Foodies Guide To F&B Industry

Sulitnya Membuat Patty Sayur untuk Burger Vegetarian

August 5, 20195 min readHealthy Foodie

Burger dikenal sebagai junk food nomor satu yang sering dikaitkan sebagai penyebab berat badan bertambah dan juga penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.

Hal tersebut karena dalam patty daging di burger mengandung begitu banyak lemak jenuh, serta kandungan sodium yang tinggi. Tidak heran jika banyak yang mengeliminasi burger saat sedang ingin menjalankan gaya hidup sehat atau sedang diet.

Namun, kelezatan burger memang tak ada duanya. Tidak ada makanan lain yang bisa menggantikan sensasi saat melahap setangkup roti bulat dengan patty di bagian tengahnya. Itulah kenapa saat ini makin banyak orang yang berinovasi dan berusaha untuk membuat burger lebih sehat.

Kalian pasti sering dengar burger vegetarian dengan patty sayuran, bukan? Burger vegetarian jenis ini makin banyak ditemukan di restoran. Ini tentu bisa menjadi pilihan sehat bagi kalian penikmat junk food yang ingin menjalani healthy lifestyle.

Burger Vegetarian Pertama di Dunia

burger-vegetarian-02

Photo source: The Spruce Eats.

Burger vegetarian memang bukan makanan baru di zaman ini. Kalau menelisik ke belakang, menurut Smithsonianmag.com, veggie patty pertama kali dibuat oleh Gregory Sams sekitar akhir tahun 1960-an di restoran bernama SEED di London. Waktu itu, meatless patty buatannya terbuat dari campuran tepung, bumbu tamari, aduki beans, dan oat flakes.

Proses pembuatannya tidaklah singkat. Sams menghabiskan lebih dari 6 bulan untuk mendapatkan adonan bertekstur sempurna dari campuran wheat gluten, sesame, soy, dan oats. Lucunya, dia membuat patty sayur tersebut tanpa memiliki pengalaman mencicipi burger daging sebelumnya karena Sams adalah seorang vegetarian sejak kecil.

Terbayang bukan beratnya proses pembuat burger vegetarian untuk seorang Sams pada waktu itu? Dia harus membuat adonan sayur agar terasa sama seperti rasa patty daging.

Semuanya terbayar saat burger vegetarian sukses besar di pasaran. Sams membuat vegetarian patty dalam versi yang dikeringkan, lalu mendistribusikannya ke supermarket di London dengan brand VegeBurger. Penjualan VegeBurger cukup sukses karena harganya jauh lebih murah dibandingkan patty daging pada umumnya.

Sejak saat itu, makin banyak restoran dan perusahaan yang menyediakan burger vegetarian. Tapi semua orang tahu kalau VegeBurger buatan Sams merupakan pioneer dari semua burger vegetarian yang ada saat ini.

Trik Membuat Burger Vegetarian

Dengan kemudahan akses informasi saat ini, makin banyak restoran yang berlomba-lomba untuk membuat burger vegetarian yang rasanya mirip dengan daging. Tapi tentu, tidak semuanya berjalan dengan sukses.

Jika kalian penasaran dan tertarik membuat burger vegetarian sendiri di rumah, kami punya beberapa trik yang bisa membuat burger kalian terasa enak, seenak burger dengan meat patty yang lezat.

1. Masak Sayurannya Terlebih Dulu

burger-vegetarian-03

Photo source: The Everyday Vegetarian

Patty burger memang akan dimasak di griller sebelum disajikan. Tapi itu bukan berarti kita boleh menggunakan sayuran mentah saat membuat patty. Sebaiknya, masak dulu sayuran yang akan kamu gunakan untuk patty. Ini karena sayuran mengandung banyak sekali air dan biasanya dikeluarkan saat sayuran dimasak. Nah, jika sayuran tidak dimasak dulu, tekstur patty saat dipanggang akan sangat berair dan membuat rasa burger menjadi kacau.

2. Gunakan Bahan Pengikat yang Bagus

burger-vegetarian-04

Photo source: recipepes

Kalau bicara tentang bahan yang bisa membuat adonan tercampur jadi satu, kita pasti langsung berpikir untuk menggunakan telur. Sebenarnya ada bahan alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuat veggie patty, yaitu flax seeds, oats, atau bahkan beans.

3. Diamkan Adonan

burger-vegetarian-05

Photo source: caseyjade

Di hampir semua resep patty sayuran, pasti kita disarankan untuk mendiamkan adonan selama beberapa waktu. Ada yang menyarankan untuk menyimpan adonan di lemari es sebelum dibentuk menjadi patty, dan ada juga yang menyarankan untuk membiarkan patty selama beberapa menit sebelum dimasak.

Jangan lewati step ini. Step ini ditulis karena alasan yang penting. Patty yang kita buat perlu didiamkan dulu sementara agar bahan-bahan kering dan basah yang kita gunakan dalam adonan dapat menyatu sempurna.

4. Gunakan Penyedap Rasa

burger-vegetarian-06

Photo source: 123RF

Agar rasa burger vegetarian yang kita buat tetap enak, jangan lupa untuk menggunakan bumbu aromatik seperti bawang bombai dan bawang putih. Kita juga bisa menggunakan jamur dan garam yang akan memperkaya rasa.

5. Masak Biji-bijian Terlebih Dahulu

burger-vegetarian-07

Photo source: Nature's Path

Pada sebagian besar resep burger vegetarian, grains alias biji-bijian seperti quinoa, millet, atau buckwheat sering menjadi bahan utama pembuat patty. Jangan lupa untuk memasak grains terlebih dahulu sebelum mencampurnya dalam adonan patty karena grains tidak bisa matang sendiri saat kita memanggang patty sebelum disajikan.

6. Pastikan Adonan Tidak Terlalu Basah

burger-vegetarian-08

Photo source: VideoBlocks

Tekstur adonan yang tepat itu harus terasa lembap saat disentuh, namun tidak lengket saat kita membentuk patty dari adonan tersebut.

7. Gunakan Kombinasi Bahan yang Tepat

burger-vegetarian-09

Photo source: varomeando

Untuk membuat burger vegetarian yang enak, kita membutuhkan rasio campuran dari bahan-bahan kering, basah, dan lengket yang tepat. Bahan-bahan kering biasanya terdiri dari tepung, oatmeal, dan biji-bijian. Sedangkan bahan-bahan basah terdiri dari sayuran dan legumen.

Nah, campuran antara tepung, legumen, dan oatmeal akan menghasilkan adonan yang lengket. Ketiga bahan tersebut harus ditakar dengan tepat agar hasil burger vegetarian terasa lezat.

Makin tertarik untuk membuat burger vegetarian sendiri? Jangan sampai melewatkan trik di atas ya, agar burger vegetarian yang kalian buat benar-benar tak terasa seperti burger sayuran.

Cover photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble