Foodies Guide To F&B Industry

Pedasnya Masakan Sichuan di Jakarta Ini Bikin Lidah Mati Rasa

January 14, 20185 min readTips & Tricks

Chinese food tidak hanya terbatas pada masakan Kanton. Masakan Sichuan di Jakarta juga tidak kalah populer. Karakteristik menu Sichuan terkenal dengan rasa pedasnya yang cukup ekstrim. Ini berkat penggunaan cabai khas Sichuan yang juga dikenal sebagai Sichuan Peppercorn. Rasa pedasnya beda dari cabe yang biasa kita kenal. Ada sensasi yang bisa bikin lidah mati rasa saat menggigitnya. Ini sangat menantang sekali buat para pecinta masakan pedas. Kalau kamu mau ikutan cobain bagaimana pedasnya masakan Sichuan di Jakarta, kamu bisa mendatangi 7 restoran yang ada di guide berikut ini.

1. Sichuan Palace

masakan-sichuan-di-jakarta-02

Photo source: @wheresthefoodid

Buat yang suka menyantap masakan Sichuan di Jakarta pasti familiar sekali dengan Ma La Hotpot. Buat yang belum tahu, Ma itu artinya Sichuan Peppercorn dan La berarti cabai kering. Terbayang bukan kepedasan yang akan kamu rasakan dalam semangkok Ma La Hotpot? Kalau lagi nggak kepingin makanan berkuah, kamu bisa menikmati versi lain dari Ma La Hotpot, yaitu Ma La Xiang Guo di Sichuan Palace. Tak ada kuah dalam menu ini, kamu bisa memilih berbagai macam sayuran, mie, daging-dagingan, lalu kemudian semuanya itu akan diaduk jadi satu bersama Ma La sauces dan bumbu herbal lainnya. Siap-siap dibikin mati rasa, meski begitu, kelezatannya tak ada duanya.

Lokasi:

Sichuan Palace

Ruko Cordoba, Blok F, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pondok , Pondok, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 99686048.

2. Sichuan Zone

masakan-sichuan-di-jakarta-03

Photo source:@bellyculinary

Beralih ke daerah Muara Karang, kamu bisa menikmati masakan Sichuan di Jakarta di Sichuan Zone. Tempatnya sederhana saja, hanya berupa warung kaki lima. Andalan restoran ini jelas menu Ma La Xiang Guo. Mereka menyediakan filling yang sangat bervariasi, mulai dari daging ayam, sapi, kambing, samcan, fish roll, otak-otak, dan pastinya berbagai sayuran. Biar makin kenyang, kamu bisa tambahkan karbo juga, ada nasi, kwetiau, mie, dan soun yang bisa dipilih. Yang bikin beda dari yang lain, ada Mala Mozarella yang kekinian banget. Rasa pedasnya pun bisa disesuaikan dengan selera. Dan yang bikin makin ketagihan untuk kembali ke sini adalah harganya yang super murah, sebagian besar fillingnya dijual dengan harga di bawah Rp10.000.

Lokasi:

Sichuan Zone

Jl. Muara Karang Raya No. 245, Muara Karang, Jakarta. Telp. 0816-9017-38.

3. Ma La Tang

masakan-sichuan-di-jakarta-04

Photo source:@jelak.not

Nama Ma La Tang sudah mendunia. Outletnya tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di China dan Australia. Saat berkunjung ke Ma La Tang, kamu bisa langsung memilih lauk yang jenisnya bermacam-macam sekali lengkap dengan mie serta sayuran juga yang super segar. Setelah itu, pilihanmu tersebut akan ditimbang, dan kamu bisa langsung membayarnya. Rasa kuahnya mantap banget dan pedasnya bikin ketagihan. Agar rasanya makin sesuai dengan selera, kamu bisa tambahkan condiment, seperti minyak bawang, kecap, dan lain sebagainya.

Lokasi:

Ma La Tang

Neo SOHO Mall, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta.

4. Mala House

masakan-sichuan-di-jakarta-05

Photo source: @misscarolinebong

Beralih lagi ke Muara Karang, ada Mala House yang dapat menjadi tempat persinggahan saat kamu ngidam sama masakan Sichuan di Jakarta. Restoran ini selalu ramai pengunjung. Tak perlu heran karena Ma La Xiang Guo buatan mereka top banget. Level kepedasan bumbunya bisa diatur, makin pedas tentu akan semakin nikmat. Untuk isiannya juga beragam, kamu bisa memilih daging sapi, Maling, beragam bakso, telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Lokasi:

Mala House

Jl. Muara Karang Raya Utara, Blok Y3 No. 2, Muara Karang, Jakarta. Telp. 0818-0888-0090.

5. Mala King

masakan-sichuan-di-jakarta-06

Photo source: @eatwithkoko

Kalau kamu tinggal di daerah Cengkareng, nggak perlu jauh-jauh cari masakan Sichuan di Jakarta. Terletak di Taman Palem Asri, berdiri Mala King yang dikenal sebagai jagonya Mala Xiang Gao. Harga jenis makanannya mulai dari Rp8.000 hingga Rp25.000 per gram. Porsinya bisa disesuaikan dengan kemampuan perutmu. Semua jenis makanan yang kamu pilih tersebut, akan diberi bumbu Mala yang rempahnya berasa banget. Khusus buat yang daging-dagingan, jangan takut alot karena semua bahan yang disediakan empuk-empuk dan enak banget dikunyahnya.

Lokasi:

Mala King

Jl. Taman Palem Lestari, Blok Aa-2 No. 1A, Cengkareng, Jakarta. Telp. 0819-0565-9777.

6. Mala Kitchen

masakan-sichuan-di-jakarta-07

Photo source: @bellyculinary

Selagi masih sering hujan di Jakarta, ini adalah waktu yang paling tetap untuk merasakan sensasi pedasnya Mala Xiang Guo dari Mala Kitchen. Outlet restoran masakan Sichuan di Jakarta ini bisa ditemukan di PIK dan Muara Karang. Kamu bisa mengambil topping yang kamu suka. Hati-hati sama kepedasannya karena akan membuat kamu keringetan seketika. Apalagi saat tidak sengaja menggigit Sichuan peppercornnya, lidah akan menjadi kebas untuk sementara waktu.

Lokasi:

Mala Kitchen

Ruko Exclusive, Blok F No. 8A - 8, Food Corner, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. 0811-8411-199.

7. Tien Chao

masakan-sichuan-di-jakarta-08

Photo source: @ajakmakan

Sebenarnya masakan Sichuan di Jakarta itu tidak hanya Ma La Tang atau Ma La Xiang Guo saja. Masih banyak jenis lainnya yang juga wajib kamu coba. Kalau mau mencari yang autentik, kamu bisa ke Tien Chao di Gran Melia. Di sini kamu bisa mencoba Braised King Prawn and Glass Noodle yang disajikan di dalam clay pot, lengkap bersama fine gravy yang gurih. Rasanya sangat kaya karena kuah currynya yang creamy abis. Kalau lagi nggak ingin yang pedas-pedas, kamu bisa memilih aneka masakan khas Kantonnya yang juga tak kalah enak.

Lokasi:

Tien Chao

Gran Melia Hotel, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 5268080.

Sudah siap pedas-pedasan dengan berbagai pilihan masakan Sichuan di Jakarta? Kalau butuh rekomendasi lebih banyak lagi, kamu bisa langsung menemukannya di Nibble. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini.

Cover photo source: @myfoodiestory

Related Articles

Connect with Nibble