Foodies Guide To F&B Industry

Setelah Tahu 5 Foodcourt Gaul di Jakarta Ini, Masih Berani Bilang Foodcourt Membosankan?

March 7, 20166 min readFoodie Trends

Photo source: Instagram.com/kelasi_id

Tempat hangout yang seru itu harus punya makanan-makanan enak dan tempat yang unik, setuju? Nah, salah satu konsep tempat makan yang lagi digandrungi anak gaul Jakarta adalah foodcourt. Konsep foodcourt emang cocok banget dijadikan destinasi kuliner saat kamu lagi hangout rame-rame bareng temenmu. Setiap orang pasti punya selera dan kesukaan yang berbeda kan? Daripada bingung-bingung mau makan di mana, langsung aja ke foodcourt karena di sana ada banyak banget pilihan makanan dalam satu tempat. Di Jakarta ternyata ada beberapa foodcourt gaul yang wajib banget kamu datengin kala weekend tiba lho. Di mana aja itu? Ini dia list-nya!

1. Seven8Nine Food Centre

Photo source: myfunfoodiary.com

Photo source: anakjajan.com

Yang tiap hari ngelewatin Jl. Panjang pasti tahu dong sama foodcourt yang satu ini? Seven8Nine yang baru dibuka tahun lalu ini emang gampang banget ditemuin karena punya signboard super besar yang menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Nggak cuma tempatnya yang super luas, area parkirnya pun juga. Jadi kamu nggak perlu pusing nyari parkir kalo mau kongkow di sini. Pembayaran di sini pakai sistem deposit. Kamu bisa mendepositkan sejumlah uang tertentu dan selanjutnya kamu akan dapat kartu yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran di setiap stall. Saat kamu pulang nanti, sisa deposit bisa di refund kok. Tenant yang ada di Seven8Nine banyak banget lho, ada 22! Menunya bergama, mulai dari Chinese, Japanese, Western, Thailand, dan Indonesian cuisine ada semua. Terus apa nih yang paling recommended? Banyak banget! Kalau suka Thai cuisine, Tom Yum Seafood dari Lotus Thai Express yang rasanya super tasty dan segar harus kamu cobain. Penggemar Kwetiau, bisa cobain Kwetiau A-Chai yang udah populer banget di Daan Mogot. Yang lagi ngidam hotdog, The Black Dog Beef andalan GeorgPeck Cafe harus jadi pilihanmu. Sampai Sate Babi dari Bakut Mumu yang terkenal banget di Serpong itu juga ada lho di Seven8Nine. Terus bagian yang paling spesial dari food court ini adalah mural art-nya yang bisa kamu pamerin di social media.

Lokasi:

Seven 8 Nine Food Centre

Jl. Panjang No. 77, Kebon Jeruk, Jakarta.

2. Southbox

Photo source: Instagram.com/deyfitria

Photo source: Instagram.com/sopdurenaddict

Kalo foodcourt yang ini sih pasti kamu udah pada tau dong, soalnya kita pernah bahas Southbox beberapa waktu yang lalu. Ini tempat emang keren banget. Udah letaknya strategis, makanan di sini juga beda banget dari yang lain. Belum lagi dekorasinya yang mengusung konsep industrialis yang lagi ngehits itu. Container-container bekas pun didayagunakan dan dicat warna warni jadi tempat stall makanan dan minuman. Kalau kamu ke sini malam hari, kadang juga ada live music yang siap meramekan acara nongkrongmu. Asik berat kan? Kalau urusan perut sih, ada banyak banget yang bisa manjain lidahmu. Rice bowl ala Timur Tengah dari The Halal’s Bro, Burger sebesar pizza dari Quebec Burger, dan mocktail ala Hawaii dari Tropicle siap mengisi perutmu. Dijamin puas deh makan di Southbox!

Lokasi:

Southbox

Jl. Prapanca Raya No. 18, Dharmawangsa, Jakarta.

3. Food Fighters

Photo source: Instagram.com/reynaldirareroo

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Daerah Melawai ternyata nggak cuma terkenal dengan Little Tokyo aja. Ada sebuah foodcourt super keren yang tersembunyi di area Melawai, Food Fighters namanya. Waktu kamu masuk ke sini, kamu pasti bakal setuju kalau Food Fighters bisa dibilang sebagai versi mini-nya Pasar Santa. Berhubung ketenaran Pasar Santa sudah makin memudar, banyak tenant yang tadinya buka di sana, sekarang pindah ke Food Fighters lho. Dekorasi di Food Fighters sengaja dibikin “raw” dengan dinding semen yang unfinished berhiaskan mural-mural game pixel yang keren banget jadi background foto untuk Instagram. Di sini kamu bisa ngopi sepuasnya di Kopi Pasar, makan makanan sehat seperti Mushroom Burger dari Judas Kitchen, foto-foto dengan dessert cantik kayak Kakigori dari BEVERAGES by Food Fighters, dan menikmati waffle fusion ala Zucker Waffle. Lengkap dan keren banget kan?

Lokasi:

Food Fighter s

Jl. Melawai IV No. 7, Melawai, Jakarta.

4. Food Lab

Photo source: Instagram.com/foodlabjkt

Photo source: Instagram.com/bhasmara

Ini dia food court yang bisa bikin hati seneng seketika karena cat warna-warni banyak menghiasi furniture, dinding, dan berbagai ornamen di Food Lab. Lokasinya ada di daerah Mampang dan tempat ini selalu rame waktu weekend. Tenant-tenant di sini punya makanan yang variatif dan sangat menggoda. Sebut saja Dapur Korea yang menawarkan Bibimbap super enak, Cemil Cimol yang memberikan sensasi baru makan cimol khas Jawa Barat dengan menyediakan cimol varian rasa, seperti keju, original, dan barbeque, atau Radja Cendol yang mengandalkan Cendol dengan topping kekinian untuk memberimu kesegaran usai isi perut di Food Lab. Selain 3 tenant itu, tentunya masih banyak lagi yang mesti kamu cicipin di sini. Yang jelas, hidangan-hidangan yang ada di Food Lab itu kreatif-kreatif banget dan kamu bakal nyesel kalau nggak kulineran di sini.

Lokasi:

Food Lab

Jl. Kapten Tendean No. 41, Mampang Prapatan, Jakarta.

5. Food Container

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Photo source: myfunfoodiary.com

Foodcourt yang lokasinya di Lebak Bulus ini usianya masih baru banget karena baru buka akhir tahun lalu. Food Container, sesuai dengan namanya, dekorasi interior di food court ini mengandalkan container-container besar yang disulap sedemikian rupa jadi keren dan nyaman banget buat nongkrong-nongkrong seru di dalamnya. Total ada 24 tenants yang meramaikan Food Container ini. Jenisnya ada Japanese, Indonesia, Pasta, Coffee, bahkan Street Food asli Indonesia pun juga tersedia. Dan di sini kamu bisa nyicipin makanan super unik yang merupakan hasil perpaduan dari martabak dan pizza lho di Martabak Dunia. Nggak percaya? Coba deh pesan Martabak Bolognese, adonannya itu terbuat dari adonan martabak, tapi disajikan dengan bolognese sauce dan limpahan keju di atasnya. Rasanya lezat dan beda! Kalau pingin makan nasi-nasian, menu-menu dari Gritology wajib dicobain. Salah satu yang recommended adalah Nasi Kebuli Bakar Ternate yang mengombinasikan mid-west cuisine dan menggunakan bahan-bahan lokal yang segar-segar. Rasa pedasnya, empuknya ayam, dan cantiknya presentasi menu itu bener-bener bisa bikin kamu ketagihan! Abis makan jangan lupa dessertnya ya, Tropical Cruise yang jadi best seller di Kelasi bisa kamu pilih. Dessert ini disajikan di dalam kelapa dan isinya ada homemade coconut ice cream, sticky rice, dan peanuts. Seger!

Lokasi:

Food Container

Jl. Lebak Bulus Raya No. 30A, Lebak Bulus, Jakarta.

Nggak nyangka ya, ternyata makanan unik dan lezat bisa ditemukan di dalam food court? So buat kamu yang kehabisan ide mau ke mana weekend ini, meluncur saja langsung ke salah satu food court di atas. Jangan lupa pamer makanannya di Nibble ya! Penasaran dengan Nibble? Klik di sini aja!

Related Articles

Connect with Nibble