Foodies Guide To F&B Industry

Rasakan Sajian Restoran Gastronomi di Jakarta yang Futuristik

December 23, 20165 min readFoodie Trends

Kamu pasti udah pernah denger istilah molecular gastronomy kan? Meski restoran gastronomi di Jakarta masih bisa dihitung pakai jari, sajian aneh yang futuristik khas molecular gastronomy sukses mencuri perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, penampilan makanan yang kamu lihat di restoran gastronomi itu sama sekali tidak mencerminkan rasanya. Itu semua bisa terjadi karena seorang chef molecular gastronomer tidak hanya menggunakan bahan makanan saja untuk membuat suatu menu, tapi juga melibatkan berbagai unsur senyawa kimia dan fisika.

Setiap menu ciptaan mereka pasti akan membuat kamu terkejut dan kaget. Karena inovasi baru di bidang kuliner ini jelas menghasilkan menu yang beda dari yang lain. Bener-bener unik, futuristik, dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Memang, harga makanan di restoran gastronomi di Jakarta di atas rata-rata, tapi itu sepadan banget dengan sajian yang akan kamu nikmati. Buat yang penasaran sama makanan-makanan fantastis ala molekular gastronomi, kamu bisa coba datengin 4 restoran berikut ini!

1. Namaaz Dining

restoran-gastronomi-jakarta-02

Photo source: @nutellamilkshake__

restoran-gastronomi-jakarta-03

Photo source: @hungrybird

Namaaz Dining di Senopati bisa dibilang adalah restoran gastronomi di Jakarta yang pertama. Restoran yang digawangi oleh Chef Adrian Ishak ini menghadirkan masakan asli Indonesia yang disajikan dengan bentuk yang unik dan futuristik. Kalau mau makan di sini, kamu harus reserve dari jauh-jauh hari lewat websitenya, terlebih saat weekend. Untuk menikmati satu set menu yang biasanya terdiri dari lebih dari 10 jenis makanan, kamu harus merogoh kocek sebesar 1.250.000. Makanan yang disediakan Namaaz itu bergantung pada tema yang selalu berubah setiap 6 bulan sekali.

Jangan kaget saat makan di sini kamu disajikan selembar kertas, sebatang pensil, dan rautan. Itu jelas bukan buat menulis, tapi merupakan bagian dari set menu yang ada. Saat disantap, ternyata gabungan benda-benda tersebut terasa seperti Opor Ayam yang lezat sekali. Ada lagi sajian telur setengah matang yang saat dibelah bagian tengahnya, keluar cairan kuning seperti kuning telur. Tapi begitu dicicipi, rasanya itu seperti Kari Ayam. Untuk menyantap semua hidangan di Namaaz ini kamu akan memerlukan waktu rata-rata 2-3 jam. Yang jelas, banyaknya waktu dan biaya yang kamu keluarkan, itu semua worth it untuk menikmati pengalaman makan yang tak terlupakan seperti ini!

Lokasi:

Namaaz Dining

Jl. Gunawarman No. 42, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 33061000.

2. Negev

restoran-gastronomi-jakarta-04

Photo source: @culinarybonanza

restoran-gastronomi-jakarta-05

Photo source: JKTGO

Perpaduan kuliner, seni, wine, dan music di Negev pasti akan bikin kamu jatuh hati. Sensasi makan di Negev itu seperti sedan makan di dalam art gallery. Interiornya dipenuhi dengan barang-barang seni yang cantik dan didominasi oleh elemen pasir di relief dindingnya. Makanan yang disajikan di Negev pun penuh dengan unsur seni yang sangat rupawan.

Lihat saja foto Finale Dessert yang penuh warna dan nyeni itu. Menu ini jadi incaran semu orang yang makan di restoran gastronomi di Jakarta ini. Kalau pesan ini, kamu bisa menikmati detik-detik bagaimana chef menyiapkan dessert yang dibentuk sedemikian rupa menjadi edible art yang menakjubkan. Kamu nggak akan mengyangka kalau “art” ini dibuat dari macarons, gelatin, jelly, nuts, cubed cakes, truffles, dan bahkan ada bunga morning glory yang bisa dimakan. Nggak cuma dessertnya aja yang bikin tercengang, kamu juga akan menemukan Black Pearl Soup in a Bottle yang terdiri dari kaldu yang begitu harum, bermacam sayuran, fresh cream, dan tinta cumi.

Lokasi:

Negev

Wisma Mulia City Plaza, Lantai Ground, Jl. Gatot Subroto, Gatot Subroto, Jakarta. Telp. (021) 52971333.

3. Nusa Indonesian Gastronomy

restoran-gastronomi-jakarta-06

Photo source: @nusagastronomy

restoran-gastronomi-jakarta-07

Photo source: @nusagastronomy

Kalau bosan fine dining dengan makanan Western atau Jepang, sesekali pilihlah masakan Indonesia untuk dinner romantis mu. Tapi jangan makanan Indonesia yang biasa, pilihlan menu dengan sentuhan molecular gastronomi seperti yang ada di Nusa Indonesian Gastronomy. Di sini kamu bisa pilih 3 atau 5 course set yang harganya mulai dari 350 ribu. Di awal sesi makan aja kamu sudah dikagetkan dengan segelas wine yang ternyata adalah Wedang Secang rasa jahe yang begitu menghangatkan dan menyegarkan tenggorokan.

Semua platting makanan di restoran gastronomi di Jakarta ini rapi dan bagus sekali, bahkan mungkin kamu akan merasa sayang buat memakannya. Salah satu yang terbaik adalah Ayam Lempah Kulat Pelawan. Jamur Pelawan yang ada di menu ini ibaratnya truffle-nya Indonesia. Jamur ini unik sekali karena hanya tumbuh saat hujan dan petir saja. Rasanya beda tipis sama truffle, enak sekali! Sedangkan Klepon di Nusa juga banyak dibicarakan orang-orang berkat presentasinya yang lucu. Bentuknya bulat, dan saat dibelah dan di makan, gula merahnya meluber dan pecah di mulut! Klepon ini disajikan dengan coconut gelato, saus pasta rasa nangka dan sorghum sponge cake yang bentuknya seperti buih sabun.

Lokasi:

Nusa Indonesian Gastronomy

Jl. Kemang Raya No. 81, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7193954.

4. Ron's Laboratory

restoran-gastronomi-jakarta-08

Photo source: @feast.it

Beda lagi dengan makanan yang ada di Ron’s Laboratory. Restoran gastronomi di Jakarta dengan konsep ice cream cafe ini memanfaatkan nitrogen cair yang penuh dengan kepulan asap untuk membuat es krim spesialnya. Pilihan rasa gelato di sini ada banyak banget, bahkan di setiap bulannya mereka mengeluarkan menu baru yang wajib di coba. Dark Vader harus kamu cobain! Es krim ini berwarna coklat gelap dan terasa pahit-pahit manis. Biar makin mantap, kamu bisa menambahkan topping injection coklat yang bentuknya seperti suntikan dengan cairan coklat yang meleleh-leleh.

Lokasi:

Ron's Laboratory

- Grand Indonesia Mall, Lantai 5, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 98782192.

- [email protected] City, Lantai 2, Eat & Eat, Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 1, Jatinegara, Jakarta.

- Pondok Indah Mall 1, Lantai 2, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta.

Nggak nyangka banget ya ada restoran gastronomi di Jakarta yang punya menu spektakuler kayak begitu! Ayo nabung biar bisa ngerasain pengalaman dining yang unik dan nggak bisa dilupakan di tempat-tempat tersebut. Buat kalian yang udah coba, gimana menurut kamu makanan-makanannya? Ceritakan yuk di Nibble! Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: splice

Related Articles

Connect with Nibble