Foodies Guide To F&B Industry

Nge-date di 11 Restoran Tua di Jakarta yang Sangat Legendaris

December 8, 20157 min readFoodie Trends

Nge-date sama pacar di restoran mewah yang letaknya di gedung pencakar langit itu udah biasa. Sesekali, cobalah Nge-date di restoran tua di Jakarta yang biasanya menempati bangunan tempo dulu yang bersejarah. Di sana, nggak cuma suasananya aja yang bisa mendukung kamu buat romantis-romantisan sama pacar, tapi makanannya juga terkenal enak karena sudah terbukti disukai banyak orang selama puluhan tahun, bahkan ada juga restoran tua di Jakarta yang menggunakan resep warisan turun temurun. So, yang masih cari tempat makan buat malem mingguan, datengin aja restoran tua di Jakarta berikut ini.

1. Tugu Kuntskring Paleis

restoran-tua-di-jakarta-02

Photo source: @eatineraryid

Tugu Kuntskring Paleis memang belum buka selama puluhan tahun, tapi gedung yang ditempati oleh restoran tua di Jakarta ini umurnya sudah 101 tahun, berdirinya sejak 1914. Awalnya tempat ini menjadi pusat ekshibisi seni, lalu pernah juga jadi kantor imigrasi, bar, dan restoran Perancis. Nah, sejak 2013 gedung ini dibuka sebagai restoran sekaligus galeri seni bernama Tugu Kuntskring Paleis. Kalau nge-date di sini nggak cuma perut aja yang terisi, tapi wawasan pun makin terisi karena kamu bisa menikmati banyak sekali benda-benda bersejarah dan antik yang dipamerkan.

Soal makanan, spesialis Kuntskring adalah makanan peranakan dan makanan rumahan. Nama menu di sini keren-keren karena banyak yang menggunakan Bahasa Belanda. Salah satu signature dish Kuntskring adalah Tugu Rijsttafel Betawi yang terdiri dari 20 jenis menu, lengkap dari hidangan pembuka, hidangan utama, sampai dessert. Semua itu disajikan di mangkuk-mangkuk kecil beralaskan cawan. Makanan yang lain pun tak kalah enak, bumbunya strong dan disajikan dengan cara yang cantik.

Lokasi:

Tugu Kuntskring Paleis

Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, DKI Jakarta 10350. Telp. (021) 3900899.

2. Gandy’s Steak

restoran-tua-di-jakarta-03

Photo source: @foodescape_id

Masih di daerah Menteng, kali ini ada tempat makan Steak legendaris yang sudah ada sejak tahun 1980. Di Jakarta memang ada banyak restoran yang punya menu Steak lezat, tapi kalau mau merasakan Steak tempo dulu, di Gandy’s Steak lah tempatnya. Pilihan Steak di restoran tua di Jakarta ini beragam, mulai dari daging lokal, Australia, sampai US. Semua Steak di sini disajikan di hotplate. Sebelum menyantap Steak, kamu akan diberikan makanan pembuka berupa 2 dinner bread dengan satu cup kecil mentega. Selesai makan Steak, jangan lupa mampir ke Modern Bakery yang berada di satu lokasi dengan Gandy’s Steak ini. Di Modern Bakery, kamu bisa membeli roti legendaris, seperti mama bread dan dinner bread.

Lokasi:

Gandy Steak House & Modern Bakery

Jl. HOS Cokroaminoto90, Jakarta Pusat. Telp. 021-3143292

3. Café Batavia

restoran-tua-di-jakarta-04

Photo source: @eatandstories

Keliling sepedaan di Kota Tua bareng pacar bisa jadi ide nge-date buat weekend ini. Selesai berkeliling, isilah perut di Café Batavia yang letaknya ada di bangunan tua milik Belanda, tepatnya di seberang Museum Fatahillah. Restoran ini sudah buka sejak tahun 1993 dan berhasil membuat pengunjung merasakan suasana tempo dulu lewat desain interiornya. Menu andalannya beragam, mulai dari menu Western food sampai Indonesia. Assorted Dim Sum di sini recommended banget. Isinya ada Hakau, Siu Mai, Vegie Spring Roll, Bean Curd Skin Roll dan Prawn Meatballs. Kalau mau merasakan sisi romantisme dari restoran tua di Jakarta ini, datanglah di malam hari dan duduklah di lantai dua. Di lokasi ini kamu bisa menikmati suasana malam Kota Tua dari atas.

Lokasi:

Café Batavia

Jalan Pintu Besar Utara No.14, DKI Jakarta 11230. Telp. (021) 6915531.

4. Ragusa Es Italia

restoran-tua-di-jakarta-05

Photo source: @jktbolangboling

Kalau kamu mau ngemil Ice Cream legendaris, Ragusa Es Italia bisa jadi tempat yang cocok. Terletak di Gambir dekat Masjid Istiqlal, gerai Es Krim ini umurnya cukup tua, sudah berdiri dari tahun 1932. Menu-menu Ice Cream di restoran tua di Jakarta ini menggunakan menu-menu tempo dulu yang masih dipertahankan sampai sekarang. Yang membuat Ice Cream di sini spesial adalah tidak adanya bahan pengawet di dalamnya. Jadi dijamin, setiap Ice Cream yang kamu makan semua fresh.

Lokasi:

Ragusa Es Italia

Jalan Veteran I, No. 10, Gambir, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Telp. (021) 3849123.

5. Restoran Trio

restoran-tua-di-jakarta-06

Photo source: @filipusverdi

Ini dia tempat yang pas buat nostalgia sekaligus nge-date, Restoran Trio. Letaknya di Gondangdia dan sudah melayani pelanggan sejak tahun 1947. Menu yang ditawarkan di sini jumlahnya sampai 200 menu dan sebagian besar adalah masakan khas Canton. Restorannya memang sangat sederhana, luasnya hanya 60 meter, beratapkan asbes, dan tidak terlalu menarik kalau dilihat dari luar. Tapi saat kamu masuk ke dalam restoran, kesan oldish-nya sangat terasa, mulai dari pilihan furniture yang digunakan, sampai pilihan musik yang mengalun di restoran ini. Benar-benar bisa membawa kamu bernostalgia.

Lokasi:

Restoran Trio

Jalan Rp. Soeroso No. 29A, Cikini, DKI Jakarta 10330. Telp. (021) 31936295.

6. Kopi Es Tak Kie

restoran-tua-di-jakarta-07

Photo source: @perut.lapar

Jauh sebelum Kopi Susu ala coffee shop nge-hits di Jakarta, Kopi Es Tak Kie sudah lebih dulu populer dengan Kopi Susu legendarisnya. Rasa Kopinya strong dan pas di lidah. Racikan bumbu yang tergambar dalam setiap makanannya juga nggak mudah dilupakan. Kamu harus mencicipi cita rasa Nasi Tim buatan restoran tua di Jakarta ini. Rasanya enak sekali, toppingnya nggak pelit, dan disajikan dengan sup serta sambal encer.

 

Lokasi:

Kopi Es Tak Kie

Jl. Pintu Besar Selatan 3 No. 4-6, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6928296.

7. Bakmi Gang Kelinci

restoran-tua-di-jakarta-08

Photo source: @filipusverdi

Dari Glodok, kita melipir sebentar ke Pasar Baru di mana kamu bisa menikmati Bakmi Gang Kelinci yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Rasa Bakmi di restoran tua di Jakarta ini tidak pernah berubah, selalu enak. Baik itu Bakmi Keriting atau Bakmi Lebar, teksturnya kenyal dan bumbunya terserap sampai ke dalam mie. Topping ayamnya melimpah ruah, baksonya terasa sekali daging sapinya, dan kuahnya yang paling bikin nagih karena terasa sekali kaldu ayamnya. Yang paling penting, Bakmi di sini halal, jadi bisa dinikmati oleh siapapun.

 

Lokasi:

Bakmi Gang Kelinci

Jl. Gang Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta. Telp. (021) 3522288.

8. Gado Gado Bonbin

restoran-tua-di-jakarta-09

Photo source: @aaronhandajani

Tak hanya makanan Western, Chinese, atau Peranakan saja yang disajikan oleh restoran tua di Jakarta. Kalau kamu jalan-jalan ke Cikini, kamu akan menemukan Gado Gado Bonbin yang sudah buka sejak tahun 1969. Rasa Gado Gado dari restoran tua di Jakarta ini memang luar biasa enak. Yang bikin beda dari yang lain adalah bumbu kacangnya. Teksturnya begitu halus dan lembut, manisnya pas sekali di mulut. Mereka juga punya Asinan yang terasa segar dan legit.

 

Lokasi:

Gado Gado Bonbin

Jl. Cikini 4 No. 5, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 3141539.

9. RM Sepakat

restoran-tua-di-jakarta-10

Photo source: @sovifooddiary

Selanjutnya adalah sebuah rumah makan Padang di Melawai yang sudah buka sejak tahun 1969. Restoran tua di Jakarta ini terkenal dengan Gulai Gajebo yang sudah cukup langka di temukan di Jakarta. Rasa Gulainya sedap banget dan terbuat dari potongan daging berlemak yang dimasak asam padeh. Ini cocok disantap dengan nasi hangat, sayur nangka, dan sambal hijau.

 

Lokasi:

RM Sepakat

Jl. Melawai 9 No.165, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta. Telp. (021) 7204712.

10. Pondok Djaja

restoran-tua-di-jakarta-11

Photo source: @stanleytjoee

Tidak berbeda dengan restoran sebelumnya, restoran tua di Jakarta yang satu ini juga menyajikan masakan padang dan sudah buka sejak tahun 1969. Lokasi mereka berada di Gambir. Yang menjadi rahasia kenapa Pondok Djaja tetap lestari meski sudah buka puluhan tahun terletak pada resep yang digunakan secara turun temurun. Yang paling favorit di sini adalah Ayam Goreng yang disajikan lengkap dengan serundeng yang beraroma harum. Ayam Bakar Gulainya pun tak kalah enak. Bumbunya banjir dan meresap sampai ke dalam daging Ayam.

 

Lokasi:

Pondok Djaja

Jl. Hasyim Ashari No. 13, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 6333662.

11. Cahaya Kota

restoran-tua-di-jakarta-12

Photo source: @andreas_lie

Makanan Chinese yang disajikan oleh restoran tua di Jakarta memang nggak ada duanya. Apalagi hidangan dari restoran Cahaya Kota yang sudah buka sejak tahun 1943 di daerah Menteng. Makanan di sini nggak neko-neko, tapi enak semua. Coba saja Sup Ikan Gurame dan Sapo Kembang Tahu yang kuahnya super enak, bumbunya gurih, dan tanpa tambahan MSG.

 

Lokasi:

Cahaya Kota

Jl. KH Wahid Hasyim No. 9, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3143077.

Pilihan restoran tua di Jakarta yang ada di guide ini memang luar biasa. Kalau kamu punya rekomendasi restoran rua yang lebih mernaik, kamu bisa berikan ulasannya di Nibble. Klik di sini yuk buat info lengkapnya.

Cover photo source: @jktshootandgram

Related Articles

Connect with Nibble