Foodies Guide To F&B Industry

Minyak Terbaik untuk Masak Ikan secara Deep Fry

May 17, 20194 min readTips & Tricks

Saat menyediakan masakan ikan untuk restoran, pilihan minyak goreng sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Jika nibblers salah memilih, bisa-bisa tekstur masakan ikan deep fry yang dihasilkan bisa menjadi terlalu kasar atau terlalu berminyak.

Hal semacam ini jelas akan berdampak buruk untuk para pelanggan nibblers. Lalu, apakah ada minyak goreng yang paling cocok untuk menggoreng ikan? Mari simak hasil penelusuran kami.

Pertimbangan Memilih Minyak Goreng

masakan-ikan-02

Jenis minyak goreng yang nibblers pilih akan berpengaruh besar pada kerenyahan, rasa, dan tekstur ikan yang kalian goreng. Jadi sangatlah penting untuk memilih minyak goreng yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih minyak untuk menggoreng ikan:

  • Titik asap. Titik asap adalah suhu saat minyak mulai panas, rusak, dan tidak dapat digunakan. Saat menggoreng ikan secara deep fry, sebaiknya gunakanlah minyak goreng yang memiliki titik asap yang tinggi karena kita akan menggoreng ikan dalam suhu yang tinggi.
  • Rasa. Cita rasa ikan itu lembut, jadi pastikan memilih minyak dengan rasa yang netral sehingga tidak mengubah rasa ikan goreng.
  • Transfer rasa. Jika menggoreng berbagai masakan dalam minyak yang sama, nibblers harus memilih minyak yang mampu mencegah transfer rasa.

Minyak Terbaik untuk Menggoreng Ikan

masakan-ikan-03

Jenis Minyak Titik Asap Keuntungan
Peanut Oil 232 °C Harga peanut oil cukup terjangkau dan minyak ini punya rasa yang netral sehingga tidak akan memengaruhi cita rasa ikan goreng. Selain itu, peanut oil juga mencegah terjadinya transfer rasa.
Canola Oil 204 °C Canola oil memiliki titik asap yang tinggi serta rasa yang netral. Minyak ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi, sehingga membuat minyak ini menjadi pilihan yang lebih sehat daripada lainnya.
Cottonseed Oil 232 °C Cottonseed oil memiliki titik asap yang tinggi. Harganya juga terjangkau sehingga ini bisa menjadi pilihan ideal jika restoran sangat sering menggoreng ikan dalam jumlah yang sangat besar.
Coconut Oil 232 °C Coconut oil merupakan pilihan tersehat jika ingin menggoreng ikan secara deep fry. Rasanya juga netral dan mencegah terjadinya transfer rasa saat harus menggoreng bahan makanan yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Jenis Ikan Terbaik untuk Digoreng Deep Fry

masakan-ikan-04

Ada banyak sekali jenis ikan, namun tidak semuanya enak untuk digoreng secara deep fry. Saat memilih jenis ikan untuk digoreng, carilah ikan yang memiliki rasa netral dan tidak terlalu berminyak. Selain itu, ikan berdaging putih biasanya menjadi pilihan ikan terbaik untuk digoreng deep fry.

Berikut beberapa jenis ikan yang bisa nibblers pilih:

  • Ikan Lele
  • Gurame
  • Nila
  • Cod Alaska
  • Udang

Saat memilih ikan untuk digoreng deep fry, sangatlah penting untuk memilih ikan yang punya rasa netral dan tidak berlemak. Selain itu, banyak ikan air tawar juga yang bisa digoreng, seperti ikan lele atau nila. Sebaiknya hindari menggoreng salmon, tuna, atau ikan kakap karena jenis ikan ini bertekstur padat dan berminyak, sehingga tidak cocok untuk digoreng.

Tips Menggoreng Ikan Deep Fry

masakan-ikan-05

Setelah memutuskan jenis minyak apa yang cocok untuk kondisi restoran, sekarang adalah waktunya untuk belajar menggoreng ikan. Ada beberapa tips yang bisa membantu nibblers menghasilkan masakan ikan yang lezat dan renyah kepada para pelanggan:

  • Ikan itu sangat lembut dan ketika terkena panas yang tinggi, tekstur ikan akan lebih cepat menjadi kasar dan keras. Jadi pastikan untuk melapisi ikan dengan adonan sebelum menggorengnya secara deep fry. Adonan akan melindungi ikan dari minyak panas dan mengunci kelembaban yang terdapat dalam ikan. Hasilnya, ikan yang digoreng akan sempurna dan tetap lembab di bagian dalam.
  • Pastikan nibblers menggoreng masakan ikan pada suhu yang tepat. Jika suhunya terlalu tinggi, ikan akan hangus dan terbakar. Sebaliknya, jika terlalu rendah, adonan ikan akan menyerap terlalu banyak minyak sehingga menghasilkan tekstur yang sangat berminyak. Suhu terbaik untuk menggoreng ikan adalah 182-193 °C.
  • Jika nibblers harus menggoreng banyak ikan, pastikan penggorengan atau fryer sudah diatur ke suhu yang tepat. Untuk mencegah suhu penggorengan menurun, nibblers dapat mengaturnya ke suhu yang lebih tinggi.

Tidak sulit bukan memilih minyak goreng, jenis ikan, serta memasak ikan dengan cara deep fry? Semua hal di atas memang perlu dipertimbangkan baik-baik agar nibblers dapat menyajikan masakan ikan yang tak ada duanya untuk pelanggan.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble