Foodies Guide To F&B Industry

Tempat Makan di Sekitar Monas Yang Sajiannya Paling Enak

November 16, 20175 min readFoodie Trends

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri,” itulah yang dikatakan Presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Ini bisa jadi alasan kenapa kamu sesekali harus jalan-jalan ke Monas dan mengenang sejarah kita lewat tempat ini. Banyak yang bisa dijelajahi dan dipelajari. Menghabiskan beberapa jam di Monas pasti akan membuat perutmu lapar setelahnya. Untungnya banyak tempat makan di sekitar Monas yang menawarkan hidangan spesial dan layak untuk dicoba. Mari ikuti guide berikut ini agar kamu bisa mendapatkan yang terbaik.

1. Lenggang Jakarta

tempat-makan-di-sekitar-monas-02

Photo source: @lenggang_jkt

Kalau dulu Monas terlihat berantakan dengan adanya pedagang kaki lima yang menyebar di area ini, sekarang pemandangan itu tidak lagi akan kamu temukan. Seluruh PKL sudah menjadi satu di area Lenggang Jakarta. Meskipun yang ada di sini adalah makanan kaki lima, tapi jangan remehkan rasanya. Sebelum dibuka, pedagang di sini mendapatkan pelatihan, baik itu pelatihan masak ataupun pelatihan manajemen dari pemerintah kita. Banyak makanan tradisional yang bisa kamu temukan di Lenggang Jakarta, mulai dari Mie Kocok Bandung, atau Mie Aceh. Tempatnya juga bersih dan modern. Tak heran banyak yang menjadikan tempat makan di sekitar Monas ini sebagai tempat nongkrong baru.

Lokasi:

Lenggang Jakarta

Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta.

2. Ragusa Italian Ice Cream

tempat-makan-di-sekitar-monas-03

Photo source: @eka.simanjuntak

Siapa yang tak tahu Ragusa? Kedai Es Krim khas Italia ini sudah berdiri sejak tahun 1930an. Tempatnya klasik dan kecil, tapi tidak menyurutkan rasa penasaran foodies untuk mencicipi es krim legendaris yang satu ini. Siang hari merupakan waktu paling tepat untuk mampir di tempat makan di sekitar Monas ini. Rasa panas bisa lenyap begitu saja ketika kamu mulai menyantap ice creamnya. Pilihannya cukup banyak, yang paling populer adalah Spaghetti Ice Cream. Rasanya seperti ice cream Sundae, namun penampilannya diserut seperti Spaghetti. Di atasnya ada topping cokelat dan kacang yang bikin rasanya makin wah.

Lokasi:

Ragusa Italian Ice Cream

Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 3849123.

3. Happy Day

tempat-makan-di-sekitar-monas-04

Photo source: @erryaditaputra

Tidak jauh dari Monas, tepatnya di Jl. Juanda, terdapat restoran yang atmosfernya sangat nyaman bernama Happy Day. Banyak yang menjadikan Happy Day sebagai tempat nostalgia karena restoran yang cocok buat kumpul keluarga ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Bisa dibilang, semua makanan dapat dicicipi di tempat makan di sekitar Monas ini. Ada Burger yang porsinya cukup besar. Sop Buntut di sini juga terasa sangat lezat. Untuk sweet tooth tidak boleh lewatkan Choc Melt yang harganya murah tapi soal rasa bisa disandingkan dengan Lava Cake Coklat premium.

Lokasi:

Happy Day

Jl. Ir. H. Juanda No 19, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 3858245.

4. Restoran Garuda

tempat-makan-di-sekitar-monas-05

Photo source: @angkytan

Lelahnya menyusuri Monas berjam-jam bisa langsung hilang begitu kamu menyantap masakan Padang dari restoran Garuda. Berlokasi di darah Menteng, tempat makan di sekitar Monas ini selalu menjadi destinasi wajib buat pecinta kuliner yang lagi ngidam Nasi Padang. Semua lauk pauk dan sayuran dihidangkan di atas meja. Kamu bisa mengambil apapun yang kamu suka, yang penting jangan kalap karena harganya tidak terlalu murah. Yang jadi jagoannya sudah pasti Ayam Gulai atau Ikan Kakap Merah Goreng yang sangat gurih. Istimewanya lagi, restoran Garuda buka 24 jam, jadi tidak masalah kamu mau ke sini jam berapapun.

Lokasi:

Restoran Garuda

Jl. H. Agus Salim No. 59, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31424666.

5. Dapur Babah Elite

tempat-makan-di-sekitar-monas-06

Photo source: @dapur_babah_elite_tao_bar

Kalau kamu nyari restoran vintage yang misterius, kamu bisa ke Dapur Babah Elite. Begitu menginjakkan kaki di tempat makan di sekitar Monas ini, kamu akan dibuat terkesan dengan ornamen yang menghiasi seisi restoran ini, seperti patung dan hiasan jadul. Kesan mistik sangat kental terasa. Setiap ruangan punya tema yang berbeda-beda dan sangat unik. Urusan makanan, di Dapur Babah elite, kamu akan dipuaskan dengan beragam makanan Indonesia. Salah satu yang recommended adalah Nasi Tjampoer Babah. Nasi pada menu ini berwarna hijau dan wangi aroma daun pandan. Disajikan dengan 9 lauk pauk berbeda, seperti peyek, tumis tahu buncis, rendang, dan masih banyak lagi.

Lokasi:

Dapur Babah Elite

Jl. Veteran 1 No. 18 - 19, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 70602256.

6. Sari Bundo

tempat-makan-di-sekitar-monas-07

Photo source: @mrindramulia

Sari Bundo terkenal punya Rendang terenak di Jakarta. Tapi juga tidak ada yang bisa mengalahkan Sambal Ati buatan tempat makan di sekitar Monas ini. Ampelanya enak sekali, sangat garing. Rasa pedasnya juga pas. Ada lagi yang paling top, yaitu Gulai Otak. Otak Sapi pada menu ini terasa sangat gurih, berpadu pas dengan kuah Gulai yang sangat strong bumbunya. Rempah-rempah yang digunakan dalam menu ini berhasil membuat bau amis dari otak sapi tersamarkan dan tidak tercium.

Lokasi:

Sari Bundo

Jl. Ir. H. Juanda, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 3458343.

7. Gule Kepala Ikan Mas Agus

tempat-makan-di-sekitar-monas-08

Photo source: @gulekepalaikan_masagus

Kesedapan Gulai Kepala Ikan bisa kamu rasakan juga di tempat makan di sekitar Monas. Ada Gule Kepala Ikan Mas Agus yang sudah sangat terkenal mendiami suatu tempat di Jl. Pejambon. Siap-siap ketagihan dengan kelezatan yang ditawarkan. Meski isi dagingnya dikit, tapi rasanya lebih gurih daripada daging di bagian badan ikan.

Lokasi:

Gule Kepala Ikan Mas Agus

Jl. Pejambon No.v1, Gambir, Jakarta.

Bagaimana, tertarik mencoba berwisata kuliner di tempat makan di sekitar Monas? Temukan makanan terbaik lainnya di aplikasi Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, bisa klik di sini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Cover photo source: @sovifooddiary

Related Articles

Connect with Nibble