Foodies Guide To F&B Industry

Nibble Guide Buat Jalan Jalan Ke Bandung

February 16, 20188 min readTips & Tricks

Nggak rugi jauh-jauh buat jalan jalan ke Bandung untuk menghabiskan libur akhir pekan. Bandung punya sejuta pesona yang membuat banyak orang tertarik menjelajah kota ini. Salah satu yang bikin ingin balik lagi dan lagi adalah makanan-makanannya yang khas. Meski di Jakarta juga banyak restoran yang jual makanan khas Bandung, tapi soal rasa, nggak ada yang bisa menyamakan keautentikannya. Apalagi suasana di Kota Bandung masih sangat asri, sejuk, dan minim polusi. Akses untuk menikmati keindahan alam yang mempesona juga tidak sulit dan mudah dijangkau. Mau tau spot-spot apa saja yang wajib kamu datangi saat jalan jalan ke Bandung? Simak infonya di guide berikut ini.

Restoran Kekinian di Bandung

Tidak kalah dengan Jakarta, ketika jalan jalan ke Bandung, kamu juga akan menemukan sejumlah restoran hits yang terkenal sekali di kalangan anak muda Bandung. Tak hanya makanannya saja yang jempolan, restoran-restoran berikut ini juga punya keunikan masing-masing yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

1. Miss Bee Providore

jalan-jalan-ke-bandung-02

Photo source: @missbee_providore

jalan-jalan-ke-bandung-03

Photo source: @keluarmakan

Miss Bee Providore menjadi salah satu restoran kids friendly. Cocok banget buat kamu yang sudah berkeluarga dan bawa anak-anak kecil saat jalan jalan ke Bandung. Spot playground di sini cukup banyak dan akan membuat anak kecil betah bermain sepanjang waktu. Selagi anak-anak seru-seruan, kamu bisa menikmati makanan spesial dari Miss Bee Providore, seperti menu brunch yang terdiri dari dua telur, baked tomatoes, baked beans, beef bacon, toast, dan butter. Porsinya benar-benar bikin kenyang dan rasanya sedap banget.

Lokasi:

Miss Bee Providore

Jl. Rancabentang No. 11A, Ciumbuleuit, Bandung. Telp. (022) 2033613.

2. One Eighty Coffee & Music

jalan-jalan-ke-bandung-05

Photo source: @danicajohanna

jalan-jalan-ke-bandung-04

Photo source: @_allaboutfood20

Bisa dibilang, One Eighty adalah satu-satunya restoran di mana kamu bisa makan sambil merendam kaki di kolam renang. Sensasi ini unik sekali, mengingat tidak ada restoran yang punya konsep serupa. Makanannya pun sangat memanjakan perut. Coba saja pesan Pizza Quarto Carni yang paling cocok dimakan rame-rame. Pizza ini dihidangkan lengkap dengan sosis, minced beef, daging ayam, serta lelehan keju mozarella yang menggoda iman.

Lokasi:

One Eighty Coffee & Music

Jl. Ganeca No. 3, Dago, Bandung. Telp. 0822-1800-0155..

3. Welfed

jalan-jalan-ke-bandung-06

Photo source: @gedingputih_bdg

jalan-jalan-ke-bandung-07

Photo source: @dimaszulm

Nama Welfed pasti disebutkan saat kita mencari restoran paling recommended di Bandung. Suasana restorannya sangat fancy dan elegan. Beda lagi dengan area seating di balkon. Di sana terasa homey sekali. Itu semua juga didukung oleh menu-menunya yang disajikan di atas plating cantik. Lihat saja Sorbet di atas, sungguh menawan dengan tampilan warna ungu yang disajikan bersama toffee, dan butterscotch

Lokasi:

Welfed

Gedong Putih, Jl. Sersan Bajuri No. 88, Sersan Bajuri, Bandung. Telp. (022) 2785185.

4. The 18th Restaurant and Lounge

jalan-jalan-ke-bandung-08

Photo source: @thefoodxplorer

jalan-jalan-ke-bandung-09

Photo source: @the18th_tlh

Buat yang sering bolak balik Bandung pasti tahu bukan kalau jarang sekali ada restoran yang terletak di rooftop hotel tinggi? Kalau kamu mau makan malam romantis sambil ditemani pemandangan city light kota Bandung yang indah, kamu bisa mampir di  The 18th Restaurant and Lounge. Restoran ini terletakn di lantai 18 The Trans Luxury Hotel. Viewnya nggak perlu diragukan, keren banget. Makanannya pun kualitas hotel. Kalau mau yang spesial, pesanlah Signature US Prime Tomahawk Steak yang ukurannya jumbo. Dagingnya empuk sekali, bahkan melting di mulut. Bumbunya pun meresap sampai ke dalam Steak ini dan bikin ketagihan.

Lokasi:

The 18th Restaurant and Lounge

The Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto No. 289, Buahbatu, Bandung 40273. Telp. (022) 84288888.

Mencicipi Makanan Khas Bandung

Selain restoran kekinian, kamu juga wajib berwisata kuliner untuk mencicipi makanan khas Bandung. Tempat-tempat makan berikut ini sudah pasti tidak bisa kamu temukan di mana-mana selain di kota ini. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk makan di tempat berikut ini.

1. Mie Rica Kejaksaan

jalan-jalan-ke-bandung-10

Photo source: @jechristy

Jalan jalan ke Bandung kurang lengkap tanpa mengunjungi Mie Rica Kejaksaan. Sajian Mie yang satu ini sangat cocok buat para pecinta masakan pedas. Mie Babi Rica jadi salah satu menu yang recommended. Mie yang digunakan pada menu ini berupa Mie Yamin. Di atasnya tersaji topping babi rica yang pedasnya bikin keringetan. Rasanya mantap banget, apalagi kalau tambah Bakso Goreng. Meski tempatnya mungil, ini tidak boleh menjadi alasan kamu melewatkan spot yang satu ini.

Lokasi:

Mie Rica Kejaksaan

Jl. Kejaksaan No. 7, Braga, Bandung. Telp. (022) 4231268.

2. Cuanki Serayu

jalan-jalan-ke-bandung-11

Photo source: @eddydye

Pada tatapan pertama, Cuanki terlihat sangat mirip dengan Bakso Malang. Tapi kalau kamu cicipi, Cuanki itu beda dari Bakso. Cuanki hanya terbuat dari tepung aci yang terasa gurih tanpa ada daging dalam adonannya. Ini biasanya ditemani oleh tahu putih, siomay, pangsit rebus, pasngsit goreng, serta bakso goreng yang direndam dalm kuah bening gurih hangat yang mantap banget dimakan saat cuaca dingin. Istimewanya lagi, harga Cuanki Serayu itu murah abis, hanya Rp15.000 satu porsi. Ini jelas bikin budget kamu buat jalan jalan ke Bandung makin hemat.

Lokasi:

Cuanki Serayu

Jl. Serayu No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Cihapit, Bandung Wetan. Telp. 0812-2163-6600.

3. Ayam Madu Si Bangkong

jalan-jalan-ke-bandung-12

Photo source: @bdgsociety

Ayam Madu Si Bangkong memang paling jago bikin ngiler siapapun. Rugi banget kalau kamu jalan jalan ke Bandung tanpa mencoba Ayam Madu yang satu ini. Rasa bumbu madunya benar-benar meresap sampai ke dalam tulang Ayam Goreng ini. Kenikmatannya makin bertambah berkali-kali lipat saat dicocol dengan sambal cingcalo. Harganya pun ramah di kantong. Tak heran kalau mereka punya beberapa outlet yang tersebar di seantero Bandung.

Lokasi:

Ayam Madu Si Bangkong

Jl. L. L. R.E. Martadinata No. 85, Riau, Bandung. Telp. 0818-0923-0019.

4. Batagor Riri

jalan-jalan-ke-bandung-13

Photo source: @ms_stevy

Siapa yang tak kenal Batagor Riri, ketenarannya bahkan sudah sampai ke Jakarta. Sayangnya mereka tak membuka outlet di Ibukota. Maka dari itu, kamu wajib mampir ke sini saat lagi jalan jalan ke Bandung. Batagor di sini luar biasa enak. Semuanya terasa crunchy di luar dan lembut di bagian dalam. Rasa ikannya sangat terasa, siraman bumbu kacangnya bikin menu ini jadi rebutan. Uniknya lagi, di sini juga ada Batagor Kuah yang disajikan dengan kuah bakso yang nendang.

Lokasi:

Batagor Riri

Jl. Burangrang No. 41, Lengkong, Bandung. Telp. (022) 7303349.

Hotel Keren di Bandung

Berhubung jarak Bandung dan Jakarta sangat dekat, tidak sedikit warga Ibukota yang memilih untuk jalan jalan ke Bandung hanya sehari saja. Namun, sesekali tak ada salahnya unutk menginap di kota ini. Lagipula, banyak hotel keren yang bisa jadi tempat bermalam yang sangat menyenangkan. Kalau bingung mau nginep di mana saat ke Bandung, kamu bisa andalkan dua hotel berikut ini.

1. Padma Hotel

jalan-jalan-ke-bandung-14

Photo source: Padma Hotel

Menginap di Padma Hotel itu serasa sedang menginap di tengah hutan, padahal lokasinya terletak di tengah kota. Bagaimana tidak, begitu kamu bersantai di balkon kamar, pemandangan pohon lebat hijau lah yang akan kamu lihat. Main di kolam renang dan makan di restorannya pun juga terasa segar berkat pemandangan yang hijau-hijau ini. Fasilitasnya super lengkap, mulai dari kolam renang super luas, hingga daily activities yang banyak, seperti yoga, trekking, animal feeding, dan masih banyak lagi. Yang paling penting, sajian makanan di Padma Hotel super enak. Jenis makanannya sangat melimpah, mulai dari makanan Indonesia, Asia, hingga Western. Semua tersaji dalam keadaan segar dan terasa juara.

Lokasi:

Padma Hotel

Jl. Ranca Bentang No. 56-58, Ciumbuleuit, Cidadap, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung. Telp. (022) 2036633.

2. GH Universal Hotel

jalan-jalan-ke-bandung-15

Photo source: getaroom

Bangunan GH Universal Hotel yang megah akan membuat kamu serasa sedang di Eropa. Bentuknya yang seperti castle Eropa tampak sangat fotogenik. Yang paling menarik, kamu harus jalan-jalan ke lantai paling atas hotel ini untuk menikmati view yang keren abis. Fasilitasnya juga keren, ada pool yang luas, bahkan kamu juga ada fasilitas pet inn yang membolehkan kamu membawa binatang peliharaan untuk menginap di area hotel. Soal makanan, nggak perlu diragukan, kualitasnya nomor satu dan cita rasanya luar biasa.

Lokasi:

GH Universal Hotel

Jl. Dr. Setiabudi No.376, Ledeng, Cidadap, Kota Bandung. Telp. (022) 2014525.

Lakukan Hal-Hal Ini Saat Jalan Jalan Ke Bandung

Jangan cuma makan-makan aja saat jalan jalan ke Bandung. Banyak hal lain yang bisa kamu lakukan, seperti menikmati alam dan pastinya BELANJA.

1. Menikmati Suasana Alam

jalan-jalan-ke-bandung-16

Photo source: sportourism

Bukan rahasian, keindahan alam di Bandung memang tidak ada duanya. Sebut saja Kawah Putih, Tangkuban Perahu, dan Danau Patenggang. Semua pemandangan yang bisa kamu temukan di tempat-tempat tersebut bisa memanjakan mata, membuat pikiran lebih jernih dan bebas stress seketika. Meskipun jarak yang harus ditempuh cukup jauh dari tengah kota, tapi worth it banget buat dikunjungi.

2. Shopping di Factory Outlet

jalan-jalan-ke-bandung-17

Photo source: whatsnewjakarta

Kamu pasti tahu bukan kalau Bandung adalah surganya Factory Outlet. Baju-baju lucu, stylish, dan keren dijual dengan harga-harga terjangkau yang tersebar di factory outlet seantero Bandung. Beberapa kawasan yang paling terkenal adalah Jalan Riau dan Jalan Juanda. Di sana ada banyak sekali FO yang recommended banget, seperti Rumah Mode, The Secret, atau Heritage.

Bandung memang nggak pernah membosankan ya? Kalau kamu punya tempat favorit yang belum kita sebutkan di guide ini, tambahkan langsung yuk di kolom comment. Jangan lupa juga untuk mengulas makanan favorit kamu di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Related Articles

Connect with Nibble