Foodies Guide To F&B Industry

Nasi Briyani di Jakarta Paling Enak dan Menggoda

July 4, 20174 min readTips & Tricks

Nasi Briyani yang juga sering disebut Biryani atau Kebuli merupakan hidangan populer asal India dan Timur Tengah. Penampilan Nasi Briyani di Jakarta sekilas mirip seperti Nasi Goreng, tapi rasanya itu benar-benar berbeda. Penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak dalam sajian ini membuat rasanya begitu kuat tercium oleh hidung dan terasa di lidah. Gurihnya pun juga berpadu pas dengan lauk yang mendampingi Nasi Briyani ini. Biasanya Nasi Briyani dihidangkan bersama daging kambing, ayam, ikan, atau hanya dengan sayuran saja. Jika kamu tergoda untuk menikmatinya, kamu bisa menemukan Nasi Briyani paling enak di 7 restoran di Jakarta berikut ini.

1. Al Jazeerah Signature

nasi-briyani-di-jakarta-02

Photo source: @separuhakulemak

Begitu kamu masuk ke dalam Al Jazeerah Signature, kamu akan terhipnotis dengan keindahan tempat ini. Suasananya seperti di Arab, tempatnya cozy banget. Untuk penggila Nasi Briyani di Jakarta, pesanlah Small Kabsah Lamb yang dibanderol dengan harga Rp.75.000. Nasi Biryani pada menu ini dipadukan dengan Kabsah, lalu di atasnya ada tumpukan daging kambing. Mencium aroma nasinya saja akan membuat kamu ngiler seketika. Daging kambing yang disiapkan pun juga sangat lembut di mulut.

Lokasi:

Al Jazeerah Signature

Jl. Johar No. 8, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31907590.

2. Abunawas

nasi-briyani-di-jakarta-03

Photo source: @foodescape_id

Kalau ingin mencicipi Nasi Briyani di Jakarta dengan Ayam Bakar, kamu bisa memesan Mandhi / Briyani Dajaj di Abunawas. Nasi Biryani pada menu ini super lezat dan bikin nagih. Apalagi Ayam yang mereka gunakan juga lembut dan empuk. Tapi memang tidak ada yang mengalahkan kedahsyatan Mandhi / Briyani Lahm. Nasi yang begitu harum dipadukan dengan 2 potong daging kambing yang sangat juicy dan tidak bau. Porsinya cukup banyak, bisa disharing dua orang.

Lokasi:

Abunawas

Jl. Kemang Utara Raya No. 15. Telp. (021) 71794691.

3. PappaRich

nasi-briyani-di-jakarta-04

Photo source: Nibble - synthiatjipto

Besarnya komunitas masyarakat India di Malaysia membuat Nasi Biryani juga populer di Malaysia. Fenomena ini akhirnya juga mempengaruhi masakan yang disajikan oleh salah satu restoran Malaysia di Jakarta, yaitu PappaRich. Meski menu jagoan di sini adalah makanan peranakan, kamu tak boleh meremehkan Biryani Rice racikan mereka. Dengan mengeluarkan Rp.78.000, kamu bisa mendapatkan satu piring Nasi Briyani di Jakarta lengkap dengan chicken curry, rendang daging, dan sambal udang yang bikin menu ini makin nendang.

Lokasi:

PappaRich

Ruko The Metro, Blok 6 JA, Jl. Mandara Permai VII Blok G-8, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. 0813-1661-2877.

4. Kinara Cuisines of India

nasi-briyani-di-jakarta-05

Photo source: @gagaldiett

Nasi Briyani di Jakarta buatan Kinara Cuisines of India memang tidak ada duanya. Tekstur dan bentuk nasi yang panjang-panjang itu akan membuat kamu mau nambah terus. Kalau suka daging kambing, jangan ragu untuk memesan Gosht Biryani. Di menu ini, mereka menggunakan Basmati Rice yang sangat lembut dan beraroma. Daging kambingnya terasa lembut sekali sehingga akan membuat kamu merasa sedang tidak menyantap daging kambing.

Lokasi:

Kinara Cuisines of India

Jl. Kemang Raya No. 78 B, Lantai 1, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7192677.

5. Queen's Tandoor

nasi-briyani-di-jakarta-06

Photo source: @sweet_tooth_tooth

Kaya rempah-rempah, itulah deskripsi paling tepat yang menggambarkan semua makanan yang disajikan oleh Queen’s Tandoor. Presentasi Nasi Briyani di Jakarta ala Queen’s Tandoor beda sekali dengan restoran lain. Nasinya disajikan di dalam hot pot, lalu di atasnya ditutup oleh adonan yang rasanya juga nggak kalah enak. Pilihan fillingnya pun lengkap, ada veg, chicken, fish, prawns, dan lamb.

Lokasi:

Queen's Tandoor

Plaza Permata, Lantai Basement, Jl. MH Thamrin No. 57, Thamrin, Jakarta 10350. Telp. (021) 3903288.

6. Omarez Cafe & Restaurant

nasi-briyani-di-jakarta-07

Photo source: @candiestation

Banyak yang bilang Nasi Briyani di Jakarta yang disediakan oleh Omarez Cafe terasa cukup autentik. Porsinya super besar tapi harganya tidak terlalu mahal. Untuk menikmati Biryani Chicken dengan potongan Ayam yang jumbo, kamu hanya perlu merogoh Rp.85.000 saja. Tak hanya jago meracik Nasi Biryani, Omarez juga menawarkan Shisha yang rasanya sangat variatif untuk menemani santap malammu di sini.

Lokasi:

Omarez Cafe & Restaurant

Hotel Ibis Budget GF, Jl. Cikini Raya no.75 Jakarta Pusat. Telp. 0818-0683- 1542.

7. Go! Curry

nasi-briyani-di-jakarta-08

Photo source: @leonhonggo

Saat melihat fotonya, kamu mungkin akan meremehkan kesederhanaannya. Namun percayalah, rasa Nasi Briyani di Jakarta bikinan Go! Curry ini sangat flavorful. Nasinya benar-benar termarinasi dengan baik, bumbunya sangat terasa dalam setiap suapan. Untuk toppingnya, kamu bisa memilih antara Kambing atau Ayam. Keduanya sama-sama menggoda, juicy, dan empuk. Dan yang pasti, kamu tidak boleh melewatkan Curry saat makan di sini. Di Go! Curry, kamu bisa membuat sendiri makananmu, mulai dari memilih jenis curry, mengatur tingkat kepedasan, memilih jenis nasinya, hingga toppingnya.

Lokasi:

Go! Curry

Pacific Place Mall, Lantai 4, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51402750.

Makin tidak sabar berburu Nasi Briyani di Jakarta? Agar referensimu makin banyak, coba cari langsung di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, bisa klik di sini!

Cover photo source: @missnomnomdotcom

Related Articles

Connect with Nibble