Foodies Guide To F&B Industry

Spot untuk Menikmati Kemewahan Afternoon Tea di Jakarta

April 16, 20186 min readTips & Tricks

Belakangan ini jamuan Afternoon Tea di Jakarta makin merebak. Kebiasaan ini berasal dari Inggris. Sayangnya banyak yang masih keliru, istilah Afternoon Tea sering disamakan dengan High Tea, padahal keduanya berbeda. Kebiasaan Afternoon Tea datang dari bangsawan Inggris yang selalu menikmati teh dengan cake dan pastry berukuran mini yang tidak mengenyangkan. Pada Afternoon Tea, semuanya serba tampil cantik, mulai dari penampilan makanannya hingga tea setnya. Semua disajikan di atas coffee table yang rendah dan ini membuat kebiasaan ini sering disebut sebagai “low tea”. Sedangkan High Tea datang dari kebiasaan pekerja buruh pabrik di Inggris yang selalu melewatkan Afternoon Tea karena harus bekerja. Mereka baru bisa menikmati Teh setelah pulang kerja sambil ditemani aneka makanan besar yang mengenyangkan. Semua itu disantap di atas meja makan atau high table. Itulah kenapa kebiasaan ini disebut High Tea. Semakin jelas perbedaannya, bukan? Kalau saat ini kamu sedang mencari tempat untuk menikmati Afternoon Tea yang serba fotogenik, kita sudah siapkan guidenya. Ayo langsung serbu tempat-tempat terbaik berikut ini.

1. TWG Tea Salon & Boutique

afternoon-tea-di-jakarta-02

Photo source: @md206

TWG Tea terkenal akan racikan Tehnya yang ciamik. Segala macam rasa teh bisa kamu temukan di sini, mulai dari teh-teh populer, sampai rasa teh yang mungkin nggak pernah kamu dengar namanya. Salah satu paket Afternoon Tea di Jakarta yang paling memuaskan di TWG adalah Weekend Brunch Degustation. Hanya dengan Rp350.000, kamu bisa menikmati 9 pilihan menu utama dan makan dessert sepuas-puasnya. Biarpun all you can eat, sajian utamanya tetap made by order, jadi kesegerannya sangat terjaga.

Lokasi:

TWG Tea Salon & Boutique

Plaza Senayan, Lantai 1, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5725276.

2. Keraton Lounge

afternoon-tea-di-jakarta-03

Photo source: @mellyshuwanty

Berlokasi di daerah Thamrin, Keraton Lounge menawarkan “Sweet Luxury High-Tea" Set yang wajib dicoba. Dalam satu set ini terdapat sajian cake cantik dan juga menu yang cukup mengenyangkan. Salah satu cake yang nggak bisa ditolak adalah Oreo Marble Cake Pops yang enak abis. Sedangkan untuk menu Afternoon Tea di Jakarta dari Keraton Lounge, terdapat pilihan TWG Tea atau bisa juga diganti kopi untuk dinikmati. Rasanya pas banget diminum sore-sore sambil ngemilin varian cake yang manis-manis.

Lokasi:

Keraton Lounge

Keraton at the Plaza, Jl. MH Thamrin Kav. 15, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 50680000.

3. Sofia at The Gunawarman

afternoon-tea-di-jakarta-04

Photo source: @chambil

Tidak hanya jadi tempat nge-Brunch, di Sofia at the Gunawarman, kamu juga bisa memesan set menu Afternoon Tea di Jakarta yang isinya sangat menarik. Golden Afternoon Tea dari Sofia at the Gunawarman bisa didapat mulai dari harga Rp275.000 untuk dua orang. Cemilan yang gurih dan manis lengkap tersaji. Ada Roast Beef, Wasabi Koji, Wood Sorrel, Mille Feuille, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk Tehnya, kamu bisa memilih antara chamomile, earl grey, atau jasmine. Bisa juga memesan Kopi kalau kamu tidak terlalu suka Teh.

Lokasi:

Sofia at The Gunawarman

The Gunawarman, Jl. Gunawarman No. 3, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 22770007.

4. Pancious

afternoon-tea-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - Foodioz

Jangan cuma pesan Pancake saja saat ke Pancious. Restoran ini juga punya pilihan Afternoon Tea di Jakarta yang tak kalah enak dari tempat lainnya. Penyajiannya unik sekali, mereka menggunakan keranjang yang di dalamnya terdapat aneka buah, pastry, makan yang manis-manis, dan yang gurih pun ada semua. Tak lupa ada satu pak tea istimewa juga untuk dinikmati. Rasanya sedap banget jadi teman buat ngobrol-ngobrol santai di sore hari.

Lokasi:

Pancious

Senayan City, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 72781459.

5. Bleu8

afternoon-tea-di-jakarta-06

Photo source: Nibble - godzillatummy

Presentasi Afternoon tea di Jakarta yang disediakan Bleu8 sungguh lain daripada yang lain. Snacknya dihidangkan dalam sangakr burung yang ditata sangat cantik. Isi makanannya sangat beragam, ada menu-menu khas Western, seperti Cheese Cake, Smoked Salmon on Bread, Caviar on Bread, Scones, Macaroon, Croissant, dan lainnya. Yang khas Indonesia pun juga ada, seperti Pastel, Serabi Solo, Tahu Isi, sampai Gado Gado. Tea Time kamu di Bleu8 makin menyenangkan karena restoran ini terletak di poolside yang cantik.

Lokasi:

Bleu8

Hotel Mulia, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 5747777.

6. Leaf Connoisseur by Tea At Al

afternoon-tea-di-jakarta-07

Photo source: @teaetal

Beranjak ke Pacific Place, kamu pasti akan bahagia untuk menghabiskan tea time di Leaf Connoisseur by Tea At Al. Pasalnya, di sini ada dua pilihan menu Afternoon Tea di Jakarta yang sama-sama menggoda, yaitu Lady Like Style dan Ritzy Style. Perbedaannya terdapat di jumlah cake dan pastry yang mendampinginya. Tak masalah mau pilih yang mana, keduanya sama-sama memuaskan. Uniknya, semua menu yang ada terbuat dari infused tea khas Tea At Al. Seperti John Lemmon Cream Cheese Pie yang diberi infused John lemmon Tea andalan mereka ke dalam Pie yang crunchy.

Lokasi:

Leaf Connoisseur by Tea At Al

Pacific Place, Lantai 1, Galeries Lafayette, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 57973422.

7. La Moda Restaurant

afternoon-tea-di-jakarta-08

Photo source: @lamodajkt

Pecinta Afternoon Tea di Jakarta wajib ke La Moda Resturant setiap hari Minggu. Restoran di Plaza Indonesia ini menawarkan Sunday High Tea all you can eat yang penuh dengan segala dessert, serta makanan yang eye catching. Semua ditata dengan sangat menarik, ukurannya bite size, dan bisa diambil sepuasnya. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merasakan sensasinya, cukup siapkan Rp.138.000 saja.

Lokasi:

La Moda Restaurant

Plaza Indonesia, Lantai 1, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29924217.

8. Eastern Opulence

afternoon-tea-di-jakarta-09

Photo source: @nibbleapp

Kehadiran Eastern Opulence beberaa waktu yang lalu sangat mencuri perhatian. Selain karena tempatnya yang elegan dan unik, restoran di Dharmawangsa ini juga berhasil menyulap makanan tradisional Indonesia menjadi makanan fine dining yang mewah, tidak terkecuali cemilannya. Cemilan tradisional disajikan dalam menu High Tea Set. Isinya beragam dan menunya Indonesia banget, mulai dari Onde Onde, Pie Susu, Pastel, Risol, dan masih banyak lagi. Asyiknya, kamu bisa mengatur isi set menu ini sesuai dengan selera kamu.

Lokasi:

Eastern Opulence

Jl. Cipaku 1 No. 85, Dharmawangsa, Jakarta 12170. Telp. (021) 27081258.

9. Fountain Lounge

afternoon-tea-di-jakarta-10

Photo source: @grandhyattjakarta

Lokasinya yang strategis di tengah kota, dan tempatnya yang nyaman membuat Fountain Lounge menjadi destinasi tepat untuk ngobrol santai dengan teman. Setiap pukul 3 sore sampai jam 8 malam, kamu bisa memesan Afternoon Tea Buffet yang harganya mulai dari Rp168.000 per orang. Afternoon Tea yang klasik dipadukan dengan beragam dessert manis dan savoury akan membuat Tea Time kamu makin tak terlupakan. Dessertnya enak-enak banget, buat sweet tooth, pasti ketagihan makan Chocolate Brownie Cup yang disajikan dengan lelehan saus coklat super yummy.

Lokasi:

Fountain Lounge

Grand Hyatt, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29921428.

Banyak sekali bukan pilihan tempat untuk menikmati Afternoon Tea di Jakarta? Kalau kamu butuh rekomendasi lebih banyak lagi, kamu bisa langsung cek ulasan foodies lainnya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @grandhyattjakarta

Related Articles

Connect with Nibble