Foodies Guide To F&B Industry

10 Restoran Thailand di Jakarta Ini Enak dan Autentik

February 17, 20167 min readFoodie Trends

Sawadee ka! Restoran Thailand di Jakarta sudah semakin menjamur. Nggak heran sih, masakan Thailand emang beda tipis dengan masakan Indonesia. Jadi lidah orang Indonesia gampang menerima makanan-makanan khas negeri gajah putih tersebut. Hidangan Thailand terkenal dengan cita rasa yang khas, yaitu perpaduan antara rasa asam, manis, asin, dan spicy. Perpaduannya itu unik banget dan bikin banyak orang ketagihan. Nah, di artikel ini, kamu bakal nemuin 10 restoran Thailand di Jakarta yang wajib banget didatengin kalo kamu penggemar makanan Thailand.

1. Chandara

Photo source: beatmag.com

Photo source: jktgo.com

Berlokasi di Plaza Senayan dan Plaza Indonesiahead chefnya Chandara ini udah punya pengalaman lebih dari 15 tahun mengolah berbagai bahan makanan premium menjadi hidangan Thailand yang istimewa. Kalau kamu biasanya membuka sesi makanmu dengan sepiring Thai Mango Salad atau Papaya Salad, kamu bisa dapetin yang beda di restoran Thailand di Jakarta ini. Mereka menyediakan Pomelo Salad yang menggunakan Jeruk Bali sebagai bahan dasarnya. Rasanya unik banget! Bayangin aja potongan Pomelo yang dicampur dengan lime, chili, dan udang kering. Yummy! Buat main coursenya, Neua Yang atau Sirloin Australian Beef panggang bisa jadi pilihanmu. Tenang, ini bukan sirloin beef yang biasa kamu temuin di restoran Western. Neua Yang ini dibumbui khas Thailand yang rasanya manis dan ada saus pedas sebagai pendampingnya.

Lokasi:

Chandara

Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29923775.

2. La Na Thai

Photo source: jakarta100bars.com

Photo source: jktgo.com

La Na berarti “banyak sawah” dalam bahasa Thailand dan itu juga merupakan nama sebuah area di bagian utara Thailand. Suasana romantis berkat redupnya penerangan di La Na Thai membuat tempat ini sempurna buat dijadikan spot dinner dengan pasangan. Mereka menyediakan menu-menu Thailand fusion dan modern. Kamu bisa mencobanya lewat Lemongrass Cocktail milik mereka yang rasanya tak ada duanya. Atau bisa juga lewat segigit Fish Cake yang dicelupkan ke coriander chutney sauce. Di sini kamu juga bisa nyicipin Duck Curry atau Lan Na Gaeng Phed Ped Yang yang pastinya jadi favorit banyak pengunjung di La Na Thai. Menu ini berupa red curry dengan roasted duck, pineapple, dan cherry tomato. Rasanya cukup pedas tapi tetap lezat. Berhubung lokasi restoran Thailand di Jakarta ini ada di Face Jakarta Bar & Restaurant, kamu juga bisa mampir ke Hazara di lantai 1 untuk mencicipi roti canainya, atau lanjut ke Face Bar untuk menghabiskan malammu.

Lokasi:

La Na Thai

Face Jakarta Bar & Restaurant, Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 85, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31925037.

3. Thai Alley

Photo source: sugarandspice.com

Photo source: lulabyspoon.blogspot.co.id

Kamu lebih suka restoran Thailand di Jakarta dengan suasana santai atau mau coba yang berkonsep street food? Thai Alley harus jadi spot kulinermu! Dekorasinya seru banget, dan outletnya di Jakarta cukup banyak, ada 4 di seantero Jakarta. Meski konsepnya casual, hidangan yang disajikan tetap otentik dan dimasak oleh chef asal Thailand juga.. Dijamin deh nggak bisa ada yang ngalahin enaknya Tom Yam Talay di sini. Ini nih Tom Yam autentik yang sukses mencampur rasa asam dan pedas dengan sangat sempurna. Dalam satu sajian, kamu bisa menikmati seafood, mushroom, dan lemongrass. Jangan lupa makan pakai nasi hangat biar makin mantap!

Lokasi:

Thai Alley

Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 57973600.

4. Blue Elephant

Photo source: whatsnewjakarta.com

Photo source: whatsnewjakarta.com

Makanan Thailand di sini dibuat langsung oleh Thai chef yang otentik banget. Restoran yang satu ini udah mendunia, ada 13 cabang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Nggak heran sih karena mereka sudah berdiri dari tahun 1980. Oleh karena itu, menu-menu di restoran Thailand di Jakarta ini didominasi dengan menu yang resepnya udah ratusan tahun dan diteruskan dari generasi ke generasi selanjutnya, tapi tenang ada juga kok menu lain yang inovatif dan modern. Jadi jelas deh kenapa Blue Elephant ini menyebut dirinya sebagai “Royal Thai Restaurant”. Emang bener-bener menjanjikan kok dilihat dari latar belakangnya. Makan di sini bakalan bikin kamu ngerasa kayak bangsawan. Ini terlihat dari bangku dan mejanya yang wah banget, ditambah cutlery yang nggak kalah antiknya. Menu spesial di sini ada Green Chicken Curry yang rasanya mirip-mirip masakan gulai dari Padang. Bedanya, mereka tidak menggunakan kunyit dan cabai merah, tapi memakai cabai hijau, laos, dan ketumbar sebagai bahan dasar kuahnya. Hasil akhirnya bener-bener lezat dan nggak bisa dilupain begitu aja. Menu ini paling enak dimakan pakai nasi atau steamed sticky rice khas Thailand.

Lokasi:

Blue Elephant

Jl. Cut Meutia No. 2, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3150980.

5. Jittlada

Photo source: jktgo.com

Photo source: zomato.com

Restoran Thailand di Jakarta yang satu ini bisa dibilang nggak pernah mengecewakan pengunjungnya. Tahun 2004 merupakan awal Jittada buka dan sukses membuat banyak pecinta kuliner Thailand jatuh hati. Untuk makanan pembuka di sini, kamu bisa coba Spring Rolls yang berisi daging ayam cincang, prawn, daging kepiting, dan bihun. Kulitnya crispy dan isiannya lumayan banyak. Lalu, Tom Yam Kung di sini juga pecah banget rasanya. Meskipun porsinya sedikit, tapi rasanya nggak mengecewakan sama sekali. Dan jangan lupa, sisakan tempat untuk dessert ya. Ada Thai Ice Mixed yang wajib dicobain. Ini seperti es campur yang berisi jagung manis, kelapa muda, nangka, dan arenga palm fruit yang disajikan dengan kuah santan. Bener-bener jadi dessert yang memuaskan!

Lokasi:

Jittlada

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580573.

6. Tom Tom

restoran-thailand-di-jakarta-01

Photo source: @aaronhandajani

Ini nih restoran Thailand di Jakarta yang katanya punya makanan yang enak-enak abis. Kamu bisa membuktikannya dengan memesan Stir Fried Tom Yam Seafood. Lihat saja, betapa menggodanya potongan udang dan jamur yang disiram dengan pasta Tom Yam super pedas dan lezat. Khao Op Saperot alias Nasi Goreng Nanas mereka juga sangat enak. Porsi Nasi Goreng di menu ini besar sekali, disajikan dengan potongan ayam, seafood segar, dan kacang mede utuh yang melimpah ruah. Tastenya itu bener-bener autentik.

Lokasi:

Tom Tom

Grand Indonesia Mall, Lantai 5, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580412.

7. Ying Thai

restoran-thailand-di-jakarta-02

Photo source: @herlin.lay

Restoran Thailand di Jakarta yang berlokasi di PIK ini menawarkan Pad Thai yang enak sekali dimakan kapanpun. Toppingnya bisa dipilih, mau udang, pork, hingga telur, ada semua. Kalau kamu penggila Tom Yum, nggak akan menyesal pesan menu tersebut saat ke Ying Thai. Ini karena Tom Yumnya disajikan di atas kompor kecil. Jadi saat disantap, rasanya tetap segar dan hangat di perut.

Lokasi:

Ying Thai

Ruko Crown Golf, Blok B No. 8 - 9, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29525756.

8. Larb Thai Cuisine

restoran-thailand-di-jakarta-03

Photo source: @franscokroo

Meskipun kehadirannya belum lama, Larb Thai Cuisini berhasil bikin banyak pecinta kuliner jatuh cinta. Kamu bisa mencoba Crispy Pork Mama Tom Yum racikan mereka. Rasanya rich, tasty, dan sedikit pedas. Babi, kuah, dan mienya bikin nggak bisa berhenti ngunyah. Untuk minumannya, Thai Tea di restoran Thailand di Jakarta ini wajib banget kamu pesan. Kamu bisa memesan dua rasa berbeda dalam satu cup. Jadi nggak perlu bingung mau pesan Thai Tea rasa apa. Yang jelas, packagingnya unik banget, nggak bakal bisa ditemukan di tempat lain.

Lokasi:

Larb Thai Cuisine

Ruko The Metro, Blok 6 KD, Jl. Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. 0878-7853-5335.

9. White Elephant

restoran-thailand-di-jakarta-04

Photo source: @andhyheriyanto

Nama restoran Thailand di Jakarta ini benar-benar menggambarkan sajian yang mereka hidangkan. Hampir semua makanan di White Elephant terasa autentik. Salah satu menu andalannya adalah Morning Glory with shrimp paste. Rasanya super lezat dan sayuran yang digunakan pun sangat segar. Jangan sampai kamu melewatkan Mango Sticky Rice juga saat makan di sini. Banyak yang memuji hidangan yang satu ini. Ketannya berwarna hijau dan wangi aroma pandan. Mangganya manis, dan ketannya gurih-gurih manis. Perpaduan yang sempurna.

Lokasi:

White Elephant

Kota Kasablanka, Lantai Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29488686.

10. Thai Chada

restoran-thailand-di-jakarta-05

Photo source: @lenkafoodies

Mango Sticky Rice merupakan dessert favorit semua orang saat berkunjung ke restoran Thailand di Jakarta. Thai Chada merupakan salah satu restoran yang punya Mango Sticky Rice terenak di Jakarta. Manis, gurih , dan kesegarannya bisa bikin kangen. Green Curry with Salted Egg di sini juga nggak kalah enak. Rasanya persis seperti yang ada di Thailand. Tekstur currynya creamy dan kental. Potongan daging dan porsinya tidak pelit sama sekali.

Lokasi:

Thai Chada

Jl. Boulevard Raya, Blok QA5 No.1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4514833.

So, buat yang butuh alternatif makanan Asia lain, selain masakan Jepang atau Korea, restoran Thailand di Jakarta selalu bisa diandalkan, apalagi kalau kamu doyan makanan pedes. Mau tahu makanan Thailand lain yang populer? Cari aja di Nibble. Untuk info lengkap seputar Nibble, klik di sini ya.

Cover photo source: telegraph.co.uk

Related Articles

Connect with Nibble