Foodies Guide To F&B Industry

Nikmatnya Aneka Olahan Kurma di Bulan Ramadan

May 18, 20194 min readFoodie Trends

Kurma sejak dahulu sudah menjadi salah satu santapan yang wajib hadir ketika bulan Ramadan tiba. Sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi, baik saat sahur maupun saat berbuka.

Saat ini, kurma pun tidak cuma dinikmati sebagai buah, namun sudah banyak diolah ke berbagai jenis makanan. Berikut 5 olahan kurma yang cocok untuk dinikmati selama bulan Ramadan!

Coklat Kurma

coklat

Photo source: saltedplains.com

Siapa yang tidak suka cokelat? Rasanya yang manis pahit dipercaya akan mampu mengembalikan mood menjadi kembali bagus.

Saat ini, coklat kurma adalah salah satu makanan olahan paling sering ditemui. Perpaduan antara cokelat dan kurma seakan saling mengisi satu dengan yang lainnya dan mengahasilkan rasa yang unik.

Lapisan luar yang berupa coklat memiliki rasa manis pahit yang cocok untuk memaniskan kembali lidah setelah seharian tidak merasakan makanan dan minuman. Sementara tekstur legit dari buah di dalam coklat akan membuat mulut yang tadinya kering kembali basah.

Meskipun mulai dikenal beberapa tahun ini, ternyata semenjak lama cokelat kurma sudah dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang ditawarkan oleh Arab Saudi. Namun, baru beberapa tahun ini banyak produsen dalam negeri yang akhirnya tertarik untuk memproduksi sendiri makanan olahan ini.

Hidangan ini selain baik dikonsumsi saat berbuka puasa, juga menarik untuk disuguhkan sebagai salah satu hidangan suguhan saat lebaran tiba. Dijamin pasti tua, muda, perempuan, atau laki-laki akan tertarik untuk mencobanya.

Puding Kopi Kurma

puding

Photo source: unileverfoodsolutions.com.sg

Puding memang menjadi salah satu hidangan yang biasanya disungguhkan ketika berbuka puasa. Namun bagaimana jadinya jika pudingnya memiliki kurma di dalamnya? Ternyata puding yang satu ini  dikenal sebagai salah satu olahan yang menyehatkan tubuh, loh.

Masalah pencernaan adalah salah satu masalah klasik yang sering ditemui di bulan Ramadan. Kurangnya asupan makanan bergizi dan berserat tinggi disinyalir menjadi penyebab salah satu masalah ini terjadi.

Nah, dengan menyiapkan bahan-bahan, seperti agar-agar, cappuccino, gula, susu, dan kurma, nibblers sudah mampu mengatasi masalah ini loh. Kandungan serat dalam agar-agar dapat membantu melancarkan pencernaan nibblers. Bau dari cappuccino akan membuat nibblers ngiler untuk segera menyantap hidangan yang satu ini.

Jangan lupa, hidangan ini paling enak dinikmati ketika masih dingin, ya.

Prol Tape Kurma

prol tape

Photo source: tamtamkitchen.com/

Prol tape dikenal sebagai salah satu hidangan khas oleh-oleh dari daerah tapal kuda di Jawa Timur. Mulai dikenal beberapa tahun belakangan ini, prol tape menjadi salah satu makanan olahan tape yang wajib nibblers coba.

Makanan yang berbahan dasar tape singkong memiliki berbagai macam rasa, mulai dari coklat, keju, kismis, dan orisinil. Kue yang terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya hampir seperti kue cake, tetapi aroma rasa tapenya sangat terasa, yaitu manis, kecut dan gurih.

Agar berhasil dalam pencetakannya, sewaktu membuat prol tape, adonan harus berasal dari bahan baku tape yang terjaga mutunya, yaitu tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah.

Dengan menggabungkan kurma ke dalam adonan prol tape, pastinya prol tape yang dihasilkan selain memiliki cita rasa tape, akan juga membawa cita rasa yang khas. Sajian prol tape ini sangat terasa kenikmatannya jika nibblers makan dalam keadaan hangat.

Oat Panggang Kurma

oat

Photo source: archanaskitchen.com

Siapa sih yang tidak mengenal oat? Makanan yang satu ini sangat dikenal bagi orang-orang yang memiliki pola hidup sedang atau sedang berdiet. Sebagai makanan pengganti nasi, oat memiliki serat yang berfungsi untuk mengenyangkan perut untuk waktu yang lama.

Banyak yang menyamakan oat dengan gandum, padahal pada kenyataannya kedua jenis makanan ini berbeda. Kandungan gizi dalam oat jauh lebih tinggi dibandingkan gandum. Dalam 100 gram oat memiliki serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebesar 16 gram, sedangkan gandum hanya memiliki 2,2 gam serat larut dan 13,7 gram protein.

Selama ini, banyak yang malas mengonsumsi oat karena rasanya yang hambar. Namun, oat sebenarnya bisa dikonsumsi dengan mengombinasikan oat dengan bahan-bahan makanan sehat lainnya, seperti sayur atau buah.

Nah, belakangan ini muncul menu olahan oat yang lain, yaitu dengan dikombinasikan dengan kurma. Adonan oat yang membuat perut kenyang lebih lama dan kurma yang manis dan legit menjadikan hidangan ini cocok untuk dikonsumsi ketika sahur dan dalam keadaan hangat.

Smoothies Kurma

smoothies

Photo source: abangbrian.com

Gaya hidup sehat membuat pola konsumsi makanan dan minuman sehat meningkat. Salah satu minuman yang baru mulai dikenal di tahun 1990-an adalah smoothies.

Merupakan minuman berbahan baku buah-buahan atau sayuran yang dicampur dengan susu atau yoghurt dan di-blender hingga halus. Untuk mempercantik penampilan smoothie dan memperkaya cita rasa, di atas smoothie bisa ditaburkan bubuk cokelat, potongan buah-buahan, meses cokelat atau potongan agar-agar.

Dengan menggabungkan kurma sebagai salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang paling lengkap dengan smoothies yang melancarkan pencernaan, maka akan tercipta sebuah minuman sehat yang harus nibblers konsumsi, terutama ketika waktu berbuka puasa tiba.

Gimana Nibblers? Sudah punya gambaran untuk mencoba salah satu olahan kurma diatas?

Related Articles

Connect with Nibble