Foodies Guide To F&B Industry

Perbedaan Besar Antara Mie Bangka dan Mie Ayam Bangka

August 21, 20195 min readFoodie Trends

Dikenal sebagai negara kepulauan sudah pasti menggambarkan begitu banyaknya daerah yang terpisah oleh lautan di negeri ini. Salah satunya adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Bangka, sebagai bagian dari provinsi yang pada awalnya menyatu dengan provinsi Sumatera Selatan ini, pada awalnya begitu ramai. Puncaknya, adalah ketika bisnis timah meraih kejayaannya di sekitar tahun 1990-an. Berbondong-bondong orang pindah ke pulau Bangka untuk mengais rezeki dari bisnis ini.

Mengalami masa jaya yang cukup lama, di sekitaran tahun 2010-an, perlahan pulau Bangka mengalami kemunduran. Tutupnya salah satu perusahaan tambang timah terbesar di pulau tersebut adalah penyebab utamanya.

mie bangka endrianovy

Photo source: @endrianovy

Namun, masih ada yang mampu menyelamatkan nama pulau Bangka hingga saat ini. Selain munculnya wahana wisata baru, salah satu penyelamatnya adalah bidang kuliner.

Bangka juga terkenal karena memiliki mie bangka, salah satu varian mie yang dikenal luas di seluruh Indonesia. Memiliki keunikan tersendiri dibanding varian mie lainnya, membuat makanan yang satu ini selalu dicari wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bangka.

Yang membuat unik adalah ternyata adanya pandangan persepsi yang beredar luas di masyarakat. Banyak disebut bahwa mie bangka adalah mie ayam bangka.

Apakah keduanya berbeda? Atau justru sebenarnya mie ayam bangka justru tidak ada? Simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Mau yang Basah atau Kering?

Seperti sajian mie lain pada umumnya, mie bangka juga mengenal  dua cara penyajian. Sajian mie yang dibuat kering disebut dengan Jam Mian, sedangkan mie bangka yang dibuat basah dengan memakai kuah disebut Sui Mian. Mian sendiri memiliki arti mie dalam bahasa Tiongkok.

Keduanya biasanya disajikan bersamaan dengan baluran daging babi yang telah dicincang hingga halus. Selain itu, dalam 1 porsi mie bangka juga sudah termasuk sajian khas Bangka lainnya, yaitu tahu kok. Tahu ini berisikan otak-otak dari ikan yang rasanya sudah pasti lezat dan cocok dinikmati bersamaan dengan mie.

Mie Bangka ≠ Mie Ayam Bangka

Seringkali disebut dan bahkan di setiap restoran bangka yang berdiri di luar pulau Bangka tersedia menu mie bangka. Namun anehnya, makanan yang disajikan justru berbeda dengan mie bangka yang sebenarnya.

Alih-alih mendapatkan sajian mie berkuah ikan, kalian justru akan mendapatkan sebuah sajian yang mirip dengan mie ayam, namun hanya berbeda di penggunaan taoge saja.

mie bangka

Photo source: Detikfood

Sebenarnya, mie bangka adalah salah satu varian mie yang disajikan dengan kuah yang dibuat dengan campuran ikan, biasanya ikan tenggiri. Ini membuat varian mie ini memiliki kuah ikan yang merupakan perbedaan terbesarnya dengan mie ayam.

Bahkan lucunya, justru mie ayam bangka tidak dijual di pulau Bangka. Mie ayam bangka ternyata hanya ada di luar pulau Bangka dan ditemukan oleh para perantau dari luar pulau Bangka.

Jadi, jangan coba-coba untuk mencari mie ayam bangka yang autentik di pulau Bangka, ya. Karena dijamin kalian tidak bakal menemukannya.

Penyelamat Kota yang Perlahan Hilang

Jika kalian berkunjung ke pulau Bangka, jangan kaget jika disana kalian bisa menemukan dua varian mie yang disebut mie bangka beredar di pasaran.

Mie bangka yang pertama adalah mie yang seperti disebutkan di atas, berupa mie kuning yang telah matang dicampur dengah kuah ikan.

mie bangka wikipedia

Photo source: Wikipedia

Sedangkan yang kedua adalah mie koba. Sajian mie yang satu ini mirip dengan mie bangka, hanya saja sebelum disajikan mie tersebut di-celor terlebih dahulu. Konsep penyajian mie di-celor pada mie koba mirip dengan mie celor yang berasal dari Palembang. Selain itu, dalam mie koba kuahnya memiliki campuran rempah-rempah dan terasa lebih manis dibandingkan mie bangka.

Mie koba sendiri merupakan mie yang lahir di salah satu kota yang berada di pulau Bangka. Kota yang perlahan berhenti roda ekonominya dikarenakan tutupnya salah satu perusahaan tambang timah terbesar ini seakan menyimpan permata yang tidak kasat mata.

Sajian mie koba ini makin nikmat jika kalian tambahkan perasan dari jeruk kunci. Rasa dari kuahnya akan semakin keluar setelah ditambahkan rasa asam manis dari jeruk tersebut.

Tersebar di Penjuru Kota

Hampir di setiap sudut kota Pangkalpinang kalian dapat menemukan warung atau restoran yang menyajikan mie bangka. Biasanya, setiap warung atau restoran diberikan nama pemiliknya. Misalkan saja warung bakmi Asu, mie Afung, atau bakmi Akhun. 

Fakta unik lainnya adalah setiap warung mie bangka yang kalian liat pasti memiliki huruf A di setiap awalan namanya. Ini tidak terlepas dari nama panggilan masyarakat Bangka yang memang sebagian berasal dari keturunan Tiongkok.

Daripada kalian bingung mau mencari mie bangka terbaik ketika kalian berwisata ke pulau Bangka, coba simak beberapa rekomendasi berikut ini!

  • Kedai Mie Achun

    Tempat yang sederhana adalah gambaran dari kedai yang satu ini. Meskipun terlihat sederhana, namun jangan ragukan kualitas mie bangka yang mereka sajikan. Terletak di kota Sungailiat, Kedai Mie Achun dikenal karena menjual mie bangka dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang murah. Selain itu, mie bangka di Kedai Mie Achun juga disajikan dengan tambahan sayur caisim.

  • Warung Bakmi Lokut

    Terletak di kota ibukota provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Pangkalpinang, membuat warung yang satu ini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan, banyak wisatawan yang berasal dari luar pulau Bangka langsung mendatangi warung ini sesaat setelah mereka tiba di pulau Bangka.

    Telah berjualan lebih dari 40 tahun membuat kualitas mie bangka yang disajikan Warung Bakmi Lokut tidak perlu diragukan lagi.

  • Mie Koba Iskandar

    Jika kalian bertanya dimana bisa mendapatkan mie koba terbaik kepada masyarakat pulau Bangka, pasti mereka akan menjawab tempat yang satu ini. Meskipun saat ini sudah memiliki cabang di Pangkalpinang, namun tidak ada salahnya jika kalian mengunjungi langsung warung Mie Koba Iskandar yang pusatnya berada di kota Koba.

    Selain bisa merasakah langsung sensasi menikmati sepiring mie koba yang kuat aroma ikannya, kalian juga bisa melihat langsung kondisi kota Koba saat ini sekaligus mengunjungi danau kaolin.

Pulau kecil seperti pulau Bangka nyatanya memberikan gambaran bagi kita bahwa Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa jumlahnya. Tunggu apalagi, yuk menabung untuk mencicipi sajian mie bangka yang autentik!

Cover photo: Pesona Travel

Related Articles

Connect with Nibble