Foodies Guide To F&B Industry

Minyak Terbaik untuk Masakan Ayam Goreng

April 18, 20195 min readTips & Tricks

Masakan Ayam Goreng merupakan menu makanan paling laris di Indonesia. Menu makanan ini paling dicari di restoran dan jadi menu favorit sebagai masakan rumahan. Masakan Ayam Goreng terkenal dengan teksturnya yang renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam. Hal ini bisa didapatkan saat Anda menggoreng Ayam Goreng di dalam minyak panas. Dalam artikel ini, kami akan membeberkan segala hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih minyak untuk masakan Ayam Goreng. Kami juga punya tips agar Ayam yang Anda buat bisa terasa sangat lezat dan crispy.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Minyak untuk Masakan Ayam Goreng

masakan-ayam-goreng-02

Ada beberapa jenis minyak yang sering digunakan untuk berbagai jenis metode memasak. Jika Anda memilih minyak yang kurang tepat, itu akan mempengaruhi rasa dan tekstur masakan ayam goreng yang Anda buat. Saat memilih minyak, ada tiga hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu transfer rasa, titik asap, dan rasa dari minyak goreng itu sendiri.

  • Transfer Rasa: Transfer rasa menggambarkan rasa dari makanan yang Anda goreng bisa ditransfer ke dalam minyak, lalu rasa tersebut dapat ditransfer kembali ke makanan berikutnya yang akan Anda goreng. Saat memilih minyak untuk masakan ayam goreng, Anda harus memilih minyak yang dapat mencegah terjadinya transfer rasa, sehingga ayam yang Anda goreng rasanya tetap seperti ayam goreng, tidak beraroma seperti ikan atau mozzarella stick hanya karena sebelum menggoreng Ayam, Anda sudah menggunakan minyak untuk menggoreng bahan makanan lain.
  • Titik Asap: Saat minyak mencapai suhu tertentu, minyak akan mulai mengeluarkan asap dan berbau tengik. Tapi suhu ini dipengaruhi pada jenis minyak. Ketika kita menggoreng ayam, kita butuh suhu yang sangat tinggi, jadi pastikan Anda memilih minyak yang memiliki titik asap tinggi sehingga minyak tersebut tidak mengeluarkan asap dan mempengaruhi rasa masakan ayam goreng Anda.
  • Rasa Minyak: Beberapa jenis minyak memiliki rasa yang kuat dan ketika kita menggunakannya, itu dapat mempengaruhi rasa makanan. Saat menggoreng ayam, Anda pasti ingin rasa ayam dan bumbunya terasa saat dimakan, jadi pastikan Anda memilih minyak goreng yang memiliki rasa yang netral.

Jenis Minyak Terbaik untuk Masakan Ayam Goreng

masakan-ayam-goreng-03

Berikut ini lima jenis minyak terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menggoreng ayam karena minyak berikut ini punya titik asap yang tinggi dan rasa yang netral.

1. Vegetable Shortening

Titik Asap: 182°C

Keuntungan:

Lemak padat ini akan meleleh saat dipanaskan. Ini sering dijadikan sebagai alternatif pengganti minyak di Amerika Selatan.

2. Lard

Titik Asap: 187°C

Keuntungan:

Sama seperti vegetable shortening, lard merupakan jenis minyak tradisional yang sering digunakan di Amerika Selatan. Lard menjadi salah satu minyak terbaik untuk menggoreng ayam karena memberikan cita rasa yang sangat enak dan kerenyahan yang tak tertandingi.

3. Peanut Oil

Titik Asap: 232°C

Keuntungan:

Peanut oil memiliki titik asap tinggi yang membuatnya ideal untuk memasak ayam goreng. Ditambah lagi, peanut oil mencegah terjadinya transfer rasa, sehingga ini cocok untuk digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan.

4. Canola Oil

Titik Asap: 204°C

Keuntungan:

Dengan titik asap yang tinggi dan rasa yang netral, canola oil juga menjadi pilihan terbaik untuk menggoreng ayam. Nilai plusnya, minyak ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih sehat dibanding jenis minyak lainnya.

5. Coconut Oil

Titik Asap: 232°C

Keuntungan:

Jenis minyak ini memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi. Ini membuat coconut oil jauh lebih sehat dibanding yang lainnya. Jenis minyak ini juga tidak berbau dan memiliki rasa netral sehingga mampu melindungi rasa masakan ayam goreng dan bisa mencegah terjadinya transfer rasa.

Suhu untuk Menggoreng Ayam

masakan-ayam-goreng-04

Suhu minyak juga tak kalah pentingnya saat Anda ingin membuat masakan ayam goreng. Jika suhu minyak Anda terlalu dingin, ayam goreng Anda akan berminyak. Sebaliknya, jika terlalu panas, kulit ayam akan terbakar dan bagian dalamnya masih mentah. Sebaiknya goreng ayam saat suhu minyak sudah mencapai 176°C - 190°C dan jangan sampai suhu minyak goreng turun sampai ke bawah 162°C. Saat Anda menggoreng ayam, Anda juga harus mengecek suhu dalam ayam untuk memastikan ayam goreng Anda sudah mencapai suhu 73°C.

Suhu Minyak untuk Menggoreng Sayap Ayam

masakan-ayam-goreng-05

Berhubung ukuran sayap ayam lebih kecil dan memiliki kandungan daging yang lebih sedikit, sayap ayam akan matang lebih cepat. Jadi, Anda harus menggunakan suhu yang berbeda untuk menggoreng sayap ayam. Anda memerlukan suhu 190°C untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan bagian dalam daging ayam yang juicy.

Tips untuk Menggoreng Ayam

masakan-ayam-goreng-06

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda menghasilkan ayam goreng yang terbaik:

  • Tepuk ayam Anda dengan paper towel sebelum mencampurnya dengan adonan tepung agar teksturnya bisa renyah setelah digoreng.
  • Tempatkan ayam Anda dalam suhu kamar sebelum diolah dan digoreng. Jika Anda langsung menggoreng ayam yang baru keluar dari kulkas, suhu ayam akan terasa dingin sehingga bisa mengurangi suhu minyak dan menghasilkan kematangan yang tidak merata.
  • Diamkan ayam sejenak setelah Anda menggorengnya agar sisa minyak berlebih di ayam bisa menghilang dan bagian kulitnya bisa terasa lebih renyah.
  • Setelah digoreng, dinginkan masakan ayam goreng Anda di wire rack dan sebaiknya jangan menggunakan alas paper towel agar minyak berlebih di ayam bisa menghilang.

Masakan ayam goreng menjadi hidangan yang paling disukai banyak orang. Menu ini mungkin terlihat  mudah dibuat, tapi hal-hal kecil, seperti memilih jenis minyak untuk menggoreng ayam dapat mempengaruhi rasa ayam goreng Anda secara keseluruhan. Jadi, ingat terus tips yang sudah kami jelaskan di atas agar ayam goreng Anda bisa maksimal.

Photos source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble