Foodies Guide To F&B Industry

Nikmati 7 Pempek Palembang Paling Enak di Jakarta

August 1, 20165 min readTips & Tricks

 

Photo source: @jktfoodbang

Ngomongin Palembang, pasti ada satu makanan yang langsung terlintas di benak kamu. Yup, apalagi kalau bukan PEMPEK. Makanan yang bahan utamanya adalah ikan yang dihaluskan dan tepung sagu ini emang nggak ada duanya. Biasanya ini disajikan dengan kuah cuko yang rasanya kalau makin pedas makin nampol. Buat menikmati pempek enak nggak usah jauh-jauh ke Palembang. Di Jakarta juga ada kok, mulai dari yang dijual di kaki lima sampai restoran. Biar nggak makin penasaran, langsung aja deh cek tempat-tempatnya berikut ini!

 

1. Pempek Belida Mas

Photo source: @myfunfoodiary

Pempek Belida Mas ini lagi hits banget lho di Jakarta karena mereka berhasil membawa pempek ke next level. Selain bisa nemuin pempek klasik, seperti pempek lenjer atau kapal selam, di sini kamu juga bisa nyobain beberapa inovasi pempek. Ada Salted Egg Yolk Pempek, Pempek Mozarella, Pempek Seaweed dan yang paling baru adalah Pempek Nutella. Gokil banget kan? Yang isi Nutella ini kalau dimakan saat hangat, isi coklat di bagian tengah pempek jadi meleleh lho guys. Dijamin ngiler ngeliatnya!

 

Lokasi:

Pempek Belida Mas

Jl. Garuda No. 34, Kemayoran, Jakarta. Telp. 0812-9747-7007.

 

2. Pempek 161

Photo source: @ericekos

Kelapa Gading bukan cuma surganya bakmi atau coffee shop. Di salah satu sudutnya ada restoran pempek yang selalu rame pengunjung. Namanya Pempek 161 dan cabangnya udah lumayan banyak lho. Rasa pempek di sini juara, terutama Pempek Kulit nya yang konon sering habis kalau kamu belinya kesiangan dikit. Spesialnya lagi, mereka nggak cuma menyajikan Pempek aja, tapi banyak juga makanan Palembang yang sudah jarang sekali bisa ditemukan di Jakarta, seperti Laksa, Tekwan, Burgo, atau Martabak Har.

 

Lokasi:

Pempek 161

- Jl. Boulevard Raya Blok FW I No. 26, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4526607.

- Jl. Radio Dalam Raya, Blok H 5C, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 7228971.

- Jl. Tebet Raya No. 54 D, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 8298941.

- Ruko Pasar Modern BSD, No. R 43A, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 70882777.

- Jl. Alternatif Cibubur Raya, Cimanggis, Depok. Telp. (021) 8447421.

- Ruko Flourite, Jl. Boulevard Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 54212150.

 

3. Pempek G Putra

Photo source: @yennyrchai

Kalau jalan-jalan ke Jl. Garuda di Kemayoran, kamu pasti bakal tercengang karena di daerah sini ada lumayan banyak gerai pempek berdiri. Salah satu yang recommended adalah Pempek G Putra yang udah berdiri dari tahun 1972. Jenis pempek di sini ada lumayan banyak, ada Pempek Telor Spesial yang ukurannya gede banget, Pempek Panjang Keju yang rasanya gurih, atau Pempek Sosis yang cukup unik. Yang paling penting, kuah cuko di sini rasanya pas banget, nge-blend dengan sempurna saat dicampur dengan Pempek dan bubuk ebi nya.

 

Lokasi:

Pempek G Putra

Jl. Garuda No. 57A, Kemayoran, Jakarta. Telp. (021) 4216317.

 

4. Pempek Pak Raden

Photo source: @gagaldiett

Yang pernah ke Palembang, pasti udah nggak asing lagi deh dengan Pempek Pak Raden. Nah, di Jakarta, Pempek Pak Raden banyak banget cabangnya lho, jadi mudah banget buat ditemukan. Urusan rasa, kamu nggak perlu meragukannya lagi. Pempeknya nggak alot dan ikannya terasa banget. Untuk kuah cukanya, ada 2 pilihan buat kamu, yaitu kuah pedas dan kuah manis. Setelah puas makan Pempek, kamu bisa pesan Es Kacang Merah yang testurnya lembut dan lumer di mulut buat dessertnya.

 

Lokasi:

Pempek Pak Raden

- Jl. Raya Pasar Minggu No 30, Pasar Minggu, Jakarta.

- Jl. Meruya Ilir Raya No. 40, Meruya, Jakarta. Telp. (021) 58907753.

- Jl. Raya Fatmawati No 4B, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 7504908.

- Jl. Margonda Raya, Beji, Depok. Telp. (021) 77212900.

- Jl. Raya Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 53155800.

- Rukan Grand Galaxy City, Jl. Pulo Sirih Barat, Bekasi Selatan, Bekasi. Telp. (021) 82410999.

- Jl. Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Bekasi. Telp. (021) 84593862.

 

5. Pempek Megaria

Photo source: @berburumakan

Kalau ditanya pempek mana yang paling legendaris di Jakarta, Pempek Megaria udah pasti jadi jawabannya. Penyuka pempek pasti bakal mengakui kalau rasa pempek di sini mirip sama yang ada di Palembang. Menu pempek yang paling laku adalah Lenggang Goreng yang kenyal dan lembut. Beda dengan Kapal Selam yang punya isi telur di dalamnya, kalau Pempek Lenggang justru telurnya digunakan sebagai pelapis luarnya. Jadi sekilas bentuknya mirip telur dadar, tapi isinya pempek. Jangan sampe nggak pesan ini ya kalo ke Pempek Megaria.

 

Lokasi:

Pempek Megaria

- Metropole 21, Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 3910921.

- Plaza Atrium, Lantai 4, Food Colony, Jl. Senen Raya No. 135, Senen, Jakarta. Telp. (021) 3853985.

 

6. Pempek Salmon PIK

Photo source: @pempeksalmonpik

Bosan mencoba Pempek ikan tenggiri? Itu tandanya kamu harus coba Pempek Salmon yang ada di PIK. Rasa dan harga udah pasti beda sama pempek biasa karena ini terbuat dari ikan salmon. Ya, bisa dibilang ini pempek highclass lah. Varian pempek nya cukup banyak, ada Kapal Salmon, Panjang Besar, Keriting, Telur Kecil, Panjang Kecil, Pempek Salmon Tofu, dan Salmon Skin Fried. Rasanya enak banget lho dan kuah cuko di sini bener-bener Palembang banget!

 

Lokasi:

Pempek Salmon PIK

Emporium Pluit Mall, Lantai Lower Ground, Jl. Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta. Telp. 0812-9866-9993.

 

7. Pempek Eirin 10 Ulu

Photo source: @cstefanie

Restoran pempek yang lokasinya di Kota ini juga sudah cukup tua. Menu andalannya adalah Pempek Kapal Selam dan Pempek Kulit. Nggak heran sih, rasanya emang lezat abis, apalagi jika disantap saat hangat. Siraman kuah cukonya juga bikin rasanya makin mantap. Buat yang suka pedas, kamu bisa nambahin sambal agar rasanya makin nendang.

 

Lokasi:

Pempek Eirin 10 Ulu

Jl. Pintu Kecil No. 3, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6900929.

 

Enak-enak kan pempek Palembang yang ada di Jakarta? Yang mana nih yang bakal kamu cicipin duluan? Atau kamu punya tempat makan pempek favorit yang belum kita bahas di sini? Langsung aja yuk review di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, bisa klik di sini!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble