Foodies Guide To F&B Industry

Pilihan Warna untuk Interior Restoran Anda

March 11, 20196 min readReviews

Pilihan warna yang Anda gunakan untuk mendekorasi restoran Anda memiliki pengaruh yang besar ke pelanggan Anda, menentukan berapa lama mereka akan menghabiskan waktu di restoran Anda, dan juga mempengaruhi perasaan para pelanggan.

Warna dapat membuat pelanggan lebih happy, mendorong selera makan mereka, meningkatkan table turnover di restoran, dan membuat area restoran Anda tampak lebih luas. Namun di sisi lain, pilihan warna di restoran Anda juga bisa menghasilkan efek yang negatif. Jadi sangatlah penting untuk mengerti pilihan warna seperti apa yang cocok untuk interior restoran Anda. Sebelum menentukan pilihan warna, ada baiknya jika Anda belajar mengenai psikologi warna berikut ini.

Psikologi Warna bagi Manusia

pilihan-warna-02

Berbagai pilihan warna dapat mempengaruhi pelanggan dengan cara yang berbeda-beda. Warna dapat menjadi alat untuk menentukan perilaku pelanggan di restoran Anda. Anda tidak bisa sembarangan begitu saja menentukan warna untuk interior restoran. Berikut penjelasan singkat mengenai pengaruh warna-warna tertentu bagi manusia.

 

1. Merah

pilihan-warna-03

Merah akan meningkatkan detak jantung pelanggan dan membuat mereka lapar. Pilihan warna merah juga akan membuat para pelanggan makan lebih cepat dan segera meninggalkan restoran yang tentunya sangat berguna untuk memaksimalkan table turnover di restoran Anda.

Cocok untuk: Restoran cepat saji, restoran fast casual, atau restoran yang ingin memiliki table turnover yang tinggi.

2. Orange

pilihan-warna-04

Orange membuat pelanggan senang dan bahagia. Ini sangat cocok untuk restoran yang menyajikan dessert atau makanan yang kurang sehat karena pilihan warna ini membuat para pelanggan merasa puas dan tidak merasa berdosa jika mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Cocok untuk: Restoran cepat saji, toko ice cream, atau tempat makan casual lainnya.

3. Kuning

pilihan-warna-05

Warna kuning yang cerah juga akan memberi dampak yang sama seperti warna orange. Warna ini akan membuat pelanggan lebih happy dan puas. Umumnya, warna kuning menghasilkan perasaan yang ceria dan menarik, jadi warna ini kurang tepat untuk restoran yang ingin menciptakan suasana yang tenang.

Cocok untuk: Restoran fast casual, restoran etnik, bistro, cafe.

4. Hijau

pilihan-warna-06

Warna yang earthy, seperti hijau akan memberikan efek yang santai dan menenangkan. Warna hijau umumnya ditemukan di alam, ini sangat cocok untuk restoran yang menawarkan makanan sehat dan alami.

Cocok untuk: Restoran makanan sehat, salad bars, restoran vegetarian dan vegan.

5. Cokelat

pilihan-warna-07

Cokelat juga merupakan pilihan warna yang earthy yang akan membantu para pelanggan merasa lebih tenang dan merasa nyaman. Ini juga memberikan perasaan di-support dan kestabilan untuk pelanggan. Bahkan, warna ini dapat membuat pelanggan untuk berkunjung kembali.

Cocok untuk: Coffee shop, bistro, restoran kontemporer, dan bar.

6. Biru

pilihan-warna-08

Biru merupakan warna yang harus dihindari oleh restoran. Warna biru tidak dapat ditemukan secara alami dalam bahan makanan sehingga akan membuat pelanggan kehilangan selera makan. Jika Anda memilih warna biru untuk interior restoran Anda, warna itu akan terpancar dalam makanan yang dimakan para pelanggan dan membuat mereka kehilangan selera makan. Meskipun warna biru menghilangkan selera makan pelanggan, warna ini membuat pelanggan haus.

Cocok untuk: Bar, cafe, nightclub, coffee shop, restoran yang berada di tepi laut.

7. Putih

pilihan-warna-09

Warna putih membuat ruangan di restoran Anda tampak santai dan luas. Pilihan warna putih juga akan membuat restoran Anda terlihat lebih bersih. Namun, jika warna putih mendominasi interior restoran Anda, ruangannya akan terlihat steril.

Cocok untuk: Restoran kecil, bistro yang kecil, restoran kelas atas, banquet halls, wedding venue.

8. Hitam

pilihan-warna-010

Anda bisa menggunakan warna hitam untuk menonjolkan warna lain di restoran Anda menjadi lebih cerah. Tapi jika terlalu banyak warna hitam di restoran Anda, ini akan membuat ruangan terlihat sempit dan gelap.

Cocok untuk: Nightclubs, bar, dan restoran kontemporer.

Pilihan Warna pada Menu Makanan

pilihan-warna-011

Interior restoran bukanlah satu-satunya aspek di mana Anda harus memperhatikan pilihan warna, warna pada menu makanan juga dapat mempengaruhi pelanggan. Jadi pastikan saat Anda menciptakan menu untuk restoran, Anda harus tahu warna apa yang Anda gunakan dan bagaimana pengaruh warna tersebut pada selera makan pelanggan. Saat memilih warna untuk menu, aturan tidak berbeda seperti memilih warna untuk interior restoran. Hindari penggunaan warna biru dan ungu, sebaliknya gunakan warna cerah seperti merah dan orange.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana setiap warna pada menu berinteraksi satu sama lain. Pastikan warna-warna tersebut tidak saling berbenturan. Misalnya, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan warna cerah pada makanan Anda jika interior restoran Anda lebih banyak menggunakan warna yang earthy, seperti cokelat dan hijau tua.

5 Ide Skema Warna untuk Restoran Anda

pilihan-warna-012

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tahu bagaimana pilihan warna dapat mempengaruhi pelanggan. Untuk itulah, Anda perlu belajar skema warna agar pilihan warna-warna yang Anda sukai bisa bekerja sama menghasilkan efek yang Anda inginkan. Berikut ini, kami membuat beberapa ide tentang skema warna yang sekiranya cocok untuk interior restoran Anda.

1. Light Color Scheme

Warna: Ivory, beige, white, pale yellow, light gray

Skema warna yang terang sering digunakan untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih luas. Selain itu, warna-warna terang juga memberikan efek santai. Ini cocok untuk restoran kelas atas atau bistro. Namun karena efek santai yang ditimbulkan, skema warna ini tidak cocok untuk restoran yang mengharapkan table turnover y ang tinggi.

2. Dark Color Scheme

Warna: Crimson, brown, purple, navy, dark green

Skema warna yang gelap dapat menciptakan perasaan yang intim dan romantis. Ini sangat cocok untuk bar, restoran yang trendy, atau bistro romantis. Namun, jika Anda terlalu banyak menggunakan warna yang gelap, ini akan membuat restoran Anda tampak sempit dan sesak.

3. Warm Color Scheme

Warna: Yellow, terracotta, orange, red, gold

Warna yang hangat sangatlah menarik, memberi efek ceria, dan stimulasi visual untuk pelanggan Anda. Namun, karena warna-warna ini tampak sangat cerah, kadang bisa menimbulkan efek yang menjengkelkan jika dinikmati terlalu lama. Ini akan membantu untuk meningkatkan table turnover di restoran Anda, sehingga cocok untuk restoran cepat saji, buffets, dan restoran casual. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan menggunakan skema warna yang cerah karena bisa sangat melelahkan untuk para pelanggan yang melihat dan merasakannya.

4. Earthy Color Scheme

Warna: Brown, olive green, beige, umber, dark orange

Skema warna ini mencerminkan warna-warna yang sering kita temui di alam. Warna yang earthy sangat cocok untuk restoran yang ingin menawarkan suasana yang relax dan ramah. Skema warna ini juga semakin populer belakangan ini, sehingga sering ditemukan di restoran-restoran terndy. Selain itu, skema warna ini juga mengandung warna hijau dan coklat yang cocok untuk restoran makanan sehat.

5. Pastel Color Scheme

Warna: Sky blue, pink, light yellow, lavender, pale green

Skema warna pastel sangat lembut dan ringan sehingga cocok untuk dijadikan warna interior di bistro, cafe, dan tempat makan casual. Tone warnanya yang netral membuat skema warna ini cocok digunakan untuk berbagai jenis dekorasi. Skema warna ini sangat populer di tahun 1980an dan belakangan ini semakin banyak diminati oleh banyak pemilik restoran.

Menentukan pilihan warna untuk restoran Anda sangatlah penting karena dapat memberi efek buat pelanggan Anda. Pastikan warna yang Anda pilih sesuai dengan konsep dan tujuan restoran Anda.

Photo source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble