Foodies Guide To F&B Industry

Tips Menyediakan Layanan Delivery Makanan di Restoran

February 19, 20196 min readReviews

Adanya layanan delivery makanan di restoran Anda akan menjadi nilai positif bagi bisnis Anda. Menurut beberapa survey, pendapatan yang dihasilkan restoran dari layanan delivery makanan cukup banyak. Jika Anda tertarik untuk mengadakan layanan delivery makanan, sebaiknya pikirkan dahulu apakah Anda ingin mempercayakan pesan antar makanan ini pada pihak ketiga atau Anda ingin membangun tim Anda sendiri. Untuk mempertimbangkannya, mari simak beberapa info penting yang harus Anda tahu mengenai layanan delivery makanan berikut ini.

Seberapa Besar Layanan Delivery Makanan Berdampak Bagi Industri Kuliner?

delivery-makanan-02

Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa industri kuliner makin banyak yang merambah ke dunia online dan begitu mudah viral di masyarakat? Alasan pertama, layanan delivery makanan memang sangat memudahkan pelanggan. Mereka tidak perlu macet-macetan untuk pergi mencari makanan. Selain itu, layanan delivery makanan juga mendorong pelanggan untuk mencoba berbagai makanan baru yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Seiring dengan berkembangnya jasa layanan delivery makanan yang dibangun oleh pihak ketiga, itu akan berdampak positif bagi industri kuliner.

Barang yang Harus Disiapkan Jika Ingin Menyediakan Layanan Delivery Makanan

delivery-makanan-03

Jika Anda memutuskan untuk membangun tim sendiri untuk mengurus layanan delivery makanan, pastikan Anda memiliki barang-barang penting berikut ini.

  • Insulated food delivery bags
  • Food container

Selain dua hal di atas, Anda juga perlu barang-barang seperti alat makan disposable, box makanan, atau stackers untuk menyusun makanan yang akan diantar.

Kenapa Restoran Perlu Memiliki Layanan Delivery Makanan?

Business theme, internet online shopping concept, shopping delivery, shopping cart carry shopping mail box and blur background of shopping bag and open laptop

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan restoran Anda, layanan delivery makanan akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Adanya layanan ini akan membedakan restoran Anda dengan saingan Anda. Namun perlu diingat, layanan delivery makanan ini bisa mengembangkan bisnis kuliner Anda hanya saat brand restoran Anda sudah cukup dikenal dan Anda sudah punya pelanggan tetap. Pelanggan potensial biasanya ragu untuk makan di restoran Anda jika mereka belum pernah mendengar brand restoran Anda sama sekali. Tapi dengan adanya layanan delivery makanan ini, kemungkinan untuk membuat para pelanggan potensial tertarik mencoba makanan di restoran Anda akan semakin besar, dan ini jelas akan menambah keuntungan Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengaktifkan layanan delivery makanan, Anda harus bertanya dulu pada diri Anda sendiri, apakah layanan ini akan efektif diterapkan di restoran Anda atau tidak. Layanan delivery makanan biasanya tidak cocok digunakan di restoran fine dining.

Menggunakan Layanan Delivery Makanan untuk Menarik Generasi Millennial

delivery-makanan-05

Menggunakan layanan pesan antar makan in-house biasanya menjadi salah satu cara terbaik untuk menggaet generasi millennial. Generasi ini jumlahnya cukup besar sehingga membuat posisi mereka cukup penting untuk bisnis Anda. Generasi  millennial biasanya lebih mementingkan kenyamanan, akses yang instan untuk mendapatkan sesuatu, dan cenderung tidak peduli pada harga. Jadi bisa dikatakan, mereka adalah tambang emas bagi para pemilik restoran.

Tapi Anda harus ingat, pelanggan yang datang dari generasi millennial biasanya tidak terlalu loyal pada satu brand layanan delivery dari pihak ketiga. Itulah kenapa sebaiknya Anda bekerja sama dengan lebih dari satu brand delivery service. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menandatangani kontrak eksklusif dengan perusahaan delivery service. Kalau bisa, bekerjasamalah dengan perusahaan delivery service yang menyediakan fitur rewards dan points untuk para penggunanya karena generasi millennial biasanya sangat suka untuk mengumpulkan points .

Apa Saja Perusahaan Delivery Service Pihak Ketiga?

delivery-makanan-06

Jika Anda masih kebingungan dengan istilah ini, sederhananya, pihak ketiga ini merupakan perusahaan yang bekerja sama dengan restoran untuk mengantarkan makanan dan minuman dari restoran ke pelanggan. Ini berbeda dengan delivery makanan in-house. Anda tidak perlu melatih karyawan Anda untuk mengantarkan makanan.

Perusahaan delivery service pihak ketiga juga memiliki aplikasi yang sangat menarik sehingga banyak orang yang suka memesan makanan secara online. Ada begitu banyak layanan delivery yang terkenal, di antaranya adalah:

  • Go-Food
  • GrabFood
  • Klik-Eat

Keuntungan Bekerja Sama dengan Delivery Service Pihak Ketiga

delivery-makanan-07

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan saat bekerja sama dengan perusahaan delivery service pihak ketiga. Selain meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand Anda dan meningkatkan penjualan di restoran, perusahaan ini juga membantu Anda untuk mempertahankan pelanggan dan meminimalkan risiko kehilangan pelanggan karena mereka tidak sabar menunggu makanan tiba. Ini juga dapat menjadi pilihan tepat jika Anda tidak mau dibebani dengan proses perekrutan dan pelatihan karyawan untuk mengaktifkan layanan pesan antar makanan in-house.

Pelanggan Anda juga akan cenderung melakukan pesanan lagi karena semua data mereka sudah disimpan dalam aplikasi. Jadi mereka tidak perlu kerepotan lagi saat mau memesan makanan di waktu yang akan datang. Dengan ada banyaknya perusahaan delivery service ini di Indonesia, mereka saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Itu artinya ada kemungkinan kalau mereka juga akan menurunkan biaya service dan komisi yang dibebankan pada restoran.

Potensi Kerugian Saat Bekerja Sama dengan Delivery Service Pihak Ketiga

delivery-makanan-08

Meskipun bekerja sama dengan perusahaan delivery service pihak ketiga dapat meningkatkan keuntungan restoran Anda, ada beberapa potensi kerugian yang juga harus Anda pertimbangkan. Misalnya, akan selalu ada kemungkinan pengemudi yang ditunjuk mengantar pesanan pelanggan mengalami kecelakaan, pelanggan juga bisa dirugikan jika mendapatkan makanan yang sudah terlalu lama dibawa di perjalanan yang panjang. Berhubung restoran Anda tidak bisa bertanggung jawab langsung untuk mengatasi masalah ini, Anda harus siap untuk melindungi nama baik perusahaan Anda.

Untuk meminimalkan risiko, Anda bisa menandatangani perjanjian dengan layanan delivery service yang bekerja sama dengan Anda. Di dalam perjanjian tersebut, Anda bisa mencantumkan beberapa hal ini:

  • Mengharuskan perusahaan delivery makanan mematuhi untuk mau menangani makanan dengan cara yang aman. Mereka juga harus bersedia menggunakan fitur pelacakan GPS.
  • Pastikan pengemudi dari perusahaan delivery service ini memiliki surat lengkap terkait dengan kendaraan yang digunakannya.
  • Anda juga bisa mencantumkan kalimat spesifik yang menyatakan kalau pihak ketiga bertanggung jawab penuh bila ada masalah apapun dalam perjalanannya mengantarkan makanan ke pelanggan.
  • Berikan kalimat disclaimer pada halaman menu delivery, iklan, dan website Anda untuk mengantisipasi keluhan pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Delivery Makanan In-House

delivery-makanan-09

Jika Anda memiliki waktu dan modal untuk melatih dan membangun tim delivery service di restoran Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan hal tersebut sebelum bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dengan mengadakan layanan pesan antar secara in-house, ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Untung yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak karena semua profit akan masuk ke pemasukan Anda. Jika tahu cara yang tepat, memiliki tim delivery service in-house biasanya mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada harus bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dan yang paling penting, Anda punya kuasa penuh untuk memberikan layanan terbaik buat pelanggan, mulai dari memesan makanan, menyiapkannya, mengantarkannya, dan memproses pembayarannya. Karyawan Anda juga menjadi orang yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Hal ini jauh lebih baik daripada harus mempercayakannya pada staff yang tidak diketahui jelas asal usulnya dari pihak ketiga.

Apa Risiko Jika Anda Menyediakan Layanan Delivery Makanan In-House?

delivery-makanan-010

Proses pembuatan tim delivery service tidak praktis dan tidak bisa dilakukan oleh semua restoran. Jika Anda pemilik bisnis kuliner kecil, Anda pasti tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membayar staff yang bertugas menangani delivery makanan. Anda pasti akan lebih memilih untuk bekerja sama dengan pihak ketiga yang menawarkan uang komisi lebih kecil sehingga Anda bisa menambah profit restoran Anda.

Setelah menilik keuntungan dan kerugian antara layanan delivery makanan in-house dan milik pihak ketiga, yang mana yang akan Anda terapkan untuk restoran Anda? Apapun yang  Anda pilih, manfaatkan layanan delivery makanan dengan baik dan efektif sehingga brand Anda makin dikenal dan pendapatan Anda makin bertambah.

Photo source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble