Foodies Guide To F&B Industry

Ssttt, Ada Rekomendasi Tempat Makan Ice Cream, Gelato dan Sorbet Di Jakarta!

February 29, 20168 min readFoodie Trends

Serupa tapi tak sama, itulah es krim, gelato, dan sorbet. Tiga-tiganya sama-sama frozen dessert yang rasanya manis dan segar. Ada yang bilang kalau ketiga dessert ini adalah jenis es krim. Tapi ada juga yang menganggap kalau “gelato” sekedar nama keren buat “es krim”. Jadi sebenarnya apa sih beda dari es krim, gelato, dan sorbet? Buat yang penasaran, kita akan jelasin selengkap-lengkapnya di sini biar wawasan kamu tentang kuliner makin bertambah.

A. Ice Cream

Photo source: Instagram.com/bikingendut

Dessert yang satu ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namanya benar-benar mencerminkan asalnya karena frozen dessert ini memang dibuat dari cream. Bahan dasarnya adalah cream, susu, gula, dan kuning telur. Awalnya, bahan-bahan tersebut dicampur dan diolah bersama hingga membentuk seperti custard. Setelah didinginkan, custard diaduk lagi dengan kecepatan tinggi untuk memasukkan udara ke dalam adonan dan membuat volumenya makin mengembang. Nah, ice cream yang murah biasanya punya lebih  banyak udara di dalam adonannya. Sedangkan ice cream kelas premium lebih padat. Selanjutnya, ice cream disajikan dalam keadaan dingin agar bisa di ambil lebih mudah. Kalau kamu perhatiin, tekstur ice cream itu lembut, ringan, dan creamy banget. Buat yang nyari tempat ice cream enak di Jakarta, pastikan 3 gerai ini masuk dalam list kamu.

1. BC's Cone

Photo source: Instagram.com/mrindramulia

Ice cream parlor yang berlokasi di PIK ini menyediakan soft ice cream yang warnanya menggoda banget. Rasa soft ice creamnya bervariasi, ada Vanilla, Green Tea, Taro, Cream Soda, Strawberry Candy dan lainnya. Soft cream tersebut disajikan dalam cone yang warnanya juga bisa kamu pilih: Black Charcoal, Cream Soda atau Pink Rose cone. Bener-bener colorful kan? Selain itu ada aneka menu Parfait dan platter yang bisa kamu pilih sesuka hati. Semuanya instagenic, tapi ingat satu hal, kalau mau foto ice cream cute yang kamu pesan mesti cepat-cepat nih sebelum meleleh dan nggak bisa dimakan.

Lokasi:

BC's Cone

Ruko Crown Golf, Blok B2 No. 2, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 98871097.

2. Frozen Ben

Photo source: Instagram.com/food.serenade

Sekilas bentuknya pasti bikin kamu penasaran, ada stick panjang yang ujungnya dibalut ice cream aneka rasa. Itulah Frozen ben yang sudah punya 4 outlet yang bernuansa ke-Inggris-Inggris-an di Jakarta. Stick panjang itu ternyata berupa wafer. Wafernya ada 2 jenis nih, pertama adalah wafer coklat yang jenisnya pun bermacam-macam, ada Nudie, choco Dip, Cookies & Cream, Rainbow Sprinkles, dan Chocolate Peanut. Yang kedua adalah Big Ben Rice Wafer yang ukurannya lebih besar dan tebal dari wafer coklat yang pertama. Varian Big Ben Wafer ini ada Strawberry Yoghurt, Sweet Cheese, Cookies and Cream, dan Green Tea. Untuk rasa ice cream-nya, kamu bisa coba vanilla atau coklat.

Lokasi:

Frozen ben

- Mall Ciputra, Lantai Lower Ground, Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta.

B. Gelato

Photo source: Instagram.com/anazsiantar

Sekarang banyak pecinta kuliner yang lebih memilih gelato ketimbang ice cream karena gelato punya predikat lebih sehat. Memangnya bahan-bahan apa sih yang terkandung dalam gelato? Sebenarnya sama dengan ice cream, ada gula, cream,  susu, dan kuning telur. Tapi gelato kadang-kadang tidak mengandung telur sama sekali dan punya kandungan susu jauh lebih sedikit ketimbang ice cream. Itulah sebabnya kenapa gelato dibilang lebih sehat dan rendah lemak. Bahan-bahan delato juga dicampur dengan pengadukan berkecepatan rendah sehingga udara yang masuk ke dalam adonan tidak banyak. Hal ini membuat tekstur gelato lebih padat dari ice cream. Gelato juga disajikan dalam suhu yang lebih hangat sedikit daripada ice cream, jadi teksturnya bisa tetap lembut. Sayangnya gelato lebih cepat cair ketimbang ice cream, karena itu porsi gelato di restoran-restoran tidak sebanyak ice cream. Di Jakarta ada tempat gelato yang recommended lho, ini dia listnya:

1. Grom

Photo source: anakjajan.com

Kalau kamu penggemar gelato pasti pernah dong ke Grom? Gelato shop asal Italia ini membuka storenya di Pacific Place tahun lalu. Soal rasa dan keontetikan nggak perlu diragukan lagi. Semua gelato yang ada di Grom 100% alami, tanpa perasa, pewarna, dan bahan pengawet. Mereka menggunakan resep tradisional gelato yang diciptakan di Italia yang memakai bahan dasar susu berkualitas, cage-free eggs, dan white-cane sugar. Untuk menikmati gelato, kamu bisa pilih antara di cone atau cup, dan sizenya ada yang small, medium, large, dan extra large. Rasa gelato di sini yang paling recommended ada Pistachio dan Cioccolato. Selain itu, Grom juga punya sorbet yang 100% fat-free lho! Limone (lemon), mango, dan Fragola (strawberry) jadi favorit di sini. Gak perlu guilty deh kalau nge-dessert di Grom!

Lokasi:

Grom

Pacific Place Mall, Lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta.

2. Elicxir Gelato Artisan

Photo source: Instagram.com/shelmisetiawan

Rasain makan gelato dengan sensasi unik di Elicxir Gelato Artisan. Yang bikin unik di sini adalah pemakaian nitrogen yang bener-bener bisa mencuri perhatian banyak orang. Yup, mereka menggunakan liquid nitrogen yang bisa membekukan gelato hanya dalam waktu semenit dan menghasilkan tekstur creamy, lembut, dan sedikit udara masuk dalam adonan. Variasi rasanya pun nggak cuma coklat dan vanilla, tapi ada Chocolate Matcha, Avocado Mocha, Cereal Milk, Vanilla Raspberry, dan bahkan Egg & Caramelized Bacon. Gokil kan? Kalau kamu penasaran dengan kata “Artisan” yang ada dalam namanya, itu maksudnya adalah semua gelato yang dibikin di sini handmade dengan keahlian khusus dan jumlah yang terbatas. Nongkrong di Elicxir Gelato Artisan juga enak banget karena mereka punya side dish, seperti French Fries, Pom Pom Bomb, atau Noir Dutchess. Yummy!

Lokasi:

Elicxir Gelato Artisan

Central Park, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta.

C. Sorbet

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Lain lagi dengan sorbet karena yang satu ini terbuat dari bahan dasar buah, kadang dari jus atau pure buah yang dibekukan. Tapi ada juga yang terbuat dari bahan selain buah, seperti cocoa. Nah, juice dan pure buah tersebut dicampur dengan air, lalu diaduk dengan cara yang sama seperti ice cream. Mangkanya, teksturnya tidak jauh berbeda dari ice cream. Bedanya, sorbet itu fat-free, less calories, dan less-calcium karena tidak mengandung susu. Tapi terkadang, kandungan gula pada sorbet jauh lebih tinggi ketimbang ice cream dan gelato lho. Nyari sorbet di Jakarta nggak susah kok, datengin aja 3 tempat ini:

1. LIN Artisan Ice Cream

Photo source: myfunfoodiary.blogspot.co.id

Dengan banyaknya cafe di Jakarta yang pakai nitrogen cair untuk membuat ice cream, penasaran nggak sih siapa sebenarnya pioneer yang menggunakan teknik ini pertama kalinya di Jakarta? Jawabannya adalah LIN Artisan Ice Cream. LIN sendiri singkatan dari Liquid Nitrogen lho. Lokasinya ada di Kemang dan suasananya homey banget. Di sini, kamu nggak cuma bisa menikmati gelato, atau sorbet yang mereka sediakan, tapi juga bisa lihat cara pembuatannya langsung di depan mata. Alat-alat yang dipakai di sini futuristic banget, berasa lagi di laboratorium dan menyaksikan sebuah percobaan super keren deh kalo ke sini. Sorbet yang harus kamu cobain di LIN itu Merry Strawberry Sorbet yang penampilannya aja bisa membuat kamu ngebayangin rasa asam manis sorbet itu. Urusan perut juga LIN jagonya. Kamu bisa cobain snack-snack ala LIN seperti Prawn & Squid Balls, Chicken Nugget, Fish Nugget, atau Waffle. Lengkap banget!

Lokasi:

LIN Artisan Ice Cream

Jl. Taman Kemang 1 No. 6, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71794393.

2. Ron's Laboratory

Photo source: eatandtreats.blogspot.co.id

Ron’s Laboratory juga terkenal dengan ice cream nitrogennya nih. Sesuai dengan namanya, konsep cafe ini seperti layaknya di laboratorium, mulai dari dekorasinya sampai ke penampilan ice cream yang mereka sediakan. Di sini kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan ice cream, lengkap dengan kepulan asap yang asalnya dari nitrogen cair. Mereka punya gelato berbagai rasa dan juga pilihan kopi. Kalau soal sorbet, yang nggak boleh kamu lewatin di sini adalah Lemongrass Sorbet. Pasti kamu nggak pernah kan denger ada serai yang notabene adalah bumbu dapur dibuat menjadi sorbet atau gelato? Ron’s Laboratory berhasil melakukan percobaan dan sukses besar. Rasa ini jadi favorit banyak pengunjungnya lho! Dengan aroma yang tidak terlalu tajam, rasa asam manis, ditambah sensasi letusan dari taburan permen pop bikin kamu nggak bakal bisa ngelupain Lemongrass Sorbet di sini. Bener-bener unik dan worth to try!

Lokasi:

Ron's Laboratory

- Grand Indonesia Mall, Lantai 5, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 98782192.

- Pondok Indah Mall 1, Lantai 2, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta.

- Lippo Mall Puri @ The St. Moritz, Lantai 1, Jl. Puri Indah Boulevard Blok U No. 1, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 29111166.

- Ruko Elang Laut, Blok D No. 23, Jl. Pantai Indah Selatan, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29866546.

Nah, sudah makin jelas kan perbedaan ice cream, gelato, dan sorbet? So, setelah dilihat dari kandungan, cara pembuatan, dan rasa, mana nih yang paling kamu suka? Kita sih suka tiga-tiganya karena susah banget kan nolak dessert manis, segar, dan menggoda? Kalau kamu punya ice cream, gelato, dan sorbet favorite, share yuk di Nibble biar temen-temen kamu yang lain juga tahu. Klik di sini untuk tahu info lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: @babykartiko

Related Articles

Connect with Nibble