Foodies Guide To F&B Industry

Ragam Jajanan Street Food untuk Menu Diet Sehat

August 8, 20196 min readHealthy Foodie

Hunting makanan kaki lima pasti sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Harga yang murah, rasanya yang enak, dan porsinya yang banyak sering menjadi alasan kenapa orang hobi jajan di kaki lima. Tapi bisakah hobi ini terus kita lakukan saat sedang menjalani program menu diet sehat?

Memang sebagian besar makanan kaki lima mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Apalagi yang bentuknya berupa gorengan. Buat yang lagi diet pasti secara otomatis menghindari jajanan kaki lima.

Namun, kalau kita banyak akal, makanan kaki lima yang sering dicap sebagai makanan tidak sehat bisa menjadi pilihan sempurna untuk menu diet sehat lho. Nggak percaya? Baca yuk beberapa pilihan street food yang akan mendukung program diet kita.

1. Gado Gado

01 - @dapoersikoko

Photo source: @dapoersikoko

Kalau di mall kita sering menemukan outlet penjual salad sayuran, kamu bisa mencari pengganti menu diet sehat tersebut dengan versi yang jauh lebih murah di kaki lima. Carilah pedagang gado-gado untuk menemukan salad sayuran khas Indonesia.

Gado-gado biasanya terdiri dari irisan telur rebus, timun, tahu goreng, tauge, kol, kentang, daun selada, dan wortel rebus. Kalau dilihat dari komposisinya, tidak jauh beda bukan dengan salad mahal yang ada di mall? Yang membuat gado-gado menjadi tidak sehat adalah bumbu kacangnya.

Bumbu kacang sebagai saus pendamping gado-gado mengandung kalori yang sangat tinggi karena kacang melalu proses penggorengan. Kerupuk, lontong, dan nasi juga menjadi penyumbang kalori yang tidak kita butuhkan.

Jadi kalau mau sehat dengan menu diet sehat ini, kita harus pintar menahan diri untuk menyantap gado-gado tanpa bumbu kacang, kerupuk, nasi, atau lontong.

 

2. Rujak Buah

02 - @kulinerjogja

Photo source: @kulinerjogja

Orang yang lagi diet tentu lebih memilih buah sebagai camilan, bukan? Tak perlu repot-repot ke supermarket atau pasar untuk mencari buah segar. Melipirlah ke pedagang rujak yang biasanya sering ditemukan di kaki lima.

Biasanya ada beberapa buah yang tak pernah absen dalam seporsi rujak. Pertama ada bengkuang dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nanas yang penuh serat, mangga, jambu air, kedondong, dan pepaya. Buah-buah tersebut penuh vitamin dan serat yang kita butuhkan selama diet.

Yang terpenting, jangan nodai kandungan nutrisi tersebut dengan sambal kacang yang biasanya disiram ke atas rujak. Santaplah rujak dengan tampilan polos tanpa saus kacang. Niscaya, makanan kaki lima ini dapat menjadi menu diet sehat andalan kita setiap hari.

 

3. Asinan Betawi

03 - @icha.irawan

Photo source: @icha.irawan

Asinan betawi menjadi salah satu kuliner kaki lima primadona di Jakarta. Siapa sangka kalau jajanan ini cocok untuk kita sedang diet lho.

Seperti yang kita tahu, asinan betawi didominasi oleh sayuran, seperti sawi, kembang kol, taoge, selada, tahu putih, dan kacang tanah goreng. Agar lebih sehat, kita perlu mengeliminasi bahan-bahan utama di asinan betawi.

Sebisa mungkin hindari atau kurangi bumbu kacang yang menjadi pelengkapnya. Begitu juga dengan kerupuk kuning yang sering menjadi ikon asinan betawi, kita perlu menolak godaan tersebut agar tak terjebak dalam kalori yang tidak sehat. Memang sepertinya asinan betawi kurang lengkap tanpa itu semua, tapi kalau hal tersebut bisa membuat kita lebih sehat, kenapa tidak?

 

4. Sop Buah

04 - @kuatjajan

Photo source: @kuatjajan

Di siang yang sangat terik, paling enak makan sop buah. Tidak terlalu sulit untuk menemukan sop buah di Jakarta. Jajanan kaki lima ini juga cocok menjadi menu diet sehat untuk para pelaku diet.

Pada umumnya, sop buah terdiri dari buah-buahan seperti buah naga, mangga, alpukat, apel, anggur, pear, melon, dan blewah. Terbayang kan nutrisi dan vitamin yang akan kita dapatkan saat menyantap satu mangkuk sop buah?

Namun, sayangnya sop buah selalu disajikan dengan siraman susu kental manis, gula cair, dan kolang kaling. Nah, bahan-bahan tersebutlah yang perlu kita minimalisir jumlahnya agar sop buah bisa menjadi menu diet sehat yang perfect.

 

5. Karedok

05 - @nyamfoodies

Photo source: @nyamfoodies.

Kalau orang betawi punya gado-gado, orang sunda punya salad sayuran bernama karedok. Jenis sayuran yang digunakan tidak jauh berbeda, ada mentimun, taoge, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Yang membuat karedok berbeda, sayuran yang menjadi bahan utama menu ini disajikan dalam keadaan mentah, tidak direbus seperti gado-gado.

Karedok bisa menjadi menu diet sehat untuk kita, asalkan kita tidak memakannya dengan bumbu kacang kental dan kerupuk yang penuh kalori.

 

6. Urap

06 - @windy_kho

Photo source: @windy_kho

Satu lagi salad khas Indonesia yang murah meriah, sehat, dan tidak kalah enak dari gado-gado dan karedok, yaitu urap. Menu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Tidak ada bahan yang digoreng di dalam urap, semuanya terdiri dari sayuran, seperti taoge, bayam, kangkung, kubis, kacang panjang, daun singkong, dan pepaya muda.

Enaknya lagi, urap ini tidak diberi saus kacang sebagai bumbu pendamping, melainkan parutan kelapa yang diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, gula jawa, dan garam. Itu artinya, kita bisa menyantap urat dalam versi utuh tanpa harus mengurangi bahan apapun agar bisa menjadi menu diet sehat kita.

 

7. Jagung Rebus

07 - @semarangfoodmatters

Photo source: @semarangfoodmatters

Di beberapa tempat di Jakarta, kalian pasti pernah melihat gerobak dengan panci besar yang di dalamnya terdapat tumpukan jagung rebus. Kalau tidak ada penjual jagung tradisional seperti itu, kalian mungkin pernah menemukan penjual jagung susu keju, bukan? Jangan ragu untuk membeli jagung rebus tersebut, tentu tanpa tambahan keju dan susu kental manis, ya.

Jagung, khususnya yang dimasak dengan cara direbus, dipercaya bisa menjadi menu diet sehat sehari-hari. Jagung sering digunakan sebagai pengganti nasi. Makanan dianggap lebih sehat karena juga mengandung serta dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi.

8. Kacang Rebus

08 - @jmeriana

Photo source: @jmeriana

Selain jagung rebus, ada pula kacang rebus yang bernutrisi untuk kita yang sedang diet. Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, lemak tak jenu, serta tinggi anti oksidan.

Jika kita rutin mengonsumsi kacang tanah, goal untuk menurunkan berat badan bisa tercapai. Hal ini karena kacang tanah bisa membuat kita merasa cepat kenyang dan tidak berminat untuk mengonsumsi makanan lain.

Namun, tentu ada syaratnya jika mau menjadikan kacang tanah sebagai menu diet sehat. Kita harus memastikan, kacang tanah yang kita makan diolah dengan cara direbus dan batasi porsi yang mau kita makan agar jumlahnya tidak berlebihan.

 

9. Siomay

09 - @masakjajan

Photo source:@masakjajan

Siapa coba yang tidak suka siomay Bandung? Jajanan yang mudah banget ditemukan di kaki lima ini bisa jadi menu diet sehat kita lho.

Memang siomay terbuat dari tepung, tapi karena cara pemasakannya adalah dengan di kukus, kalori di dalamnya sangat rendah. Kandungan ikan pada siomay juga menambah nilai gizi jajanan kaki lima ini.

Belum lagi ada menu pelengkap lain yang biasanya mendampingi siomay, seperti telur rebus, tahu rebus, kentang rebus, kol rebus, dan pare. Itu semua sangat bernutrisi dan baik untuk tubuh.

Yang perlu dihindari saat lagi diet adalah saus kacangnya. Sebisa mungkin konsumsilah siomay dalam bentuk yang polos tanpa saus kacang.

Banyak sekali bukan pilihan jajanan kaki lima yang bisa menjadi menu diet sehat? Jadi jangan terus menunda program dietmu. Mulailah sekarang karena makanan untuk diet sangat mudah didapatkan di sekitar kita.

Related Articles

Connect with Nibble