Foodies Guide To F&B Industry

Tips Marketing Restoran dengan Instagram

February 11, 20196 min readReviews

Di jaman serba digital, social media sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Untuk itu, kita harus memikirkan tips marketing restoran dengan social media, khususnya Instagram. Banyak orang yang suka membagikan foto makanannya di Instagram. Pelanggan yang senang melakukan ini sebenarnya menerapkan bentuk metode iklan gratis buat restoran Anda. Kenapa tidak memanfaatkan fenomena ini? Saat ini Instagram memiliki lebih dari 130 juta pengguna aktif setiap bulan dan 45 juta foto yang diunggah setiap hari.

Dengan membuat akun Instagram untuk restoran, Anda bisa membagikan foto makanan yang Anda tawarkan, serta berinteraksi dengan para pelanggan sebelum atau setelah mereka berkunjung ke restoran Anda. Cara ini merupakan cara pengiklanan gratis 100%. Anda bisa mempraktekkan tips marketing berikut ini agar hasilnya lebih maksimal.

1. Pastikan Restoran Anda Mudah Dicari dan Memiliki Konten yang Shareable

tips-marketing-02

A. Mudah Dicari

Gunakanlah username Instagram yang mudah dicari dan gunakan hashtag yang berhubungan dengan restoran Anda. Ini akan memudahkan para pelanggan menemukan kehadiran restoran Anda. Beberapa jenis hashtag kunci yang bisa Anda gunakan adalah nama restoran Anda atau nama makanan dan minuman andalan restoran Anda. Ingat juga, Anda harus menggunakan hashtag tersebut secara konsisten agar pengaplikasian tips marketing ini lebih maksimal.

B. Konten Shareable

Selain itu, pastikan juga konten Anda bisa dishare di Twitter oleh para pelanggan Anda. Untuk itu, pastikan captionnya tidak melebihi batas yang ditentukan oleh Twitter, yaitu 280 karakter. Dengan begitu, Anda mengaplikasikan tips marketing untuk beberapa social media sekaligus.

2. Integrasikan Akun Instagram Restoran Anda dengan Platform Social Media Lainnya

tips-marketing-03

A. Menghubungan Akun Instagram dengan Social Media Lain

Dengan mengintegrasikan akun Instagram Anda ke social media lain, pelanggan bisa tetap menemukan Anda, misalnya di Facebook atau Twitter, meski mereka tidak memilki Instagram.

B. Memanfaatkan Fitur Embed di Instagram

Anda juga bisa memaksimalkan fitur terbaru dari Instagram, yaitu fitur embed. Ini artinya Anda bisa memasukkan foto atau video yang Anda unggah di Instagram ke situs atau blog restoran Anda meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan cukup mengenai HTML. Web embed yang user-friendly ini memudahkan Anda untuk melakukan copy-paste dan menempatkan foto dan video tersebut di situs atau blog Anda. Tips marketing ini tentunya akan membuat Anda terlihat semakin profesional.

3. Tentukan Hashtag

tips-marketing-04

Jangan lupa untuk mencantumkan username social media Anda di buku menu restoran. Dengan begitu, para pelanggan bisa dengan mudah menemukan social media Anda dan melakukan tag ke akun Anda saat mereka mengunggah foto makanan yang dipesan dari restoran Anda. Anda juga bisa mencantumkan username Instagram Anda di bagian luar restoran agar orang yang melintas bisa mengetahui akun social media Anda. Tips marketing ini akan memudahkan pelanggan potensial untuk mencari tahu info tentang restoran Anda terlebih dahulu.

Namun, sebelum melakukan tips marketing itu semua, Anda harus memikirkan klien Anda. Jika Anda pemilik restoran casual, tidak akan jadi masalah untuk lebih berani memilih hashtag dan mencantumkan username akun Instagram Anda di mana-mana. Tapi tidak begitu dengan restoran fine dining yang lebih elegan dan mewah.

 

4. Berinteraksi dengan Pelanggan dan Beri Reward untuk Mereka

tips-marketing-05

A. Buat Postingan Fill-In-The-Blanks

Untuk berinteraksi dengan pelanggan, Anda bisa menciptakan postingan yang interaktif seperti fill-in-the-blank post. Misalnya “Rasa Yogurt terbaik restoran kami adalah _____”. Tips marketing ini akan memancing para pelanggan untuk berinteraksi.

B. Minta Saran Kepada Pelanggan

Anda berencana untuk mengeluarkan varian ice cream terbaru atau menu makanan dan minuman baru? Cobalah minta saran kepada pelanggan Anda, apa nama yang paling cocok untuk menu tersebut. Dengan melibatkan para pelanggan, mereka akan merasa tertarik dan mengikuti perkembangan social media Anda terus sampai Anda mengumumkan hasil kontesnya.

C. Adakan Kontes Foto

Ajak para pelanggan untuk berbagi foto dan tag akun social media restoran Anda. Misalnya, Anda bisa bikin kontes foto di mana pelanggan diminta untuk membagikan foto paling ikonik dari kota tempat restoran Anda berada dan minta mereka tag akun Instagram Anda. Anda bisa menawarkan gift cards, makan gratis, atau hal sejenisnya sebagai hadiah untuk mereka. Tidak perlu memberikan hadiah yang besar. Hadiah kecil dan bermakna yang dilakukan secara teratur akan membuat tips marketing ini berhasil.

D. Beri Reward untuk Pelanggan yang Suka Share Foto Tentang Restoran Anda

Anda bisa memberikan hadiah berupa makan gratis jika pelanggan Anda mengunggah foto yang berkaitan dengan restoran Anda, memberi hashtag terkait, tag, dan mention akun Anda. Pelanggan Anda akan merasa sangat dihargai dan Anda juga mendapatkan promo iklan gratis dari pelanggan Anda.

5. Buat Pin di Map

tips-marketing-06

Pertimbangkan untuk membuat pin atau home base di map atau Instagram. Dengan begitu, para pelanggan bisa memasukkan lokasi restoran Anda saat mengunggah foto yang berkaitan dengan restoran Anda.

6. Maksimalkan Fitur Video di Instagram

tips-marketing-07

Fitur video yang dimiliki Instagram juga bisa mendekatkan Anda ke pelanggan. Anda bisa menampilkan video proses brewing kopi atau proses memasak lainnya. Beberapa ide tips marketing mengenaik konten video yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Proses menuang Wine ke gelas
  • Memperkenalkan chef ke pelanggan
  • Meminta pendapat pelanggan yang sedang makan di restoran Anda
  • Menampilkan proses pembuatan makanan

7. Tips Mengunggah Foto ke Instagram

tips-marketing-08

A. Lighting

Saat mau memamerkan foto makanan Anda, pastikan hasil fotonya tidak tampak pucat. Jangan gunakan flash atau cahaya overhead. Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari atau sumber cahaya yang lebih lembut untuk menghasilkan foto yang natural.

B. Libatkan Properti di Foto

Seperti foto fashion, foto makanan juga akan tampak menarik dengan aksesoris. Anda bisa menempatkan sumpit di samping Sushi atau sendok di dalam semangkuk sup. Anda juga bisa menjadikan botol wine dan pembuka botol sebagai properti saat mau mengambil foto gelas berisi wine.

C. Tambahkan Tekstur

Saat mau mengambil foto makanan bertekstur lembek atau cair, seperti bubur, sup, atau ice cream, Anda bisa menambahkan garnish yang akan menimbulkan efek kontras pada warna dan tekstur dari makanan tersebut. Misalnya, Anda bisa menambahkan garnish buah berry segar ke atas Ice Cream atau daun parsley ke atas semangkuk sup.

D. Gunakan Aplikasi Filter Foto yang mudah Digunakan

Penggunaan sedikit filter akan membuat kualitas foto Anda makin baik. Anda bisa menggunakan VSCO atau Camera Plus untuk mengedit, memotong, atau memodifikasi warna foto Anda. Aplikasi PicFrame dan A Beautiful Mess juga memungkinkan Anda untuk menambah frame atau clip art pada foto. Sedangkan aplikasi Whitagram dapat menambahkan garis putih ke foto Anda. SnapSeed juga memungkinkan Anda membuat kolase foto.

E. Pamerkan Objek Foto Lainnya

Jangan cuma memamerkan foto makanan dan minuman saja di Instagram Anda. Anda juga bisa mengambil foto interior restoran, staf yang lagi bekerja, atau tamu yang sedang menikmati makanannya. Jika Anda mengambil foto para staff, pastikan mereka sedang menyiapkan makanan dengan standar yang tepat, seperti memakai sarung tangan, untuk menghindari komentar negatif dari warganet.

F. Aplikasikan Rule of Thirds

Saat mengambil foto, jangan hanya memakai angle yang sama. Anda bisa mengaplikasikan aturan rule of thirds untuk menghasilkan foto yang menarik. Bayangkan foto Anda dibagi menjadi sembilan bagian. Anda bisa menempatkan objek foto Anda di bagian tertentu untuk membuat objek tersebut terlihat lebih menarik.

Bagaimana, tidak susah bukan memanfaatkan Instagram sebagai tips marketing restoran Anda? Tunggu apalagi, segera aplikasikan tips marketing di atas dan tarik lebih banyak pelanggan untuk mengunjungi restoran Anda.

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble