Foodies Guide To F&B Industry

Tips Membuat Restoran Menonjol di Google

March 20, 20196 min readTips & Tricks

Saat memiliki restoran baru, Anda pasti memikirkan cara bagaimana cara membuat restoran Anda ramai pelanggan? Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa lebih dari 75% pelanggan mencari tahu info mengenai restoran melalui Google terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendatangi restoran tersebut.

Bahkan banyak juga yang mencari tahu mengenai menu yang disediakan di restoran. Ini artinya, tugas Anda bukan hanya membuat menu yang desainnya bagus, tapi juga harus mengunggahnya secara online untuk menarik perhatian para pelanggan baru atau tetap. Selain menu, Anda juga harus memastikan keberadaan restoran Anda di Google sudah cukup menonjol dengan cara meningkatkan performa situs restoran Anda, dan masih banyak lagi tips yang bisa Anda terapkan seperti yang kami jelaskan di artikel berikut ini.

Cara Membuat Restoran Memiliki Menu Terpercaya di Internet

membuat-restoran-02

Tips berikut ini merupakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk memberikan akses mudah ke para pelanggan baru yang penasaran terhadap menu yang ditawarkan di restoran Anda. Selain itu, kemudahan mengakses menu juga bisa membuat restoran meraih peringkat tinggi di Google dan juga menyediakan informasi yang cukup pada pelanggan potensial agar mereka mau datang dan mencoba menu yang Anda tawarkan.

1. Unggah Menu Anda ke Situs Pihak Ketiga

membuat-restoran-03

Mengunggah menu restoran Anda ke situs pihak ketiga yang sering dikunjungi orang saat mencari restoran, seperti Zomato, akan membuat restoran Anda makin dikenal. Situs-situs pencari restoran biasanya menyimpan menu-menu restoran yang terdaftar dalam databasenya.

Berhubung banyak situs pencari restoran yang sudah memiliki performa bagus, situs ini sering muncul di halaman pertama Google saat pelanggan memasukkan keyword nama restoran tertentu. Dengan mengunggah menu ke situs ini dan juga berinteraksi dengan para pelanggan Anda yang mengirimkan ulasan di situs ini, Anda bisa menarik perhatian para pelanggan dengan lebih baik lagi.

2. Aplikasikan Psikologi Menu

membuat-restoran-04

Psikologi menu merujuk kepada cara pemilik restoran memodifikasi menu sedemikian rupa untuk menarik pelanggan dan mengarahkan mereka untuk memesan hidangan yang harganya lebih mahal. Saat mengunggah menu restoran ke situs Anda atau pihak ketiga, gunakan cara berikut ini untuk membuat restoran Anda lebih menonjol di Google.:

  • Tempatkan menu best-seller atau menu yang harganya lebih mahal di bagian atas dari menu-menu lainnya.
  • Anda bisa menggunakan metode harga relatif untuk membuat menu yang mahal terlihat murah. Misalnya, Anda bisa meletakkan menu seharga Rp100.000 di sebelah menu seharga Rp85.000.
  • Tempatkan menu dengan harga paling mahal di bagian atas sebelah kanan dari buku menu.
  • Buatlah hidangan tertentu tampak menonjol dengan cara menempatkan kotak di sekelilingnya atau membingkainya dengan grafik yang menarik.

3. Pastikan Menu Anda Mobile-Friendly

membuat-restoran-05

Dengan begitu banyaknya orang mengakses internet dari smartphone, itu artinya Anda harus memastikan bahwa situs Anda sudah mobile-friendly. Pastikan Anda sudah membuat semua konten yang ada di versi desktop bisa tampil secara baik dalam versi ukuran perangkat seluler. Hal ini juga akan membuat restoran Anda mendapatkan peringkat tinggi di Google. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan para pelanggan Anda untuk melihat situs Anda dalam versi desktop saat mengaksesnya dari handphone jika mereka menginginkannya.

Berhubung sebagian besar calon pelanggan akan melihat situs Anda dalam versi mobile dengan ukuran layar yang lebih kecil, Anda perlu memastikan semua konten dapat dibaca dan di-klik dengan mudah. Pastikan juga setiap foto dan grafis memiliki resolusi yang tinggi karena jika dilihat dari handphone, gambar beresolusi rendah akan terlihat sangat blur.

Pengguna desktop mungkin tidak akan menemukan masalah saat membaca menu dalam tampilan full-size. Tapi ini bisa jadi masalah saat ditampilkan di handphone. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat menu yang bisa di-klik. Misalnya, Anda bisa membagi menu menjadi kategori sederhana, seperti kategori minuman, pasta, dessert, appetizers, dan lain sebagainya. Pertimbangkanlah untuk menggunakan ukuran font, setidaknya sebesar 14 pixel dan sediakan ukuran tombol yang lebih besar agar para pelanggan bisa meng-kliknya dengan jari mereka.

Meningkatkan Performa Situs Restoran Anda

membuat-restoran-06

Idealnya saat Anda membuka restoran, Anda juga harus menyiapkan situs restoran Anda. Selain itu, Anda juga harus mengevaluasi performa situs restoran dan juga meningkatkan kinerjanya. Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah berikut ini.

1. Jangan Membuat Menu yang Harus Diunduh

membuat-restoran-07

Jika saat ini menu di situs restoran Anda berupa file PDF, kini saat nya Anda harus mengubahnya sebagai foto atau mengunggahnya sebagai teks yang bisa ditampilkan di halaman situs restoran Anda. Para pelanggan mungkin akan kesulitan jika harus mengunduh file PDF dan kebanyakan dari mereka pasti merasa tidak nyaman untuk mengunduh file yang tidak dikenal ke komputer atau handphone mereka. Selain itu, Anda juga harus memastikan menu Anda selalu up-to-date dan mudah dibaca.

2. Pastikan Gambar di Situs Memiliki Resolusi Tinggi

membuat-restoran-08

Buatlah para pelanggan Anda tertarik dengan menu restoran Anda dengan cara mengunggah gambar menu yang memiliki resolusi tinggi. Kalau Anda ingin membatasi jumlah gambar agar kecepatan mengakses situs restoran tidak terganggu, Anda bisa memasukkan beberapa elemen desain yang menarik agar para pelanggan tertarik bahkan sebelum mereka melihat menu Anda. Jika Anda menawarkan menu yang fotogenik, jangan lupa untuk mengunggahnya juga di situs restoran Anda untuk menarik perhatian para foodies yang suka mengunggah foto makanan unik di social media mereka.

3. Hubungkan Situs Anda ke Social Media

membuat-restoran-09

Anda bisa menyertakan tautan ke Instagram, Facebook, atau Twitter di situs Anda agar para pelanggan bisa berinteraksi secara pribadi dengan restoran Anda. Jika Anda sering meng-update akun social media Anda, Anda bisa memasang live feed di situs restoran Anda untuk menunjukkan posting terbaru kepada para pelanggan yang sedang membuka situs Anda.

Dengan menghubungkan situs social media ke situs Anda, para pelanggan bisa berinteraksi secara pribadi dengan Anda sebelum mereka memutuskan untuk datang ke restoran. Gunakan kesempatan ini untuk meminta feedback dari mereka, meminta foto makanan yang diunggah mereka dan meminta mereka untuk mengunjungi restoran lagi.

Lebih Transparan di Dunia Maya

Membuat restoran Anda tampak transparan di dunia maya akan mendatangkan beragam manfaat untuk restoran Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Manfaatkan Listing di Google My Business

membuat-restoran-10

Dengan mendaftarkan restoran Anda di Google My Business, pelanggan Anda akan semakin mudah untuk mengetahui jam operasional, alamat, ulasan, waktu tunggu, dan nomor telepon restoran Anda. Google My Business juga memiliki fitur pin location yang akan memudahkan para pelanggan lebih mudah mengetahui lokasi restoran Anda.

2. Unggah Google Street View yang Menunjukkan Bagian Dalam Restoran

membuat-restoran-11

Cara lain untuk membuat restoran Anda tampak transparan adalah dengan mengunggah indoor Google street view dari restoran Anda. Ini akan muncul di hasil pencarian Google dan juga di Google Maps. Dengan mengunggah indoor street view, pelanggan jadi bisa membayangkan seperti apa tampilan restoran Anda. Pelanggan yang melihat indoor street view biasanya dua kali lebih mungkin untuk datang ke restoran Anda. Ini juga mendatangkan banyak keuntungan buat restoran Anda, apalagi jika restoran saingan Anda belum menerapkan cara ini.

Dengan membuat restoran tampak menonjol di Google, pelanggan akan lebih tertarik untuk berkunjung ke restoran Anda. Pastikan Anda menjalani langkah-langkah di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari keberadaan restoran Anda di internet.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble