Foodies Guide To F&B Industry

Tips Sukses Bisnis Kuliner di Era Medsos

June 10, 20194 min readTips & Tricks

Di era digital seperti zaman sekarang, medsos sangat berperan dalam berbagai aspek, termasuk di soal bisnis kuliner. Sudah sadar dong kalau, sekarang sudah tidak zamannya lagi pemilik restoran memasarkan restorannya lewat pamflet atau banner besar.

Sebagian besar restoran jaman sekarang memanfaatkan kehadiran medsos untuk bisa sukses dan menjadi yang terdepan dari pesaingnya. Apalagi biaya yang dibutuhkan untuk memasarkan restoran lewat medsos jauh lebih sedikit daripada harus melakukan cara marketing tradisional.

Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memanfaatkan medsos untuk bisnis kuliner. Nibblers  harus memikirkan matang-matang tentang foto yang akan ditampilkan, konten, dan juga pesan yang mau disampaikan.

Kali ini Nibble akan membantu kamu untuk bisa sukses berkompetisi di industri kuliner dengan memanfaatkan beberapa channel medsos, seperti Instagram dan Facebook. Yuk simak tips berikut ini agar bisa menjadi inspirasi Nibblers.

Tips Marketing Restoran di Instagram

Instagram merupakan platform photo sharing paling populer saat ini. Pengguna aktifnya di Indonesia tercatat merupakan yang paling banyak di Asia Pacific. Jadi jangan sampai nibblers melewatkan kesempatan untuk mengenalkan restoran kamu kepada dunia lewat Instagram. Untuk memulainya tidaklah sulit. Nibblers bisa mengaplikasikan beberapa tips berikut ini.

1. Menggunakan Niche Hashtag

03

Jika nibblers tertarik untuk menggaet target market yang spesifik, cobalah untuk menggunakan hashtag yang spesifik juga. Misalnya, jika restoran kamu berada di Kemang, gunakan hashtag seperti #restorankemang dan jangan lupa untuk menambahkan tag lokasi di foto yang akan nibblers post.

2. Foto Menu Makanan dan Minuman

04

Instagram adalah rumah dari miliaran foto di dunia. Jangan sia-siakan kesempatan ini dan mulailah untuk mengambil foto yang kece dari makanan dan minuman yang nibblers tawarkan untuk dipamerkan di Instagram.

3. Ajak Pelanggan Sharing Foto 

05

Kamu bisa memanfaatkan fenomena memamerkan foto makanan di Instagram dengan mengajak pelanggan mengambil dan membagikan foto menu restoran kamu di Instagram mereka. Ajak mereka memberi tag akun Instagram restoran kamu dan jangan lupa untuk me-repost foto dari para pelanggan. Kamu bisa menghargai usaha pelanggan tersebut dengan memberikan complimentary atau diskon special jika mereka mengunggah fotonya ke Instagram.

4. Bekerja Sama dengan Food Blogger

06

Jumlah food bloggers di Instagram makin bertambah hari demi hari. Para influencer ini biasanya memiliki jumlah followers yang cukup banyak di akun Instagram mereka. Nibblers bisa menjalin kerja sama dengan para food bloggers tersebut dengan mengundang mereka untuk mencicipi dan memberi ulasan tentang menu-menu terbaik di restoran kamu. Ulasan yang mereka unggah di akun medsos mereka pasti bisa menarik perhatian followers setianya. Bukan tidak mungkin, cara ini bisa menggaet pelanggan baru untuk datang ke restoran nibblers.

5. Foto Behind The Scene

07

Foto yang menggambarkan rutinitas sehari-hari biasanya juga mendapatkan apresiasi tinggi dari pengguna Instagram. Jadi jangan ragu untuk mengambil foto koki restoran kamu yang sedang menyiapkan makanan di dapur atau barista yang sedang menyiapkan kopi. Foto-foto ini bisa menjadi cara untuk menghargai kerja keras karyawan restoran kamu, serta menjadi alat untuk memberitahukan pelanggan kalau proses di balik pembuatan menu-menu di restoran dijalani dengan serius dan fun.

6. Membuat Kontes Foto

08

Jika nibblers ingin menargetkan penambahan jumlah followers secara signifikan, kamu bisa mencoba untuk membuat kontes foto di Instagram. Salah satu ide yang bisa digunakan adalah meminta pelanggan membagikan foto menu kesukaannya di restoran kamu. Dengan cara ini, nibblers bisa membangun loyalitas pelanggan. Sebagai hadiahnya, nibblers bisa memberikan reward berupa gift card atau barang-barang yang bermanfaat dan banyak diidam-idamkan orang-orang.

Tips Marketing Restoran di Facebook

Meski kini sudah banyak yang mulai meninggalkan Facebook, nibblers tidak bisa memungkiri kalau pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbanyak ke-4 di dunia. Jadi tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Facebook sebagai media pemasaran agar restoran kamu makin dikenal. Ini dia beberapa tips marketing di Facebook yang bisa kamu gunakan.

1. Kenalkan Restoran Kamu di Cover Image

09

Berhubung ukuran cover image cukup besar, yaitu 851x351 pixels, pastikan kamu memanfaatkan space ini untuk memasarkan restoran kamu. Nibblers bisa memasang foto menu andalan atau foto suasana restoran untuk menarik pelanggan datang berkunjung. Kamu bisa mengubah cover image juga setiap ada diskon atau promo spesial.

2. Unggah Banyak Foto di Facebook

10

Koten yang paling sering dibagikan oleh para pengguna Facebook adalah foto. Jadi pastikan kamu menggunggah foto menu makanan restoran di akun Facebook restoran kamu. Kalau perlu, buatkan album khusus yang berisi menu makanan dan minuman restoran kamu.

3. Kontes

11

Sama seperti Instagram, kontes di Facebook juga bisa menarik pelanggan untuk datang ke restoran nibblers.

4. Embed Video

12

Video juga bisa menjadi media terbaik untuk menggambarkan suasana di restoran nibblers. Kamu bisa mengunggah video tentang bagaimana makanan dibuat atau lakukan interview sederhana dengan chef atau staff restoran kamu.

Itu dia tips-tips jitu yang pasti ampuh untuk membuat restoran nibblers semakin sukses di era medsos. Selain tips di atas, tentunya masih ada banyak strategi yang bisa digunakan. Tugas kamu adalah memilih-milih cara apa yang kira-kira paling efektif dan sesuai dengan kondisi restoran kamu.

Photos source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble