Foodies Guide To F&B Industry

Tips Memilih Rice Cooker untuk Restoran

January 17, 20194 min readReviews

Buat restoran Indonesia, rice cooker menjadi peralatan terpenting di dapur karena nasi merupakan kebutuhan utama orang Indonesia. Berhbung memasak beras menjadi nasi dengan cara manual itu cukup sulit, keberadaan rice cooker akan sangat membantu Anda. Namun, memilih rice cooker dan memasak nasi juga ada caranya agar nasi yang Anda buat terasa berkualitas. Berikut ini, kami akan menjelaskan sedikit mengenai serba-serbi rice cooker yang harus Anda ketahui.

Kamus Umum Seputar Rice Cooker

rice-cooker-02

Photo source: pixabay

A. Rice Cooker

Peralatan yang berukuran kecil untuk memasak nasi. Rice cooker terdiri dari inner pan dan panci eksternal.

B. Rice Warmer

Peralatan elektronik yang berfungsi sebagai penghangat nasi yang sudah dimasak sebelum disajikan ke pelanggan.

C. Rice Cooker/Warmer

Fungsi alat ini mencakup memasak dan menghangatkan dengan suhu yang optimal.

D. Sushi Rice Container

Penyimpanan nasi yang tidak berfungsi untuk menghangatkan, melainkan untuk menyimpan nasi yang sebelumnya sudah dimasak dan dibumbui, sebelum digunakan untuk menyiapkan sushi.

E.Rice Cup

Gelas untuk mengukur beras yang akan dimasak dengan rice cooker. Gelas pengukur ini biasanya disertakan dalam pembelian rice cooker.

Tips untuk Menyajikan Nasi yang Lezat

rice-cooker-03

Photo source: pixabay

Memilih rice cooker sebenarnya sederhana, Anda bisa memilih berdasarkan fitur yang Anda harapkan. Penggunaannya pun cukup mudah, dan akan membantu Anda, khususnya bila nasi menjadi salah satu bahan utama di restoran Anda yang harus dibuat secara konsisten dan cepat. Agar nasi terasa enak, Anda bisa mengaplikasikan tips berikut ini:

A. Cuci beras terlebih dahulu

Sebelum memasak beras jenis apapun, beras harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Manfaat mencuci beras tidak hanya akan membuat konsistensi nasi terasa pas, tapi juga untuk menghilangkan residu pestisida yang mungkin masih ada di beras. Beras yang dicuci dulu sebelum dimasak juga akan menghasilkan busa yang lebih sedikit dalam proses pemasakan. Namun perlu diingat, sebaiknya selalu perhatikan petunjuk dalam bungkus beras tertentu sebelum mencuci beras karena ada beras yang mengandung zat besi atau thiamin yang bisa luruh saat dicuci.

B. Gunakan rasio air dan beras dengan tepat

Rasio standar yang sering digunakan untuk air dan beras adalah 1 ½ cup air untuk 1 cup beras yang sudah dicuci. Untuk beras yang berlum dicuci rasionya adalah 2 cup air untuk 1 cup beras. Jika sudah menemukan rasio yang dirasa pas sekali di lidah, catatlah dan gunakan rasio ini secara konsisten sehingga kualitas nasi yang Anda sajikan tidak berubah-ubah.

Sebenarnya, rasio ini tidak bisa disamaratakan untuk berbagai jenis beras. Jenis beras sangat bermacam-macam, ada beras putih, coklat, atau basmati. Berikut rasio air yang bisa Anda andalkan untuk beberapa jenis beras.

  • Beras putih, long grain = 1 ¾ cup air : 1 cup beras
  • Beras putih, medium grain = 1 ½ cup air : 1 cup beras
  • Beras putih, short grain = 1 ½ cup air : 1 cup beras
  • Beras coklat, long grain = 2 ¼ cup air : 1 cup beras
  • Beras khas India (basmati, jasmine) = 2 cup air : 1 cup beras
  • Quinoa = 2 cup air, 1 cup quinoa

Cara Memaksimalkan Rice Cooker Anda

rice-cooker-04

Photo source: pixabay

A. Bikin rasa nasi lebih enak

Agar lebih enak, Anda bisa menambahkan daun salam atau daun pandan. Ada juga yang menambahkan sedikit garam, butter, atau olive oil ke dalam nasi.

B. Jangan mengintip ke dalam rice cooker

Setiap Anda membuka tutup rice cooker selama proses pemasakan, uap air akan keluar dan tekstur nasi akan mengering.

C. Diamkan nasi setelah matang

Diamkan nasi beberapa saat setelah rice cooker telah selesai dimasak. Meskipun rice cooker sudah beralih ke mode warmer, tidak berarti nasi Anda sudah siap dimakan. Diamkan nasi selama 5-10 menit untuk menstabilkan level air di nasi dan menghilangkan uap yang berlebihan pada nasi Anda.

D. Hindari sendok nasi yang terbuat dari logam

Meskipun sendok nasi dari logam tidak akan mempengaruhi rasa nasi Anda, ini dapat merusak rice cooker Anda. Sebagian besar rice cooker dilengkapi dengan panci anti lengket yang bisa tergores dengan mudah saat kontak dengan sendok logam. Agar umur pemakaian rice cooker lebih lama, sebaiknya gunakan centong nasi berbahan plastik.

E. Membersihkan rice cooker dengan cepat

Jika Anda harus membuat nasi berkali-kali dan butuh membersihkan rice cooker dengan cepat, Anda bisa melakukan trik berikut ini. Pindahkan sisa nasi yang masih menempel di panci rice cooker. Jika ada bagian kecil yang sangat susah dihilangkan, Anda bisa membiarkan rice cooker dalam posisi warmer dan biarkan tutup rice cooker terbuka. Ini akan membuat sisa nasi yang tertinggal menjadi kering. Setelah itu, matikan rice cooker dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, Anda bisa mengambil sisa-sisa nasi yang tadinya lengket. Mengambilnya dalam keadaan kering akan jauh lebih mudah daripada harus berusaha membersihkannya dalam keadaan basah.

Tidak sulit bukan menggunakan dan memaksimalkan rice cooker untuk restoran Anda? Mari aplikasikan tips-tips di atas agar nasi Anda

Cover photo source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble