Foodies Guide To F&B Industry

Rasakan Kelezatan 7 Gulai di Jakarta Paling Terkenal Ini!

February 10, 20175 min readTips & Tricks

Memang susah menolak kenikmatan masakan bersantan, seperti Gulai di Jakarta. Meski tidak baik kalau dimakan terlalu sering, sesekali nggak ada salahnya mencicipi Gulai di Jakarta yang enak-enak. Masakan berkuah kemerahan, pekat, dan kental ini berasal dari Minangkabau yang akhirnya juga populer di Pulau Jawa.

Kalau ditilik lebih dalam lagi, Gulai merupakan makanan yang sedikit banyak dipengaruhi oleh Kari India. Tak heran, kalau jenis bumbu yang digunakan dan rasa yang dihasilkan hampir sama. Untuk kamu para penggemar Gulai di Jakarta, pastikan 7 tempat berikut ini menjadi langgananmu setiap ingin menyantap Gulai ya!

1. Le Gule

gulai-di-jakarta-02

Photo source: @jwestbros

Di Le Gule, kamu tidak hanya akan menemukan Gulai Daging Sapi saja, ada Gulai Ayam juga yang akan memuaskan seleramu. Kuah Gulai di Jakarta yang ada di sini cukup kental dan pastinya gurih sekali. Kalau kamu memilih Gulai Ayam, kamu akan dimanjakan dengan potongan dada dan paha yang super empuk. Gulai Sapinya pun tak kalah menarik. Teksturnya empuk dan juicynya daging tetap terasa. Akan semakin nikmat jika dimakan pakai kerupuk, perkedel, dan sambal super pedas.

Lokasi:

Le Gule

Jl. Taman Daan Mogot 8 No. 22, Grogol, Jakarta. Telp. 0899-8875-602.

2. Gulai Tikungan Blok M

gulai-di-jakarta-03

Photo source: @filipusverdi

Yang suka berpetualang mencari makanan kaki lima enak di Jakarta pasti tahu tempat ini. Gulai Tikungan Blok M sangat legendaris, sudah ada sejak belasan tahun yang lalu dan masih tetap eksis sampai sekarang. Makan satu piring di sini tidak akan cukup untuk mengenyangkan perut karena porsinya sedikit. Paling tidak harus tambah 2 sampai 3 porsi lagi. Tapi tak usah khawatir, harga Gulai di Jakarta ini sangat terjangkau, tidak lebih dari 20 ribu. Meski murah, cita rasanya boleh diadu dengan restoran ternama. Ada Gulai Kambing dan Sapi yang bisa dipilih. Rasanya sama-sama lezat, dagingnya empuk sekali, dan kuahnya itu langsung meresap ke nasi.

Lokasi:

Gulai Tikungan Blok M

Jl. Mahakam, Bundaran Blok M Plaza, Blok M, Jakarta.

3. Suntiang

gulai-di-jakarta-04

Photo source: @_suntiang_

Pecinta makanan Padang tentu tak asing lagi dengan restoran Padang di Jakarta yang satu ini. Suntiang cukup nyentrik karena mereka berinovasi menggabungkan makanan khas Minang dengan makanan Jepang. Hasilnya sudah pasti unik dan tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Kamu harus mencoba Gulai Ramen di sini. Bayangkan semangkuk kuah Gulai khas Padang diisi dengan mie ramen, katsu, tamago, dan seaweed. Uniknya bukan main! Kuah kaldunya sangat mantap dan strong di lidah, mie ramennya kenyal, dan katsunya membuat hidangan Gulai di Jakarta ini makin spesial.

Lokasi:

Suntiang

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580448.

4. Pagi Sore

gulai-di-jakarta-05

Photo source: @muliaaris

Siapa coba yang tak kenal Rumah Makan Padang Pagi Sore? Saat makan di sini, kamu akan dilayani seperti raja. Berbagai menu khas Padang akan langsung disajikan di mejamu dan kamu bisa memilih sesukamu. Yang tidak boleh dilewatkan tentu saja Gulai Kepala Ikan. Warnanya yang kuning cerah pasti langsung menarik perhatianmu. Bumbu Gulai di Jakarta ini begitu meresap ke dalam kepala ikan serta daging-dagingnya. Kuahnya sangat kental dan terasa segar. Santaplah bersama sayur daun singkong untuk kenikmatan yang maksimal.

Lokasi:

Pagi Sore

Jl. Cipete 2 No. 1, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 7667000.

5. RM Sepakat

gulai-di-jakarta-06

Photo source: jitunews

Tidak banyak orang yang tahu Gulai Gajebo asal Minang karena menu ini jarang sekali ditemukan di Jakarta. Buat yang belum tahu, Gulai Gajebo biasanya terdiri dari daging sapi bagian punuk yang punya tumpukan lemak super tebal di dagingnya. Berbeda dengan Gulai di Jakarta lainnya, Gulai Gajebo tidak dihidangkan dengan kuah santan yang pekat, melainkan bersama kuah asam padeh yang berwarna merah. Jika ingin mencobanya, kamu bisa ke RM Sepakat di Mayestik. Gulai Gajebo di sana sangat autentik dan gurih. Meski banyak lemaknya, teksturnya tidak kenyal, tapi lumer di mulut dan semakin lengkap dengan sentuhan rasa pedas yang menempel di lidah.

Lokasi:

RM Sepakat

Pasar Mayestik, Lantai Basement, Jl. Tebah, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 29395103.

6. Sate Palmerah Kim Tek

gulai-di-jakarta-07

Photo source: @limitedsky

Menu yang laris di Sate Palmerah Kim Tek bukan hanya Sate Kambing saja, tapi juga menu Gulainya. Gulai Kambing di sini patut dapat acungan dua jempol. Daging kambingnya tidak bau prengus, kuahnya pun juga tidak mengecewakan. Buat yang tidak terlalu suka kuah Gulai di Jakarta yang kental, pasti puas makan di sini karena kuahnya tidak terlalu kental. Dan yang terpenting, isi Gulainya banyak!

Lokasi:

Sate Palmerah Kim Tek

Jl. Panjang Pos Pengumben No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta. Telp. (021) 53678354.

7. Sari Indah

gulai-di-jakarta-08

Photo source: @pakindro

Kalau di atas kita sudah membahas tempat makan Gulai Kambing, Gulai Sapi, Gulai Fusion, bahkan Gulai Gajebo di Jakarta, kini saatnya membocorkan tempat untuk menyantap Gulai Ayam paling juara se-Jakarta. Lokasinya ada di Sari Indah yang berada di Woltermonginsidi dan Bintaro. Bumbu Gulai Ayam di sini sangat enak, kekentalan santannya sangat pas dan nggak bikin eneg. Meski di sini ada berbagai macam Gulai, seperti Gulai Ayam, Gulai Otak, atau Gulai Tanjung, tapi setiap kuah punya rasa yang berbeda, itulah yang bikin Sari Indah disukai banyak orang.

Lokasi:

Sari Indah

Jl. Wolter Monginsidi No. 42 - 44, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 72780000.

Sudah siap berburu Gulai di Jakarta yang enak-enak? Jangan lupa untuk menulis ulasan Gulai favoritmu di Nibble ya. Untuk yang belum tahu Nibble, kamu bisa klik di sini.

Cover photo source: @eatandcapture

Related Articles

Connect with Nibble