×
Nibble
Nibble
FREE - On the App Store Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Nibble
Nibble
FREE - In Google Play
VIEW VIEW

Pedas-Pedasan di 5 Restoran Manado Paling Otentik di Jakarta Berikut Ini

  • Atalya Anggraini
  • Monday February 15th, 2016
manado1

 

Photo source: Instagram.com/beautikajkt

Kalo ngomongin tentang masakan Indonesia, makanan-makanan dari Manado itu wajib hukumnya buat dibahas. Selain terkenal dengan pedasnya, masakan Manado biasanya juga didominasi dengan bumbu dan rempah-rempah yang banyak sehingga wangi makanan tersebut nggak ada yang nandingin. Pedas, kaya bumbu, dan wangi, 3 hal itulah yang bikin kita nggak bisa stop makan masakan Manado. Pasti maunya nambah lagi dan lagi. Kalau mau mencicipi hidangan khas Manado pun nggak perlu jauh-jauh terbang ke Manado, karena di Jakarta pun banyak restoran Manado. Kadang ada beberapa restoran juga yang menggunakan bahan-bahan yang dikirim khusus dari Manado lho, tujuannya tidak lain agar cita rasa otentiknya tetap terjaga. Mau tau restoran Manado paling otentik dan bakal bikin kamu nggak bisa berhenti makan? Ini dia 5 yang paling enak!

 

1. Beautika

Photo source: Instagram.com/Beautikajkt

Kalau belum tahu, pasti banyak yang mengira Beautika ini adalah salon kecantikan. Sebenarnya tebakanmu nggak salah kok. Sebelum jadi restoran Manado, Beautika ini memang sebuah salon. Terus gimana ceritanya bisa jadi restoran? Well, pemilik Beautika kebetulan suka masak dan banyak pelanggan salonnya yang mencicipi masakannya. Banyak menuai pujian, akhirnya sang pemilik membuka restoran kecil di dalam Beautika dan mulai menjual makanan Manado, seperti Bubur Manado, Pisang Goreng, dan Mie Ikan Cakalang. Berkat kekuatan word of mouth, restoran ini sangat laris dan sekarang jadi restoran Manado yang paling dicari di Jakarta. Restoran yang awal bukanya tahun 1997 ini menawarkan 70 menu masakan Manado yang halal semua dan tidak mengandung babi sama sekali. Jadi semua orang bisa merasakan enaknya hidangan Manado. Selain itu, semua ikan juga didatangkan langsung dari Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara lho. Mantep banget kan? Di sini kamu nggak boleh ngelewatin Ayam Woku (ayam yang dibumbu pedas) dan Ikan Cakalang yang juga dibumbu pedas. Jangan lupa, orang Manado terkenal suka ngemil setelah makan. Jadi jangan lewatin jajanan tradisional khas Manado di sini, kayak Apang, Panda, dan Biapong.

 

Lokasi:

Beautika

- Lot 8, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 37582323.

- Jl. Hang Lekir No. 1, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 7226683.

- Jl. Abdul Muis No. 70A, Tanah Abang, Jakarta. Telp. (021) 3812340.

 

2. Sarang Oci

Photo source: Instagram.com/sarangoci

Sarang Oci pertama kali buka tahun 2004 di Jalan Panjang. Kini outletnya sudah tambah 2 lagi, yaitu di Bulungan dan Tebet. Tempat makan ini ibaratnya surga buat penikmat makanan pedas. Yup, sebagian besar makanan di Sarang Oci berbumbu pedas, seperti dimasak rica-rica dan woku. Salah satu yang paling banyak di cari pelanggan Sarang Oci adalah Ekor Tenggiri Bakar Rica. Bentuknya emang nggak terlalu instagenic, tapi rasanya mantap banget. Daging tenggirinya tebal dan terasa segar dan pedas di lidah. Lebih mantap lagi kalau kamu siram sambal rica di atasnya. Jadi pedes banget! Selain menu tersebut, Perkedel Jagung khas Manado di sini juga sangat terkenal. Teksturnya crispy dan beda banget dari perkedel jagung di tempat lain. Kalau kamu perhatiin, pasti setiap meja di Sarang Oci pesan Perkedel Jagung ini deh karena kelezatannya. Nggak salah deh pilih Sarang Oci kalau lagi ngidam masakan Manado.

 

Lokasi:

Sarang Oci

- Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 99, Kebon Jeruk, Jakarta. Telp. (021) 5329791.

- Jl. Bulungan No. 24, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 98622224.

- Jl. Tebet Raya No. 78A, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 8295237.

 

3. Rasaroa Manado

Photo source: Instagram.com/vgash_us

Restoran yang berlokasi di Jalan Wijaya ini emang nendang banget deh urusan masakan Manado. Menunya variatif banget, ada Ayam Garo Rica, Bebek Rica, Kakap Kuah Asam, Woku, Tmuis Bunga Papoya, dan berbagai menu lain yang pasti sangat menggoyang lidah. Selain menu Manado konvensional, mereka juga berinovasi lho nyiptain masakan Manado dengan tampilan baru, seperti Burrito Cakalang! Wah, di mana lagi bisa menikmati cakalang dalam balutan tortilla yang renyah itu kalau bukan di Rasaroa.

 

Lokasi:

Rasaroa Manado

Jl. Wijaya 1 No. 75, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 29306812

 

4. Woku Blangan

Photo source: jacintadacosta93.wix.com

Yang ngantor di daerah Thamrin, nggak usah jauh-jauh kalau mau nyicipin makanan Manado. Datanglah ke Woku Blangan di Jalan Sabang. Restoran ini udah terkenal banget di antara pecinta masakan Manado. Sop Ikan Mujair jadi menu andalan di sini. Jangan mengira mujairnya sama kayak di tempat lain ya. Beda banget! Di sini rasa mujairnya tidak terasa seperti lumpur, malah cenderung manis karena ini mujair yang dikirim langsung dari Manado. Kalau suka sama menu yang lebih pedas, cobain Ayam Woku Belanga yang begitu sedap saat dikombinasikan dengan Tumis Bunga Papoya dan nasi hangat. Yummy!

 

Lokasi:

Woku Blangan

Jl. Sabang No. 19, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3910417.

 

5. Bumbu Den

Photo source: Instagram.com/liusph

Anak Gading yang doyan pedesnya masakan Manado wajib ke Bumbu Den. Di sana ada Ikan Tude segar yang selalu bikin kangen, apalagi saat dicocol ke Sambal Roa. Ikannya cukup besar lho, cocok buat dimakan bareng-bareng sama pasangan atau keluarga kamu. Nggak cuma ikan yang ukurannya gede, Perkedel Jagungnya pun punya ukuran yang lebih besar dari standar. Rasanya crispy banget! Oh iya, Ayam Bakar Ricanya juga berukuran besar lho. Yang suka makan banyak pasti seneng deh kalo ke Bumbu Den. Ada satu lagi yang disukain banyak orang di Bumbu Den, Sambal Dabu-Dabu dan Sambal Goreng. Wih, dua sambal ini rasanya pecah banget. Bahkan kalau kamu makan cuma pakai nasi dan Perkedel Jagung rasanya udah mewah banget, asal ada Sambal dari Bumbu Den ini. Nyum!

 

Lokasi:

Bumbu Den

- Jl. Boulevard Raya Blok QA 1 No. 6, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4515371.

- Ruko Diamond, Blok DMD 3 No. 38, Jl. Boulevard Gading Golf - Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 54216483.

 

Enak-enak banget kan masakan Manado dari 5 tempat makan di atas? Jadi sekarang kamu nggak usah bingung lagi ya kalau lagi pengen banget masakan Manado. Tinggal cek list ini atau langsung aja ketik menu yang lagi kamu pengenin di Nibble. Nanti bakal ada rekomendasi menu yang kamu pilih lengkap dengan foto dan reviewnya. Kalau belum tahu tentang Nibble, klik di sini aja.

 

 

Write some comments

Related posts