Foodies Guide To F&B Industry

Pentingnya Manner Kita untuk Pelayan Restoran

July 25, 20193 min readTips & Tricks

Pelayan restoran adalah orang-orang yang mungkin terlihat biasa saja di sebuah restoran. Tapi tahukah kalian kalau di balik pekerjaannya melayani kita, mereka juga masih memiliki perasaan sebagai manusia biasa.

Untuk menjadi pelayan restoran mungkin tidak membutuhkan sekolah yang tinggi atau beragam gelar. Namun ternyata pekerjaan ini membutuhkan poin-poin penting yang juga ada di banyak perkerjaan profesional. Pelayan restoran yang baik harus bisa berdiplomasi, cekatan dan yang terpenting sabar.

Untuk kalian yang pernah mengalami masalah dengan pelayan restoran karena pelayanan mereka yang tidak prima mungkin wajar. Namun jika seorang pelayan restoran sudah melakukan semua hal yang pantas dan kita tidak menghargainya, ini yang jadi masalah.

pelayan restoran 4Photo source: Pexels

They Have a Heart and It Can be Broken

Menjadi pelayan restoran mengharuskan mereka bertemu dengan berbagai jenis pelanggan, tentu ada satu titik tertentu mereka akhirnya bertemu dengan pelanggan yang menyebalkan. Perimeter menyebalkan ini bisa dari sikap kita yang kasar dan cara bicara kita yang ketus.

Saat mereka menghadapi pelanggan yang menyebalkan, tahap awal yang mereka lakukan adalah menandai meja kita. Dengan sangat cepat informasi bisa menyebar hingga ke dapur dan akhirnya seluruh tim restoran (biasanya tidak termasuk manager) mengetahui meja kita.

Ketika kita mulai melukai perasaan mereka, hal apapun untuk pembalasan bisa mereka lakukan dari dapur. Kita menyakiti waiters, kemungkinan kita menyakiti semua pekerja di restoran tersebut.

Membalas Lewat Makanan

Satu-satunya cara yang bisa mereka lakukan untuk membalas kekasaran/ketidaksopanan kita adalah lewat makanan. Cara yang paling ringan biasanya pesananan kita akan dibuat lebih lama untuk memberikan efek kesal. Pembalasan terberat bisa berupa apa saja, silakan bayangkan hal terburuk yang bisa ada di makanan kita.

pelayan restoran (2)Photo source: Pexels

Mudahnya Menjadi Pelanggan yang Sopan

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang tamu yang sopan di restoran? Banyak dan semuanya tidak sulit kok. Pelayan restoran akan sangat menghargai sikap kita yang baik dengan cara berikut ini;

Respon Pada Sapaan

Saat pertama kali masuk ke dalam restoran, pada umumnya pelayan restoran pasti akan menyapa kita sebagai ucapan selamat datang. Membalas sapaan mereka dengan senyuman dan ucapan “terima kasih” saja sudah lebih dari cukup.

Paham Jam Sibuk

Saat kalian melihat seorang pelayan sedang mengurus pelanggan lainnya, sangat wajib kita untuk bersabar hingga mereka selesai. Pelayanan lebih lambat adalah konsekuensi yang harus kita terima saat datang ke restoran di jam sibuk.

Memanggil dengan Baik

Cukup angkat tangan dengan tenang dan lakukan kontak mata dengan pelayan restoran untuk memanggil mereka. Snapping finger atau memanggil mereka dengan suara-suara aneh hanya membuat kita terlihat tidak berkelas.

pelayan restoran 3Photo source: Pexels

Isyarat Kesal

Saat seorang pelayan restoran melakukan kesalahan seperti menumpahkan minuman atau salah pesanan, jangan tambahkan beban mereka dengan isyarat kesal. Mereka sudah cukup merasa tidak enak saat melakukan kesalahan tersebut kok.

Komplain Dengan Sopan

Kelas kita sebagai pelanggan yang baik juga bisa dilihat dari cara melakukan komplain. Berkomunikasi dengan tenang saat menyampaikan komplain. Menarik perhatian tamu lain dengan nada tinggi hanya akan membuat pelayan restoran merasa tidak nyaman.

Nah sekarang sudah tahu kan seberapa penting manner kita untuk para pelayan restoran. Kunci sederhananya adalah hanya di soal “Apakah kita akan senang jika diperlakukan demikian?”

Mulai sekarang kalian-kalian yang masih terbiasa jahat kepada pelayan restoran sebaiknya berubah ya. Tidak ada kerennya kok menjadi orang yang kasar.

Related Articles

Connect with Nibble