Foodies Guide To F&B Industry

Perlukah Pasang Internet di Restoran Anda?

February 11, 20195 min readReviews

Saat membuka restoran atau hotel baru, Anda pasti bertanya-tanya, perlukah pasang internet gratis untuk pelanggan Anda? Jawaban singkatnya, ya, Anda perlu melakukan itu, tapi ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan pasang internet di restoran atau hotel Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda tahu.

Alasan Kenapa Anda Harus Pasang Internet Gratis untuk Pelanggan Anda

pasang-internet-02

Melihat kebiasaan generasi millenial selalu memamerkan foto makanannya di Instagram, orang kantoran yang selalu harus mengecek email, atau pelajar yang suka mengerjakan tugas di restoran adalah alasan kenapa Anda harus pasang internet gratis di restoran Anda. Mereka punya satu kebutuhan yang sama, yaitu internet. Memang, sebagian besar dari mereka juga punya paket data untuk tablet atau handphone mereka, tapi dengan adanya WiFi di restoran Anda, mereka bisa menjelajah internet tanpa takut kehabisan data.

Hal positif yang bisa Anda dapatkan adalah ulasan dari pelanggan. Banyak orang yang biasanya suka mengambil foto dan menulis ulasan saat mereka mengunjungi restoran. Mereka akan dengan sukarela melakukan itu jika tersedia WiFi di restoran Anda, daripada harus menghabiskan data internet mereka yang berharga. Selain itu, dengan pasang internet, Anda berpotensi untuk membuat banyak pelanggan lebih betah untuk berlama-lama di restoran Anda. Misalnya, ada pelajar yang butuh WiFi untuk mengerjakan tugasnya, itu artinya mereka kemungkinan besar akan memesan makanan dan minuman berkali-kali sambil mengerjakan tugas. Biarpun pelanggan Anda tidak menghabiskan banyak waktu di restoran, paling tidak Anda sudah memberikan apa yang mereka butuhkan.

Maksimalkan Fasilitas Internet di Restoran Anda

1. Pisahkan Antara WiFi untuk Pengelola dan Pelanggan

pasang-internet-03

Pasang internet tidak hanya memberikan keuntungan bagi Anda, hal ini juga punya sisi negatif jika tidak dikelola dengan benar. Salah satu kesalahan besar para pemilik restoran adalah dengan membuka akses internet ke masyarakat luas. Sistem seperti ini akan membuat Anda menjadi sasaran empuk para hackers. Apalagi jika sistem point of sale (POS) Anda juga berjalan di router yang sama seperti yang digunakan pelanggan. Bisa-bisa data kartu kredit pelanggan Anda bisa dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Atur Jaringan Internet di Restoran Anda Secara Profesional

pasang-internet-04

Jika keamanan data Anda dan pelanggan menjadi hal yang dipertaruhkan saat mau memutuskan pasang internet di restoran Anda, ada baiknya untuk menyerahkan ini ke tangan para ahli. Tujuannya adalah agar semuanya dapat berjalan dengan baik, misalnya operator Anda kemungkinan besar akan memasang firewall yang dapat mencegah pengguna internet mengakses data Anda. Anda juga harus menempatkan router di tempat yang tidak terhalang apapun agar sinyal WiFi dapat tersebar secara maksimal ke seluruh penjuru restoran.

3. Berapa Bandwidth yang Anda Butuhkan?

pasang-internet-05

Saat memutuskan pasang internet di restoran atau hotel Anda, Anda harus mempertimbangkan berapa bandwidth yang Anda butuhkan. Bandwidth akan menentukan kecepatan internet. Semakin besar bandwidthnya akan semakin bagus agar pelanggan Anda bisa menjelajahi internet tanpa hambatan. Fasilitas internet gratis bisa menjadi sangat tidak berguna jika kecepatannya sangat lambat. Kebutuhan bandwidth juga dapat dipertimbangkan dengan memikirkan situs apa yang paling sering dibuka oleh para pelanggan. Untuk kecepatan internet yang optimal, Anda membutuhkan sekitar 1,2 megabits per detik untuk setiap 10 pengguna. Jadi, jika Anda rata-rata memiliki 15 pengguna yang online dalam waktu bersamaan, maka Anda butuh bandwidth sekitar 1,8 megabits per detik. Jika restoran Anda sangat ramai dan rata-rata ada 50 orang yang online dalam waktu bersamaan, itu artinya Anda butuh sekitar 6 megabits per detik. Tentukan berapa megabyte per detik yang Anda butuhkan dan sampaikan kebutuhan ini kepada penyedia layanan internet.

4. Tetapkan Kata Sandi untuk Pelanggan

pasang-internet-06

Cara lain untuk melindungi keamanan internet di restoran Anda adalah dengan memberikan kata sandi untuk para pelanggan yang mau menggunakan WiFi. Anda bisa memberitahukan informasi tentang kata sandi dengan menempelkannya di bagian dalam restoran atau minta para pelanggan untuk menanyakannya langsung ke pelayan restoran Anda. Anda juga bisa memberikan kata sandi di tagihan pelanggan yang sudah dicetak. Jadi pelanggan harus membeli sesuatu dulu dari restoran Anda sebelum bisa menggunakan WiFi gratis. Jangan lupa untuk mengganti kata sandi tersebut sesering mungkin.

5. Jika Memungkinkan Batasi Penggunaan Internet

pasang-internet-07

Jika restoran Anda biasanya butuh lebih dari setengah jam untuk menyiapkan makanan, kehadiran internet gratis mungkin akan bisa menimbulkan masalah untuk Anda. WiFi akan menarik banyak pelanggan untuk datang ke restoran Anda, tapi juga akan membuat mereka betah dan enggan meninggalkan restoran. Ini bisa membuat pelanggan lain mengantre dan membuat para staff restoran tertekan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa membatasi penggunaan WiFi di jam-jam sibuk, misalnya pelanggan hanya bisa menikmati WiFi satu jam saja. Dengan cara ini, pelanggan masih bisa memanfaatkan internet untuk mengecek email atau browsing social media selagi menikmati makanan mereka dan mereka tidak akan membuat pelanggan lain menunggu lebih lama hanya untuk menikmati WiFi gratis yang Anda sediakan.

Mempertimbangkan Kebutuhan Pelanggan

pasang-internet-08

Jika Anda memiliki restoran fine dining, pasang internet gratis mungkin bukanlah pilihan yang bisa Anda jalankan karena itu bisa mengganggu para pelanggan. Tapi untuk hotel, restoran casual, cafe, atau coffee shop, kehadiran WiFi merupakan salah satu hal yang paling diharapkan oleh para pelanggan. Anda juga perlu mempertimbangkan permintaan pelanggan sebelum pasang internet. Misalnya, jika selama ini tidak ada pelanggan yang bertanya tentang kata sandi WiFi, itu artinya internet bukanlah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Tapi jika banyak pelanggan pertanyaan tentang kata sandi WiFi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pasang internet.

Kesimpulannya, menyediakan internet gratis bisa membuat Anda lebih unggul dari pesaing Anda dan Anda juga bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan. Tapi jika mau pasang internet, Anda harus membedakan WiFi untuk pelanggan dan WiFi untuk pengelola restoran. Anda juga harus mengandalkan orang yang sudah profesional untuk mengatur router Anda. Agar tidak merugi, tetapkan kata sandi, batasi waktu penggunaan internet, dan pertimbangkan bandwidth yang dibutuhkan restoran Anda. Jika Anda bisa memaksimalkan kehadiran internet, restoran Anda akan menjadi tempat hangout bagi banyak pelanggan dari berbagai kalangan.

Photo source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble