Foodies Guide To F&B Industry

Strategi Sukses Membuka Restoran Pizza

June 14, 20196 min readTips & Tricks

Membuka restoran pizza bisa menjadi investasi yang baik untuk siapa saja, khususnya jika nibblers mempersiapkannya dengan baik. Jika bertanya-tanya bagaimana cara membuka restoran pizza, kita harus memulainya dengan memilih resep pizza yang lezat dan menentukan jenis pizza apa yang ingin ditawarkan di restoran.

Buat nibblers yang penasaran untuk membangun kerajaan pizzanya, kami punya beberapa trik yang bisa bikin bisnis pizza kalian sukses, apa saja?

1. Ciptakan Resep Pizza Autentik

restoran-pizza-07

Dengan banyaknya restoran pizza yang ada di seluruh kota, kita harus membuat restoran yang berbeda dari yang lain. Memilih bahan-bahan yang berkualitas tinggi sangatlah penting untuk menentukan rasa pizza.

Nibblers juga dapat bereksperimen membuat berbagai topping untuk menciptakan pizza yang inovatif. Pastikan menulis resep dengan detail saat menciptakan resep pizza yang berbeda sehingga kita bisa membuat ulang resep pizza tersebut.

Sortir pula jenis-jenis pizza yang harus ditampilkan di menu. Ini akan menyempurnakan gaya pelayanan dan branding restoran. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, menentukan market, memilih staff dan menyiapkan dana yang cukup. Ini semua penting untuk eksekusi ide dalam membuka restoran pizza.

2. Brand & Style Restoran

Menghadirkan konsep dan branding yang tepat sangatlah bagus untuk restoran. Jangan lupa untuk menulis rencana bisnis, dan juga mengumpulkan dana saat mau membuka restoran pizza.

pelayan-restoran-04

Memilih Style Pelayanan Restoran Pizza

Ada beberapa style pelayanan yang umum diterapkan di restoran pizza. Keputusan yang nibblers buat bisa bergantung pada berapa modal yang ada, lokasi yang dipilih, dan visi yang ingin Anda tuju.

  • Sit-down. Restoran pizza dengan gaya pelayanan sit-down dapat melayani pelanggan dari berbagai kalangan dibanding gaya pelayanan lainnya. Konsep ini akan membantu kita untuk branding restoran serta membuat pelanggan nyaman dengan suasana di restoran.
  • Delivery. Restoran pizza yang hanya melayani delivery dapat menjadi pilihan yang nyaman untuk para pelanggan. Namun, kita memiliki risiko lebih besar terhadap keamanan pengendara yang mengantarkan pizza ke rumah pelanggan. Beban biaya pengiriman kepada pelanggan yang membuat harga Pizza menjadi lebih mahal.
  • Take-Out. Restoran pizza dengan konsep take-out adalah pilihan yang paling murah karena tidak membutuhkan banyak peralatan, ruang makan, peralatan makan, dan hal-hal lainnya. Namun ada satu kelemahan dari konsep take-out, yaitu harga menu yang tentukan menjadi satu-satunya nila jual.

Memilih Brand Restoran Pizza

Dalam memilih brand restoran pizza, nibblers harus memutuskannya berdasarkan gaya pelayanan yang dipilih. Mulai dari restoran fast casual yang ingin menarik perhatian generasi millenials atau konsep restoran sit-down yang lebih berkelas?

Selain menu yang ditawarkan, konsep brand juga menjadi faktor utama untuk mencuri perhatian pelanggan. Jadi pastikan nibblers mempertimbangkan baik-baik konsep yang akan dipilih.

3. Business Plan

menghitung-roi-05

Berikut ini adalah panduan dasar mengenai hal-hal apa saja yang harus ada di dalam business planBusiness plan sangatlah penting untuk menjalankan bisnis restoran serta mendapatkan keuntungan.

  • Executive Summary
  • Company Overview and Description
  • Market Analysis
  • Business Offerings
  • Management
  • Marketing and Public Relations Strategies
  • Financial Projection

4. Lokasi yang Tepat

jenis-pizza-09

Saat memilih lokasi untuk restoran pizza ada beberapa strategi yang bisa kita aplikasikan untuk mendapatkan lokasi terbaik seperti berikut ini:

  • Hindari kompetisi langsung dengan menjauhi restoran pizza lainya, khususnya restoran pizza franchiseyang sudah mapan.
  • Cari tempat dengan akses yang mudah. Jika memungkinkan dapatkan lokasi di jalan raya namun dengan laju kendaraan yang tidak terlalu cepat. Fasilitas parkir yang cukup juga akan memicu pelanggan untuk datang.
  • Jelajahi demografi market dan pola makan di area terpilih. Pastikan ada basis pelanggan yang akan tertarik pada konsep restoran pizza kita di lokasi tersebut.

5. Mencari Modal

Saat mencari dana untuk modal restoran, pertama-tama, kita harus menghitung berapa banyak dana yang tersedia dari kantong sendiri dan berapa banyak sisa dana yang dibutuhkan untuk membuka restoran pizza.

Menjadi sangat wajib utnuk mempertimbangkan semua kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk membuka restoran pizza setiap hari. Selanjutnya nibblers bisa memperkirakan kondisi finansial selama satu tahun ke depan.

Dengan perencanaan yang terstruktur baik jangan ragu untuk mengajukan pinjaman demi mulainya usaha restoran pizza kita.

6. The Equipment

kitchen-utensil-2462565_1280

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka restoran pizza akan bergantung pada konsep restoran yang nibblers pilih. Berikut beberapa hal penting yang perlu disediakan oleh setiap restoran pizza:

  • Lemari pendingin
  • Peralatan untuk mempersiapkan adonan, seperti dough sheeters, dough presses,dan proofing cabinets
  • Oven untuk memanggang pizza yang bisa dipilih dari conveyor ovens, impinger ovens, pizza deck ovens, convection ovensatau brick pizza oven
  • Peralatan untuk menyiapkan pizza, seperti pizza cutters, cutting boards, serving utensils,dan piring
  • Peralatan untuk menyajikan pizza, seperti pizza standsdan pizza delivery bags

7. Karyawan yang Berkualifikasi

Karyawan kita akan menjadi wajah dari restoran pizza kita, jadi pastikan mereka bisa mewakili nibblers dengan cara terbaik.

Temukan orang-orang dengan kepribadian yang hangat. Hal ini penting karena kepastian pelanggan merasa nyaman saat berinteraksi dengan karyawan adalah wajib.

Loyalitas juga merupakan aset penting untuk kelangsungan bisnis. Bangun lingkungan kekeluargaan untuk menciptakan karyawan yang akan mencintai restoran dan pekerjaannya.

Hargai mereka dengan upah yang baik dan sharing-sharing bonus dari profit bisnis.

8. Promosi

Tak kalah penting, pastikan untuk melakukan promosi ke lingkungan di sekitar restoran. Beberapa cara berikut bisa dicoba:

  • Manfaatkan social media. Buatlah akun Facebook dan Instagram untuk menarik perhatian para pelanggan dengan foto-foto makanan, ambiancedan interaksi ceria antara karyawan dan pelanggan.
  • Buat situs yang menarik. Situs website restoran harus mudah dinavigasi dan harus mewakili konsep brand. Selalu update semua informasi penting ke dalam situs, seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan menu.
  • Bergabung di dalam situs pencari restoran. Mendaftarkan restoran di situs pencari restoran, seperti Nibble, akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan info lengkap dan mendetail tentang restoran pizza kita. Hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas restoran pizza karena unsur penilaian pihak ketiga.
  • Ajak pelanggan untuk promosi. Misalnya dengan memberi ulasan di Google atau situs pencari restoran. Kita juga bisa meminta pelanggan untung mengunggah foto saat mereka makan di restoran yang disertai rewards kepada para pelanggan yang melakukan hal itu.
  • Membuat email list. Kirimkan kupon dan promo spesial ke pelanggan lewat email. Ini adalah satu tindakan menjaga hubungan dengan pelanggan yang pernah mengunjugi restoran kita.
  • Promo spesial kepada pelanggan baru. Berikan makanan pembuka atau minuman ringan secara cuma-cuma pada pelanggan baru. Ini bisa menjadi sesuatu yang berkesan untuk mereka.
  • Grand opening. Ini bisa diadakan setelah soft opening. Ditambah penyelenggaraan acara spesial lainnya.

Dengan begitu banyaknya minat foodies terhadap pizza, membuka restoran pizza dapat menjadi ide bagus untuk investasi. Nibblers bisa memaksimalkan keuntungan dengan langkah-langkah sederhana di atas.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble