Foodies Guide To F&B Industry

Nibble Guide Tempat Yang Wajib Didatengin Saat Liburan di Bogor

January 26, 20188 min readFoodie Trends

Bogor menjadi destinasi favorit warga Jakarta buat short getaway. Liburan di Bogor memang menyenangkan sekali. Selain karena udaranya yang beda jauh dengan Jakarta, Bogor juga punya banyak tempat seru dan makanan enak untuk dieksplor. Kamu juga harus memaksimalkan liburan kamu dengan menginap di Bogor. Ada beberapa hotel recommended yang menawarkan view dan fasilitas yang superb dan pastinya bikin kamu puas. Di guide ini, kita akan menunjukkan tempat makan khas Bogor yang ikonik banget, restoran Instagramable kekinian, hotel menakjubkan buat jadi tempat persinggahan, serta aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama liburan di Bogor.

Makanan Khas Bogor

Liburan di Bogor nggak akan lengkap kalau kamu melewatkan berbagai makanan khasnya. Ada beberapa makanan tradisional Bogor yang kepopulerannya sudah menggema di seantero negeri ini. Harganya pun tidak mahal, khas makanan tradisional. Mau tahu apa saja yang tidak boleh dilewatkan? Bersiap ngiler membaca guide berikut ini.

1. Roti Unyil

liburan-di-bogor-02

Photo source: @filipusverdi

Bentuknya mungil, ukurannya kecil-keci, dan rasanya sangat bervariasi, itulah Roti Unyil yang sudah jadi makanan ikonik khas Kota Bogor sejak lama. Mulai dari rasa abon, keju, coklat, pisang, sampai yang kekinian seperti smoked beef, sosis keju dan masih banyak lagi, itu semua harus kamu beli saat liburan di Bogor. Harganya juga terjangkau banget, hanya sekitar Rp1.500 saja per buah. Jangan kalap memborong semuanya ya.

Lokasi:

Roti Unyil

Jl. Abdullah Bin Nuh, Tanah Sareal, Bogor. Telp (0251) 8364008.

2. Soto Mie Bogor Agih

liburan-di-bogor-03

Photo source: @corgiella

Di surga kuliner Surya Kencana, kamu wajib mengunjungi Soto Mie Bogor Agih yang handal menyajikan olahan Soto Mie yang tak ada duanya. Ini beda dari Soto Mie lainnya karena mereka menambahkan Bakut dan asinan lobak untuk memaksimalkan cita rasa menu Soto Mie. Lo Mie dengan campuran kangkung dan babi juga nikmat sekali. Apalagi disiram kuah yang bertekstur kental dan terasa manis.

Lokasi:

Soto Mie Bogor Agih

Jl. Surya Kencana No. 311, Bogor Timur, Bogor. Telp. (0251) 328038.

3. Kedai Soto Ibu Rahayu

liburan-di-bogor-04

Photo source: @foodinlove.id

Keunikan dari Kedai Soto Ibu Rahayu adalah ketersediaan beragam jenis Soto yang unik-unik. Saat liburan di Bogor, kamu bisa mencicipi Soto Mie di sini. Ada juga Soto Goreng, Soto Oseng, hingga Soto Wagyu yang lembut sekali dagingnya. Khusus buat yang suka makanan pedas, Soto Rica Rica pasti akan memuaskan selera kamu. Menu ini terdiri dari daging yang ditumis dengan sambal rica-rica super pedas. Hati-hari bibir merah dan tubuh keringetan selama menyantap menu ini.

Lokasi:

Kedai Soto Ibu Rahayu

Jl. Pajajaran No. 117, Bogor Utara, Bogor. Telp. (0251) 8316666.

4. Asinan Gedung Dalam

liburan-di-bogor-05

Photo source: @benefiko

Tempat yang satu ini super luas karena menggabungkan area makan dengan pusat oleh-oleh. Kesegaran Asinan Gedung Dalam ini memang tidak ada duanya. Semua bahan-bahan pembuatnya menggunakan buah-buahan seperti bengkoang, mangga, ketimun, nanas yang fresh dan crunchy. Semua buah-buah tersebut dijadikan satu bersama kuah cabe yang asam, pedas, dan segar. Kalau mau dijadikan oleh-oleh pun bisa. Nggak heran kenapa Asinan Gedung Dalam sangat legendaris di antara para wisatawan yang liburan di Bogor.

Lokasi:

Asinan Gedung Dalam

Jl. Siliwangi No. 27, Bogor Timur, Bogor. Telp. (0251) 8313099.

5. Laksa Bogor Gang Aut

liburan-di-bogor-06

Photo source: @wisataseru

Laksa Gang Aut Khas Bogor adalah Laksa yang paling diburu oleh orang-orang Jakarta yang lagi lagi liburan di Bogor. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana, hanya terdiri dari tahu kuning, bihun, taoge, dan telur. Penyajiannya dikombinasikan dengan kuah kuning santan kelapa yang gurih. Yang bikin rasa Laksa ini makin strong adalah adanya Oncom berteksturnya lembut dengan rasa bold yang membuat rasanya tambah lezat.

Lokasi:

Laksa Bogor Gang Aut

Jl. Suryakencana, Bogor.

Restoran Hits di Bogor

Setelah puas memanjakan perut dengan berbagai makanan khas Bogor, nggak ada salahnya kalau kamu juga menjelajahi restoran hits di kota hujan ini. Meski di Jakarta juga banyak cafe instagramable, menikmati sajian cafe di Bogor jelas sangat berbeda. Mulai dari segi view ditawarkan atau ambience yang terasa pasti akan membuatmu lebih betah dan tak ingin segara pulang.

1. Bavarian Culinary House

liburan-di-bogor-07

Photo source: brilio

liburan-di-bogor-08

Photo source: @widyanafung

Takjub, itulah yang akan kamu rasakan saat makan di Bavarian Culinary House saat liburan di Bogor. Restoran Jerman halal yang satu ini hadir dalam konsep yang unik. Suasana cafe ini diciptakan sedamai dan senyaman mungkin seperti suasanan di pedesaan Eropa Barat. Bratwurst tentu saja menjadi hidangan terfavorit. Tapi kalau mau makan puas, kamu bisa pesan Grilled Platter yang terdiri dari meatloaf, sausage, chicken breast, potato wedges, dan sayuran.

Lokasi:

Bavarian Culinary Haus

Jl. Raya Puncak KM 72, Bogor Selatan, Bogor. Telp. (0251) 8252678.

2. Cibogy

liburan-di-bogor-09

Photo source: @bogoreatery

liburan-di-bogor-10

Photo source: @visitbogor

Lain lagi dengan Cibogy, restoran yang satu ini cocok didatangi untuk melepas stress dari kemacetan tol karena letaknya yang berada dekat pintu keluar tol. Areanya juga tidak hanya terdiri dari area makan saja. Kamu bisa bermain Labyrinth di Cibogy yang menantang adrenalin. Saat perut lapar, Richard’s Spicy Katsu bisa menyelamatkanmu. Katsunnya sangat crunchy dan rasa pedasnya sanggup membuat mata melek seharian.

Lokasi:

Cibogy

Jl. Raya Puncak KM 14, Bogor Timur, Bogor. Telp. 0811-1161-271.

3. Roofpark

liburan-di-bogor-11

Photo source: @tatyanachung

liburan-di-bogor-12

Photo source: @tatyanachung

Kalau kamu mencari restoran romantis di Bogor, kamu bisa singgah di Roofpark. Lokasinya jadi satu dengan RAJA Factory Outlet, jadi kamu bisa belanja sekalian saat ke sini. Tempatnya adem dan seperti rumah kaca sehingga membuat seluruh bagian cafe ini sangat fotogenik saat di foto. Paling seru kalo ke sini pesannya Paket Liwetan. Kamu bisa makan Nasi Liwet bareng geng atau keluarga yang kamu ajak liburan di Bogor, sambil ditemani segar dan manisnya nya segelas Milkshake.

Lokasi:

Roofpark

RAJA Factory Outlet, Lantai 3, Jl. Raya Pajajaran No. 3, Bogor Timur, Bogor. Telp. (0251) 8576519.

4. Royale

liburan-di-bogor-13

Photo source: @missnovitradiska

liburan-di-bogor-14

Photo source: @royalebogor

Ini dia salah satu rekomendasi restoran outdoor di mana kamu bisa memandangi pemandangan gunung selagi makan. Suasananya saat malam bahkan lebih romantis dengan adanya hanging lamp yang temaram. Urusan makanan, Spaghetti dengan topping Chicken Katsunya bisa diandalkan. Pastanya dimasak al dente, rasanya perfect banget saat disandingkan bersama garingnya Katsu.

Lokasi:

Royale

Jl. Siliwangi No. 65, Bogor Timur, Bogor. Telp. (0251) 8326277.

5. Foresthree

liburan-di-bogor-15

Photo source: @foresthree

liburan-di-bogor-16

Photo source: @foresthree

Kalau kamu sering banget liburan di Bogor, pasti kamu tahu cafe yang paling terkenal ini. Namanya Foresthree, tempatnya luas abis dan sangat greeny. Yang paling mencolok, ada pohon super besar di tengah restoran ini yang membuat suasana makin adem. Varian menunya sangat banyak sekali. Khusus yang lagi diet, Smoothie Bowl mereka wajib dipilih. Tampilannya cantik, warna warni, dan pastinya sehat.

Lokasi:

Foresthree

Jalan Tasmania III, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. (0251) 8575517.

Tempat Menginap di Bogor

Sebagian besar orang Jakarta yang liburan di Bogor pasti pulang pergi karena jarak Bogor dan Jakarta tidak terlalu jauh. Sebenarnya sayang sekali kalau cuma menghabiskan satu hari di kota ini karena ada beberapa hotel yang seru banget buat jadi tempat menginap. Selain tempatnya yang keren abis, fasilitas yang disediakan oleh hotel-hotel berikut ini juga sangat lengkap.

1. Royal Tulip Gunung Gelis

liburan-di-bogor-17

Photo source: Royal Tulip Gunung Geulis

Menginap di Royal Tulip Gunung Geulis pasti akan membuatmu tidak ingin ke mana-mana lagi selain menghabiskan waktu menikmati seluruh fasilitas hotel ini. Hotel bintang 5 ini memang sangat istimewa, tidak hanya interiornya saja yang akan membuat kamu jatuh cinta, di dalamnya juga terdapat area golf course berskala internasional. Belum lagi ada area kolam renang yang cocok untuk orang dewasa serta anak-anak. Pemandangannya nggak usah ditanya, mountain view akan langsung terlihat dari balkon kamar kamu. Fasilitas lain seperti spa, tempat outbond, playground, zen deck, lounge, dan restorannya juga siap memanjakan dirimu selama liburan di Bogor.

Lokasi:

Royal Tulip Gunung Gelis

Jl. Pasir Angin, Sukaraja, Nagrak, Sukaraja, Nagrak, Sukaraja, Bogor

2. Pesona Alam Resort & Spa

liburan-di-bogor-18

Photo source: Pesona Alam Resort

Satu lagi hotel di Bogor yang juga menyuguhkan pemandangan alam super indah, yaitu Pesona Alam Resort & Spa. Area hotelnya luas banget dengan kawasan hutan pinus yang asri.  Fasilitasnya juga cukup lengkap, ada kolam renang, tempat spa, serta restoran dengan makanan lezat yang siap memanjakan perut. Hotel ini cocol banget untuk kamu yang juga membawa serta anak-anak saat liburan di Bogor.

Lokasi:

Pesona Alam Resort & Spa

Jl. Taman Safari No. 101, Kampung Baru Tegal, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Aktivitas Di Bogor

Selain wisata kuliner, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di Bogor dengan berbagai kegiatan seru. Bogor memiliki beberapa tempat keren buat bersenang-senang atau untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kota.

1. Kebun Raya Bogor

liburan-di-bogor-19

Photo source: acehfoundation

Kebun Raya peninggalan bangsa Belanda ini jadi tempat wisata kebanggaannya Kota Bogor. Tempatnya sudah pasti super sejuk dengan berbagai macam koleksi tumbuhan yang akan memperkaya pengetahuan kamu. Banyak spot-spot cantik yang bisa menjadi background foto ciamik. Selain itu terdapat juga Rumah Anggrek, tempat berdiamnya beragam jenis tanaman anggrek yang ditata sangat cantik dan menarik.

Lokasi:

Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah. Telp. (0251) 8311362.

2. Jungleland

liburan-di-bogor-20

Photo source: lifecable

Kalau kamu liburan di Bogor sambil bawa anak-anak, maka Jungleland menjadi tempat paling sempurna buat menyenangkan mereka. Theme park yang berada di kawasan Sentul Nirwana ini paling jago bikin anak-anak happy. Theme park ini terbagi dalam beberapa zona yang di dalamnya penuh dengan mainan serta water park

Lokasi:

Jungleland

Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Telp. (021) 29311313.

Bikin penasaran banget ya tempat-tempat yang barusan kita bahas untuk menghabiskan liburan di Bogor? Kalau kamu tahu tempat terbaik buat kulineran di Bogor, bagikan ulasannya yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Related Articles

Connect with Nibble