Foodies Guide To F&B Industry

Siapa Bilang Ibu Hamil Nggak Boleh Keluar Makan di Restoran? Ini 5 Menu Sehat Yang Bisa Kamu Pesan!

April 25, 20165 min readTips & Tricks

Boleh nggak sih ibu hamil makan di restoran? Pertanyaan itu pasti pernah terlintas kan di pikiran kamu-kamu yang mungkin sedang hamil untuk pertama kalinya? Well, meskipun ibu hamil harus memperhatikan asupan gizi dan menghindari makanan tertentu, makan di restoran sah-sah saja kok buat dilakukan. Apalagi kalau kamu lagi ngidam makanan tertentu di restoran favoritmu. Pasti kamu akan melakukan apa aja agar bisa melahap makanan tersebut. Nah, buat kamu yang doyan makan di luar saat lagi hamil, kita punya list 5 makanan restoran yang penuh gizi dan pastinya sangat bermanfaat nih buat kamu dan janinmu. Penasaran? Simak aja yuk list-nya!

1. Petite Filet and Shrimp - Ruth's Chris

Photo source: Best of Orange County

Tahu nggak, daging merah itu jadi salah satu sumber zat besi terbaik lho untuk ibu hamil. Dan ini bisa jadi excuse buat menyantap steak lezat di steakhouse Jakarta. Nah, Ruth’s Chris bisa jadi pilihan terbaikmu karena mereka punya steak dengan kualitas daging terbaik se-Jakarta. Untuk menunya, coba pesan Petite Filet and Shrimp. Porsi zat besi yang ada di sepotong Petite Filet sangat pas dan sehat untuk kamu dibandingkan dengan Rib Eye yang banyak lemak jenuhnya. Dan kamu juga bisa mendapatkan asupan protein yang tinggi dari Shrimp di menu ini. Tenang saja, shrimp mengandung low-level mercury kok, jadi aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Asupan gizi mu juga akan makin lengkap dengan side dish berupa potato dan vegetable dish. Selain itu, kamu juga bisa romantis-romantisan bareng suami lho karena suasana di Ruth’s Chris itu mewah, berkelas, dan elegan banget. Yuk ajak suami dinner di sana!

Lokasi:

Ruth's Chris

Somerset Grand Citra, Lantai Ground, Jl. Prof Dr Satrio No. 1, Karet, Jakarta. Telp. (021) 5221178.

2. Tacos Crispy - Hacienda

Photo source: Hacienda Bar and Grill

Kabar baik buat kamu yang suka makanan Mexico karena restoran Mexico di Jakarta punya beragam menu sehat untuk ibu hamil. Hacienda yang lokasinya ada di Plaza Senayan dan Pondok Indah Mall bisa jadi pilihan kamu nih karena suasananya nyaman banget. Di sini, kamu bisa order menu Taco yang berisi protein-packed beans dan grilled veggies. Taco Salad juga bisa jadi pilihan yang oke buat janinmu, apalagi kalau kamu meminta menu ini disajikan di atas lettuce daripada taco shell. Pasti akan lebih sehat! Tapi ingat ya, saat makan di restoran Mexico sebisa mungkin hindari konsumsi cheese dan sour cream yang berlebihan.

Lokasi:

Hacienda

- Plaza Senayan Arcadia, Jl. New Delhi Pintu 1 Senayan, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57901469.

- Street Gallery, Lantai 1, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 29529720.

3. Crispy Breakfast Wrap - Benedict

Photo source: @BenedictJakarta

Kamu pasti tahu dong kalau breakfast itu sesi makan paling penting dalam satu hari. Jadi kamu harus pilih menu sarapan yang penuh nutrisi, apalagi kalau kamu lagi hamil. Ngomongin breakfast menu, Benedict bisa banget kamu andalkan. Restoran di Thamrin ini punya menu Crispy Breakfast Wrap yang diisi dengan Scrambled Eggs, Zucchini, Sweet Corn, Tomato, Onions, Mexican Salsa, Yogurt dan Chipotle Sauce. Itu artinya ada protein, omega-3, dan antioksidan yang bisa kamu dapatkan dalam sepiring menu ini. Tapi, kalau makan di sini kamu harus tahan diri ya buat nggak memesan segala menu yang ada telur setengah matangnya. Meskipun penampilannya sangat menggiurkan, makanan setengah matang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Biar nggak kecewa, pesan saja segelas kopi untuk mengawali harimu. Kopi aman untuk ibu hamil kok asal tidak berlebihan.

Lokasi:

Benedict

Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23581238.

4. Pho Kampong Chicken Special - NamNam

Photo source: Les Amis Group

Salah satu godaan yang susah banget dihindari selama hamil adalah makan mie. Yup, orang Indonesia asli pasti nggak bisa kan hidup tanpa mie selama 9 bulan? Daripada merasa guilty dengan menyantap Indomie yang emang enak banget itu, coba deh ganti mie instan tersebut dengan versi yang lebih sehat seperti Pho Vietnam. Nah, salah satu tempat paling mantap untuk menyeruput Pho adalah NamNam. Kenapa? Karena pho yang ada di sini bebas MSG. Sehat banget kan? Meski tanpa MSG, Pho nya tetap enak kok karena kuah kaldu yang NamNam punya itu rasanya gurih banget! Di NamNam, Pho Kampong Chicken Special bakal cocok banget buat ibu hamil. Pho nya disajikan dengan potongan ayam kampung yang pastinya lebih bergizi daripada ayam negeri, telur ayam kampung, liver dan gizzard. Buat yang nggak suka innards, bisa request buat dihilangkan kok. Jadi buat yang ngidam mie saat hamil, langsung aja deh meluncur ke NamNam!

Lokasi:

NamNam

- Plaza Indonesia, Lantai Basement, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924255.

- Gandaria City, Lantai Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta. Telp. (021) 29236846.

- Ruko Crown Golf, Blok D No. 21 - 23, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29424884.

5. Veggie Burger – Burgreens

Photo source: The Wall Street Journal

Lagi kepengen banget makan burger waktu hamil? Jangan asal pilih burger ya, apalagi dari restoran cepat saji. Kalau mau burger yang sehat, coba deh mampir ke Burgreens. Di sini, kamu bisa makan veggie burger sepuasnya. Burger patty-nya sudah pasti tidak terbuat dari daging, tapi dari mushroom, chickpea, dan bean. Tinggal pilih aja. Istimewanya lagi, kamu bisa memilih menu lain tanpa harus takut salah pilih. Soalnya di restoran vegetarian ini, semua makan dijamin sehat dan sangat bernutrisi buat ibu hamil.

Lokasi:

Burgreens

- Organiklub, Jl. Tebet Barat Raya No. 49 C, Tebet, Jakarta. Telp. 0859-5966-2888.

- Jl. Flamboyan No. 19, Rempoa, Bintaro, Jakarta. Telp. (021) 73889164.

Terbukti kan, nggak semua makanan yang ada di restoran itu harus dihindari ibu hamil. Meski sedikit tricky saat memilih menu, makan di luar selama hamil boleh-boleh saja kok. Kalau butuh rekomendasi makanan sehat, kamu bisa cek di Nibble. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: Elena Nemtuc

Related Articles

Connect with Nibble