Foodies Guide To F&B Industry

Pengganti Gula dan Garam agar Makanan Lebih Sehat

March 19, 20195 min readHealthy Foodie

Semakin banyak orang peduli dengan kesehatan jantungnya dan mulai banyak yang mencari pengganti gula serta garam agar tubuh lebih sehat. Gaya hidup ini juga sedikit demi sedikit merambah ke industri kuliner. Mulai banyak restoran yang mengakomodir kebutuhan ini.

Memang untuk menghindari penyakit jantung, sangatlah penting untuk memperhatikan konsumsi zat makanan apapun yang dapat menyebabkan masalah pada jantung. Beberapa bahan makanan yang sering dikaitkan dalam masalah penyakit jantung adalah gula dan garam. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan sedikit bagaimana gula dan garam dapat berdampak buruk bagi tubuh dan juga menawarkan beberapa alternatif sebagai pengganti gula dan garam untuk proses memasak makanan atau kue.

Alasan Kenapa Garam Buruk Bagi Tubuh

pengganti-gula-02

Asupan garam yang Anda konsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi tekanan darah. Saat Anda terlalu banyak mengonsumsi garam, tubuh Anda akan menahan air dan meningkatkan tekanan darah. Kandungan garam banyak terdapat di setiap makanan dan juga makanan kemasan. Tak heran jika orang Indonesia dianggap banyak sekali mengonsumsi garam. Untuk mencegah penyakit jantung, ada baiknya untuk mulai membatasi asupan garam Anda.

Alternatif Pengganti Garam untuk Memasak

pengganti-gula-03

Jika Anda harus menggunakan garam dalam setiap masakan, sebaiknya gunakan garam yang tidak mengalami proses yang terlalu panjang untuk dibentuk, seperti sea sat, Himalayan sea salt, dan Molokai sea salt. Namun, jika Anda ingin mencari pengganti garam dan ingin menghentikan penggunaan garam sepenuhnya di setiap masakan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini:

1. Bawang Putih, Bawang Bombai, dan Daun Bawang.

pengganti-gula-04

Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih segar, bawang bombai cincang, dan daun bawang ke dalam sup, masakan yang ditumis, atau pasta, makanan Anda akan terasa sangat lezat tanpa memerlukan kadar natrium yang tinggi. Bahan-bahan makanan yang berasal dari genus tanaman Allium dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan menghambat pertumbuhan tumor.

2. Bumbu Rempah

pengganti-gula-05

Anda bisa menyempurnakan cita rasa makanan Anda dengan menambahkan oregano, basil, jintan, kunyit, dan bumbu lainnya. Tidak hanya menambah rasa dalam makanan Anda, bahan makanan tersebut juga dikenal bagus untuk metabolisme tubuh dan membantu Anda mengurangi rasa lapar.

3. Cuka

pengganti-gula-06

Anda bisa menggunakan cuka dengan kandungan buah atau bawang putih di dalamnya untuk memarinasi daging atau membuat saus salad tanpa harus memberikan garam tambahan. Cuka juga bisa dimasukkan ke dalam saus pasta dan sup untuk menambah rasa gurih.

4. Nutritional Yeast

pengganti-gula-07

Bahan alami ini sering digunakan dalam berbagai hidangan yang vegan-friendly. Tidak seperti ragi untuk baking, nutritional yeast merupakan ragi yang dinonaktifkan sehingga tidak memiliki kandungan ragi pada umumnya. Rasa asinnya mirip seperti keju, biasanya sering ditaburkan di atas popcorn, mac and cheese, pasta, dan kentang.

Alasan Kenapa Gula Buruk Bagi Tubuh

pengganti-gula-08

Mengonsumsi terlalu banyak gula akan membuat tubuh Anda mengalami kenaikan insulin yang menyebabkan peradangan pada dinding arteri. Selain itu, gula juga mengandung banyak kalori yang bisa menambah berat badan dan pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Alternatif Pengganti Gula untuk Baking

pengganti-gula-09

Agar makanan Anda terasa enak, terkadang Anda harus menambahkan gula pada makanan yang dipanggang. Jika Anda harus menggunakan gula, pilihlah alternatif yang lebih sehat, seperti gula merah, molase, atau agave nectar yang tidak mengalami proses panjang seperti gula putih. Namun, jika Anda mencari pengganti gula yang lebih sehat lagi, Anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan berikut ini:

1. Madu

pengganti-gula-10

Saat menggunakan madu sebagai pengganti gula, Anda bisa menggunakan 2/3 cup madu untuk menggantikan 1 cup sugar. Madu akan membuat masakan Anda terasa manis dan juga melengkapinya dengan sensasi rasa buah dan tumbuhan.

2. Maple Syrup

pengganti-gula-11

Saat menggunakan maple syrup sebagai pengganti gula, Anda bisa gunakan ¾ cup maple syrup untuk mengganti 1 cup gula. Maple syrup akan menambahkan cita rasa manis yang sangat kaya ke dalam masakan. Maple syrup juga cocok untuk disandingkan dengan hidangan yang asin atau nutty.

3. Applesauce

pengganti-gula-12

Cobalah untuk menggunakan applesauce tanpa pemanis sebagai pengganti gula saat memanggang kue atau cake. Anda bisa menggunakan 1 cup applesauce untuk menggantikan 1 cup gula pada muffin, roti, nut breads, dan brownies. Selain itu, applesauce akan membuat makanan yang dipanggang menjadi lebih lembab. Jadi, pastikan Anda mengurangi cairan yang mungkin disebutkan dalam resep sekitar ¼ cup saat ingin menggunakan applesauce sebagai pengganti gula.

4. Sari Buah Segar

pengganti-gula-13

Saat Anda membuat saus, bumbu marinasi, salad dressings atau makanan yang dipanggang, Anda bisa menambahkan sari buah segar sebagai pengganti gula. Caranya hanya dengan menggunakan ¾ cup sari buah untuk menggantikan 1 cup gula. Sama seperti dengan applesauce, pastikan Anda mengurangi jumlah cairan dalam resep jika ingin menggunakan sari buah segar sebagai pengganti gula.

5. Citrus Zest

pengganti-gula-14

Anda bisa menggunakan kulit lemon, jeruk nipis, atau jeruk untuk membuat cocktail atau makanan yang dipanggang terasa lebih manis. Jika ingin melakukannya, Anda bisa memarut kulit buah jeruk ke dalam adonan atau minuman Anda sampai rasanya menonjol.

6. Kismis, Buah Ara, dan Kurma

pengganti-gula-15

Buah-buahan kering yang dimaniskan secara alami ini dapat menjadi pengganti gula dengan perbandingan 1:1. Cukup rendam buah-buahan kering tersebut ke dalam air panas, haluskan dengan blender sampai teksturnya menjadi seperti pasta.

7. Pisang

pengganti-gula-16

Sama seperti pasta buah yang kami sebut sebelumnya, pisang dapat menjadi pengganti gula dengan rasio 1:1. Cukup campurkan 1 cup pisang matang yang di-mashed dengan beberapa sendok makan air, lalu haluskan.

Dengan menggunakan pengganti gula dan garam yang kami sebutkan di atas, Anda bisa membuat masakan di restoran Anda menjadi lebih sehat tanpa harus mengorbankan rasanya. Anda bisa menggunakan pengganti gula dan garam ini sebagai konten promosi agar pelanggan yang sedang menjalani gaya hidup sehat tertarik untuk makan di restoran Anda.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble