Foodies Guide To F&B Industry

Peralatan Dapur Restoran yang Wajib Dimiliki

December 24, 20188 min readReviews

Ketika berencana untuk membuka restoran baru, menyediakan peralatan dapur restoran jelas menjadi tugas nomor satu yang wajib Anda pikirkan. Hal ini sangat krusial karena pengadaan peralatan dapur restoran sangat mempengaruhi kualitas makanan dan minuman yang akan Anda tawarkan ke pelanggan. Bila Anda masih bingung tentang peralatan dapur restoran apa saja yang perlu disiapkan, kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai jenis peralatan dapur yang wajib dimiliki sebuah restoran. Tapi perlu diingat, setiap restoran tentunya membutuhkan peralatan dapur yang berbeda-beda yang mungkin tidak kami sebutkan di artikel ini. Jadi sesuaikanlah dengan kebutuhan restoran Anda masing-masing.

Peralatan Dapur untuk Memasak

peralatan-dapur-02

Photo source: pixabay

Peralatan dapur untuk memasak merupakan hal terpenting yang harus dimiliki setiap restoran. Saat memilih jenis alat masak untuk restoran Anda, pertimbangkanlah untuk membeli alat masak yang paling sering Anda gunakan. Amati juga kapasitas alat masak tersebut. Alat masak yang berukuran kecil mungkin dibanderol dengan harga yang lebih murah, tapi kapasitasnya mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan restoran Anda sehingga biaya yang harus dikeluarkan dalam jangka panjang akan lebih banyak.

Berikut beberapa peralatan dapur restoran untuk memasak yang wajib Anda miliki:

1. Oven

Peralatan dapur serbaguna ini dapat digunakan untuk baking, roasting, braising, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa oven sangat penting untuk restoran Anda.

2. Kompor

Anda dapat memilih kompor gas atau listrik, tergantung pada selera dan kebutuhan dapur restoran Anda.

3. Deep Fryer

Selain berfungsi untuk menggoreng French Fries atau Ayam, Anda bisa menggunakan deep fryer untuk menggoreng berbagai jenis makanan lainnya.

4. Grill

Pemanggang akan memberikan sensasi smokey yang sempurna untuk berbagai resep makanan di restoran Anda.

5. Griddles

Griddles sangat mirip dengan Grill, bedanya pemanggang yang satu ini dilengkapi dengan lempengan metal yang datar dan dapat digunakan untuk berbagai metode masak yang berbeda.

6. Holding Equipment

Holding Cabinet berfungsi untuk menyimpan makanan Anda di suhu tertentu. Ini sangat ideal untuk menyimpan menu sampai makanan tersebut siap dihidangkan ke pelanggan. Peralatan dapur ini juga bisa dipakai untuk proofing roti sebelum dipanggang.

7. Salamander atau Broiler

Peralatan dapur ini sempurna untuk membakar roti atau melelehkan keju.  Salamander bahkan dilengkapi dengan suhu tinggi yang cocok untuk memanggang ikan salmon atau memasak makanan lainnya.

8. Toaster

Jika restoran Anda menawarkan menu untuk sarapan, maka Toaster menjadi peralatan dapur yang tepat untuk memanggang roti atau bagel Anda.

9. Coffee Brewer

Kopi merupakan minuman yang paling populer dan berinvestasi untuk membeli coffee brewer adalah pilihan yang tepat, meskipun jenis restoran Anda bukan coffee shop atau cafe.

10. Microwave

Microwave adalah peralatan dapur yang akan memudahkan Anda untuk memanaskan saus, mencairkan makanan beku, atau memanaskan makanan kembali yang sudah dibikin.

Lemari Pendingin

peralatan-dapur-03

Photo source: pixabay

Terdapat banyak jenis lemari pendingin yang bisa Anda pilih untuk restoran Anda. Peralatan dapur ini sebaiknya dipilih berdasarkan konsep dan kebutuhan restoran Anda. Ini dia beberapa jenis lemari pendingin yang bisa Anda pilih:

1. Lemari Es

Beberapa jenis lemari es yang bisa dipilih, antara lain walk-in coolers, reach-in fridges, pass-through atau prep fridges. Anda mungkin membutuhkan lemari es yang terdiri atas kombinasi dari beberapa jenis lemari es.

2. Freezer

Sama seperti lemari es, freezer juga tersedia dalam berbagai ukuran dan style yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Ice Machine

Mesin pembuat ice juga tidak kalah penting untuk menyajikan minuman di restoran Anda. Anda mungkin akan butuh banyak es untuk membuat Smoothies atau Cocktail.

4. Beverage Dispensers

Beberapa jenis restoran, seperti restoran cepat saji akan membutuhkan peralatan dapur bernama beverage dispensers. Saat memilih dispenser, sebaiknya pikirkanlah terlebih dahulu minuman ringan atau jenis soda apakah yang akan Anda sajikan di restoran.

Lemari Penyimpanan

peralatan-dapur-04

Photo source: freepik

Selain lemari pendingin, restoran Anda juga membutuhkan lemari penyimpanan untuk menyimpan peralatan dapur yang berukuran kecil atau bahan makanan. Berikut beberapa jenis lemari penyimpanan yang bisa Anda pilih:

1. Shelving

Anda bisa menempatkan rak-rak di dalam walk-in cooler atau freezer untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan. Anda juga bisa menggunakan shelving atau rak untuk menyimpan wajan, alat makan, bahan makanan yang kering, dan lain-lain. Ukuran rak bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Bussing and Utility Carts

Bussing and Utility Carts juga harus Anda miliki di restoran. Peralatan dapur ini dapat digunakan untuk mengantar pesanan makanan dan minuman pelanggan. Sedangkan di dapur, alat ini bisa berfungsi untuk memindahkan peralatan yang berat.

3. Sheet Pan Racks

Sheet cake racks sebenarnya digunakan untuk memindahkan dan menyimpan makanan, tapi Anda bisa juga memaksimalkan fungsinya sebagai tempat memeriksa roti buatan Anda. Biasanya desain peralatan dapur yang satu ini tinggi dan tidak lebar, jadi cocok buat dapur yang sempit karena tidak makan tempat.

4. Wadah Penyimpanan Makanan

Wadah penyimpanan makanan adalah peralatan dapur restoran yang serbaguna. Anda bisa menggunakannya sebagai wadah untuk menyimpan makanan, seperti saus, kaldu, dan lain-lain. Wadah tempat penyimpanan ini juga bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan kering, seperti pasta atau beras. Pilihlah wadah penyimpanan makanan yang dilengkapi dengan tutup dan label berwarna. Ini akan memudahkan Anda mengatur wadah-wadah tersebut sesuai dengan kebutuhan.

5. Drying Rack

Ini merupakan peralatan dapur yang digunakan sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk mengeringkan alat makan, gelas, piring, alat masak, dan alat lain yang basah.

6. Dunnage Racks

Fungsi dunnage racks sama seperti drying racks, tapi tinggi dunnage rack hanya beberapa sentimeter dari permukaan tanah. Jadi ini cocok buat peralatan dapur yang berat dan berukuran besar.

Peralatan Dapur untuk Menyiapkan Makanan

peralatan-dapur-05

Photo source: freepik

Bicara tentang peralatan dapur untuk menyiapkan makanan, tentu setiap restoran punya kebutuhan yang berbeda, tergantung pada resep yang akan mereka hidangkan. Berikut ini adalah beberapa peralatan dapur paling penting yang biasanya dibutuhkan oleh semua restoran:

1. Food Processors

Peralatan dapur ini sangat multifungsi. Food processor berguna untuk membuat saus, mencampur berbagai jenis bahan makanan, memotong sayuran, memotong keju, dan masih banyak lagi.

2. Prep Tables

Anda bisa menggunakan prep tables untuk menempatkan berbagai peralatan dapur atau bisa dijadikan tempat untuk menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak.

3. Mixer

Mungkin yang paling butuh peralatan dapur ini adalah restoran yang memiliki spesialisasi roti, Pizza, atau cake. Tapi tidak ada salahnya kalau Anda juga memilikinya.

4. Spice Grinders

Jika restoran Anda menyajikan makanan yang penuh dengan bumbu, pastikan Anda memiliki peralatan dapur yang satu ini. Mungkin banyak bumbu dan rempah instan yang dijual di pasaran, tapi rempah dan bumbu segar yang dipotong-potong sendiri jelas akan memberikan cita rasa yang unik dan berbeda pada setiap masakan Anda.

5. Blender

Peralatan dapur ini sering ditemukan di cafe atau bar. Selain berfungsi untuk membuat minuman, blender juga bisa menjadi alat untuk mencampur saus atau menghaluskan bumbu-bumbu.

Smallwares

peralatan-dapur-06

Photo source: pixabay

Smallwares adalah peralatan dapur yang akan digunakan oleh staff restoran Anda d dapur untuk menyiapkan dan memasak makanan. Saat memilih smallwares, pastikan Anda memesan smallwares dalam jumlah yang cukup sehingga staff Anda tidak saling berebut untuk menggunakan peralatan dapur tersebut. Berikut beberapa smallwares penting yang harus Anda beli:

1. Pisau

Seperangkat pisau tajam adalah peralatan dapur paling penting untuk para koki. Pisau yang tajam tidak hanya akan memudahkan koki menyiapkan makanan, tapi juga meminimalisir risiko kecelakaan akibat luka teriris pisau.

2. Talenan

Sebaiknya beli talenan berbagai warna untuk membedakan fungsi talenan. Siapkan talenan khusus untuk daging, khusus untuk sayuran, atau bahan makanan kering untuk mencegah kontaminasi silang.

3. Mixing Bowls

Belilah mixing bowl dalam berbagai ukuran.

4. Pans

Ada berbagai jenis pans yang harus Anda siapkan, seperti pans untuk menumis, merebus, atau menggoreng. Pikirkan jenis pans apa dan berapa jumlah yang paling dibutuhkan restoran Anda.

5. Pots

Sama seperti pans, ada berbagai jenis pots yang dibutuhkan oleh dapur restoran, seperti stock pots, double boilers, pasta cookers, sauce pots, dan masih banyak lagi.

6. Whisks

Whisks adalah alat yang berguna untuk mengaduk dan memasukkan udara ke dalam campuran bahan-bahan makanan agar menghasilkan tekstur yang fluffy dan ringan. Pilihlah jenis whisks yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Food Pans

Food pans bisa digunakan sebagai wadah untuk menyimpan makanan di food warmer sampai makanan tersebut siap dihidangkan ke pelanggan. Peralatan dapur ini juga berguna untuk memindahkan makanan dari satu tempat ke tempat lain.

8. Sendok Dapur

Sendok ini jelas berbeda dengan sendok yang digunakan pelanggan. Fungsinya tentu ada banyak, seperti untuk mengaduk bahan makanan, memindahkan bahan makanan dari bowl ke piring, dan masih banyak lagi.

9. Turners

Jika restoran Anda menggunakan griddles, charbroilers, atau grills, turners menjadi salah satu peralatan dapur yang wajib Anda gunakan. Pilihlah turners yang dilengkapi dengan handle yang tahan pada suhu panas yang tinggi sehingga staff restoran Anda bisa menggunakannya dengan nyaman.

10. Tongs

Tongs atau penjepit memiliki banyak kegunaan, seperti untuk menyiapkan makanan, plating, menyajikan makanan, dan lain-lain.

Apakah Anda sudah memiliki semua peralatan dapur yang kami sebutkan di atas? Jika belum, ayo lengkapi peralatan dapur Anda agar proses pembuatan makanan semakin mudah dan hemat waktu.

Cover Photo source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble