bisa direservasi tanpa minimal order.

Tapi jika nibblers bertanya soal rekomendasi, kami lebih menganjurkan untuk menggunakan ruang utama karena pada jam-jam ramai suasana akan terasa lebih hidup.

Menus

Menu-menu Sintang yang disajikan antara lain ada Ikan Asam Pedas, yakni ikan patin dari Sungai Kapuas yang disajikan dengan epic-nya pedas liak padi serta kecombrang yang harum. Lalu ada Pacri Nenas yang memberikan sensasi unik nanas yang dimasak dengan asam kandis di dalam santan.

food 2

Oseng Pakis Salai Lais menjadi salah satu yang begitu mengena di lidah kami, di mana daun pakis dan Ikan Lais asap menjadi sebuah kombinasi menarik dari rasa kuliner ini. Bagi kalian yang berlidah kurang adventure bisa memilih Lontong Kasturi, lontong yang disajikan dengan braised beef, labu siam dan topping kelapa parut. Sekilas mirip lontong sayur pada umumnya, namun dengan braised beef yang juara.

Yang terpenting dan jangan sampai dilupakan adalah ragam sambal yang menemani menu-menu dari Sintang ini. Ada sambal lais, sambal petai lais, sambal mangga lais, serta sambal mangga lais. Kesemuanya memiliki rasa khas dari ikan lais yang diasap. Ikan lais adalah ikan yang banyak ditemukan di sungai-sungai Kalimantan seperti Sungai Kapuas dan Mahakam.

drink 1

Tak hanya resep-resep autentik dari daerah, KAUM Jakarta juga selalu memberikan unsur modern pada beberapa bahan baku khas, sehingga bisa dibentuk menjadi sebuah kuliner yang benar-benar baru. Salah satunya adalah Keling Kumang, mocktail yang lahir dari ingredient Sintang. Minuman ini merupakan mix dari asam maram, citrus, jus nanas, liak padi, dan cabai merah yang disajikan bersama manisan nanas.

Selanjutnya untuk kalian yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh seperti apa saja selera-selera yang dimiliki negeri ini, nibblers bisa langsung berkunjung ke KAUM Jakarta. Kalian bisa menikmati menu-menu Sintang ini selama Ramadan, dan tentunya menu-menu eksotis dari wilayah lainnya di periode-periode berikutnya.

Lokasi:

KAUM Jakarta

Jl. Dr. Kusuma Atmaja No.77-79, Menteng, Jakarta Pusat, 0813-8171-5256

Related Articles

Connect with Nibble