Foodies Guide To F&B Industry

Tips Hemat Pengeluaran untuk Gaji Karyawan di Restoran

February 7, 20196 min readReviews

Biaya tenaga kerja merupakan pengeluaran paling banyak dalam industri kuliner. Dan jika Anda tahu tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan, ini akan menjadi sebuah keuntungan untuk bisnis Anda. Namun, memilih tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan cukup sulit karena Anda perlu tetap menjaga kualitas restoran Anda dengan mempekerjakan karyawan yang kompeten dan produktif. Kunci untuk tips hemat pengeluaran buat gaji karyawan adalah Anda harus tahu di area mana bisa berhemat. Misalnya, Anda bisa menggunakan lebih banyak teknologi agar tidak mempekerjakan karyawan terlalu banyak. Untuk membaca tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan, Anda bisa simak artikel berikut ini.

Tips Agar Staff Anda Selalu Semangat Melakukan Pekerjaannya

tips-hemat-pengeluaran-02

Pergantian karyawan merupakan salah satu masalah utama dalam industri kuliner. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari lingkungan kerja yang buruk hingga sistem manajemen yang tidak peduli karyawan. Menurut National Restaurant Association, di tahun 2016 tingkat pergantian karyawan di restoran lebih dari 70%.

Sebagai pemilik restoran, fenomena pergantian karyawan akan sangat membebani Anda. Agar tidak terjadi hal demikian, Anda harus menemukan cara agar Anda dapat mempekerjakan karyawan yang tepat dan berusaha agar karyawan tersebut selalu bahagia dan termotivasi saat bekerja di restoran Anda. Berikut beberapa hal yang bisa membuat karyawan Anda tetap semangat bekerja:

1. Gaji dan Jaminan Kesehatan Karyawan

Mempertimbangkan berapa gaji yang harus Anda berikan ke karyawan merupakan proses yang sangat sulit. Menentukan jumlah gaji harus dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pekerjaan apa yang akan dilakukan karyawan, seberapa ahli karyawan Anda, lokasi restoran Anda, dan berapa banyak gaji yang dibayarkan oleh pesaing Anda. Salah satu langkah pertama dalam menentukan gaji karyawan adalah dengan melakukan penelitian kecil-kecilan berapa gaji rata-rata di daerah tempat restoran Anda berdiri.

Anda juga harus mempertimbangkan jaminan kesehatan untuk karyawan. Ada UU yang mewajibkan perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya dalam program BPJS. Jadi pastikan Anda memenuhi kewajiban tersebut.

2. Insentif Karyawan

Menaikkan gaji dan menjamin asuransi kesehatan karyawan mungkin tidak bisa dilakukan seluruh pemilik restoran. Alternatifnya, Anda bisa memberikan insentif dan menciptakan kompetisi karena lebih terjangkau untuk memotivasi karyawan Anda. Contohnya, Anda bisa memberikan hadiah atau bonus untuk pelayan restoran yang dapat mendatangkan pelanggan lebih banyak setiap bulan. Anda juga mendorong karyawan restoran Anda melakukan upsell. Untuk karyawan dapur, Anda bisa mendorong mereka untuk menciptakan resep baru atau memberikan ide yang dapat meningkatkan keefisiensian restoran dan memberikan motivasi untuk karyawan.

Cara Membuat Karyawan Anda Lebih Produktif

Mengaplikasikan tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan restoran tidaklah hanya dengan mengurangi biaya pengeluaran untuk gaji, tapi juga bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan kualitas karyawan Anda. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda:

1. Beri Pelatihan untuk Karyawan Anda

tips-hemat-pengeluaran-03

Saat mempekerjakan karyawan batu, Anda harus memberikan pelatihan yang komprehensif, meliputi menu yang Anda tawarkan, tata letak restoran Anda, memberi tahu apa yang Anda harapkan dari karyawan Anda, dan melatih Anda mempraktekkan food safety. Untuk membantu proses training yang Anda lakukan, Anda bisa menyediakan buku pegangan untuk karyawan sehingga mereka bisa mencari jawaban di buku tersebut saat menghadapi masalah.

Cara lain untuk mengaplikasikan tips menghemat pengeluaran buat gaji karyawan adalah melakukan cross-training. Latih karyawan Anda untuk melakukan tugas di luar tanggung jawabnya. Misalnya, Anda bisa melatih karyawan untuk melakukan tugas yang biasanya Anda lakukan. Jadi mereka bisa mengambil alih tugas yang Anda kerjakan saat Anda sibuk atau sedang sakit.

Selain memberikan pelatihan komprehensif di awal mereka masuk, Anda juga harus memberikan pelatihan ulang untuk karyawan setiap beberapa periode waktu tertentu. Tak hanya karyawan baru, karyawan lama pun terkadang suka lupa bagaimana cara melakukan hal tertentu sesuai prosedur yang ada.

2. Membuat Jadwal yang Adil

tips-hemat-pengeluaran-04

Saat membuat jadwal kerja karyawan selama satu bulan, Anda harus mencampur antara karyawan baru dan karyawan lama untuk semua shift kerja. Jadi pastikan dapur restoran Anda tidak dipenuhi oleh koki junior di hari-hari tertentu. Agar tidak terjadi penumpukan karyawan di hari-hari tertentu, Anda harus mengamati di hari apa saja restoran terlihat sepi dan tidak banyak pengunjung, lalu sesuaikan jadwal kerja karyawan Anda. Dengan mengurangi tenaga kerja di hari-hari tertentu, ini bisa menjadi tips hemat pengeluaran, khususnya jika Anda membayar karyawan Anda dengan gaji harian.

Akan ada hari-hari di mana restoran sepi sekali. Kalu ini terjadi, Anda bisa memulangkan karyawan Anda. Jadi Anda tidak perlu membayar karyawan Anda saat mereka tidak melakukan apapun.

Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Restoran Anda

Tekologi sangatlah penting dalam bisnis kuliner dan memberikan banyak manfaat yang bisa membantu Anda mengaplikasikan tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan. Contohnya, di luar negeri sudah banyak restoran cepat saji yang beralih ke komputer touch screen untuk menggantikan posisi kasir. Lalu, ada juga restoran casual yang juga menyediakan tablet di setiap mejanya sehingga pemilik bisnis bisa mengurangi jumlah karyawannya.

Memang pilihan ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua restoran. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan teknologi di area lain, seperti bekerja sama dengan aplikasi pengiriman makanan atau menyediakan peralatan masak canggih untuk mengurangi jumlah biaya di restoran Anda.

1. Aplikasi Jasa Pengiriman

tips-hemat-pengeluaran-05

Untuk pemilik restoran, memenuhi permintaan delivery makanan bisa menjadi sumber pemasukan yang penting. Namun, mempekerjakan karyawan untuk mengirimkan makanan dapat mengurangi laba Anda. Alternatifnya, Anda bisa bekerja sama dengan aplikasi pengiriman makanan, seperti Gojek atau Grab sebagai tips menghemat pengeluaran gaji karyawan. Anda tidak perlu mencari karyawan khusus untuk melayani pesan-antar makanan dan aplikasi penyedia jasa tersebut punya armada yang banyak sekali sehingga pesanan pelanggan Anda dapat diantar dengan cepat. Saat ini, layanan ini memang baru tersedia di kota-kota besar, tapi beberapa tahun lagi, layanan ini pasti akan menjadi media terpenting dari bisnis kuliner.

2. Peralatan Masak Canggih

tips-hemat-pengeluaran-06

Anda bisa mengaplikasikan tips hemat pengeluaran untuk gaji karyawan dengan mengganti peralatan masak lama menjadi yang lebih canggih. Contohnya, Anda bisa menggunakan combi oven yang canggih untuk menggantikan peralatan masak tradisional untuk mengukus, memanggang, dan menggoreng makanan. Combi oven bisa melakukan pekerjaan tersebut lebih cepat dan efisien. Anda juga menggunakan combi oven untuk memasak jenis makanan berbeda dalam waktu yang sama. Ini jelas akan meningkatkan keefektifan produksi makanan Anda.

Dengan memanfaatkan combi oven, koki Anda juga tidak perlu mengecek keadaan panci dan wajan dalam periode waktu tertentu. Ini jelas akan menghemat waktu dan para koki bisa fokus untuk mempersiapkan makanan saja.

Jadi dari beberapa poin di atas, area mana saja kah yang bisa Anda pertimbangkan untuk memangkas biaya pengeluaran gaji karyawan restoran? Pastikan Anda mengombinasikan beberapa poin agar hasilnya semakin maksimal.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble