Foodies Guide To F&B Industry

Tips Sukses Merencanakan Buka Bersama

May 15, 20194 min readTips & Tricks

Buka bersama di bulan Ramadan sudah menjadi sebuah rutinitas tahunan yang selalu hadir. Mulai dari teman kantor, rumah, kuliah, SMA, SMP, SD, atau bahkan TK selalu antre untuk mengajak kita berbuka bersama. Yang paling tidak enak adalah ketika nibblers diminta menjadi bagian dari seksi sibuk.

Tentunya sebagai seksi sibuk ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perencanaan kegiatan buka bersama ini dapat berjalan dengan lancar. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut tips-tips buka bersama yang bisa nibblers terapkan di bulan Ramadan tahun ini.

Tentukan Peserta

peserta

Sebelum jauh membahas hal lain, ada baiknya kita tentukan siapa saja yang akan hadir atau diundang dalam kegiatan buka bersama.

Dengan menentukan siapa saja yang hadir akan memudahkan nibblers untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Penentuan peserta juga akan membantu dalam menentukan tempat berbuka nantinya. Kita jadi bisa mengantisipasi ingin berbuka puasa dimana nantinya tergantung dari kapasitas tempat berbuka dan jumlah orang yang akan berbuka bersama.

Sebagai seksi sibuk, nibblers harus bisa memastikan siapa yang pasti hadir, mungkin hadir, atau bahkan tidak bisa hadir sejak jauh hari agar tidak stress nantinya saat tanggal buka bersama sudah dekat.

Tentukan Tanggal yang Tepat

tanggal

Setelah anggota, hal krusial lainnya adalah menentukan tanggal. Biasanya, urusan menentukan tanggal adalah hal paling sulit karena sudah mengantrenya jadwal berbuka puasa.

Tanggal memegang peranan penting dalam berbuka puasa. Jika tanggal yang dipilih tidak tepat, maka nibblers bisa jadi tidak bisa mendapatkan tempat berbuka puasa yang sesuai dengan keinginan.  Pastikan tidak ada teman-teman nibblers yang ngomong “terserah”, ya.

Jangan terlalu lama berdiskusi. Patut diingat bahwa bulan Ramadan hanya 29/30 hari, jadi nibblers harus benar-benar lihat kalender, jangan sampai menentukan tanggal berbuka saat bulan Ramadan sudah berakhir.

Tentukan Tempat untuk Berbuka Bersama

sperta restaurant

Penentuan lokasi berbuka puasa menjadi pertimbangan dari semua pihak. Tidak bisa hanya 1 atau 2 orang yang memutuskan untuk berbuka puasa dimana.

Sebelum memilih menentukan lokasi, ada baiknya nibblers tentukan menu makanan apa yang diinginkan ketika berbuka puasa. Jangan sampai terjadi perdebatan ketika nibblers ingin berbuka di restoran Jepang, namun teman-teman lain ingin berbuka di restoran Timur Tengah.

Setelah menentukan jenis makanannya, langkah selanjutnya adalah dengan membuat list restoran-restoran terbaik yang menyajikan makanan khas daerah yang nibblers diskusikan.

Perhatikan juga lokasi dari restoran yang kalian pilih. Pilihlah lokasi yang tidak sulit untuk dijangkau kendaraan pribadi atau umum. Jangan sampai lokasi restoran hanya menguntungkan satu orang.

Yang terpenting, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, karena biasanya restoran-restoran terbaik akan menjadi incaran banyak orang.

Pilih Lokasi yang Dekat dengan Tempat Ibadah

mesjid

Ini merupakan salah satu faktor buka bersama yang seringkali terlewat untuk menjadi pertimbangan. Setelah seharian berpuasa dan akhirnya berbuka, kita juga tidak boleh melupakan kewajiban lainnya, yaitu salat magrib. Terkadang, ada beberapa orang yang karena terlalu kalapnya saat berbuka atau mengobrol setelah berbuka, lupa untuk menunaikan salat magrib.

Pilihlah lokasi berbuka yang memang menyediakan tempat untuk salat. Dengan memiliki tempat salat di lokasi tersebut, maka nibblers tidak akan kehilangan banyak waktu untuk kembali menikmati hidangan berbuka atau mengobrol dengan teman-teman yang sudah jarang ditemui.

Jika lokasi berbuka tidak menyediakan tempat untuk salat, setidaknya pilihlah lokasi berbuka yang dekat dengan masjid atau musala.

Siapkan Anggaran

uang

Anggaran adalah hal paling krusial. Dengan mengetahui berapa anggaran yang bisa dipersiapkan, kita bisa memilih tempat terbaik yang diinginkan. Anggaran juga berkaitan erat dengan penentuan tanggal, karena biasanya jika memutuskan untuk menyelenggarakan buka bersama di tengah bulan, maka anggaran yang ada juga tidak sebesar jika buka bersama dilakukan di awal atau akhir bulan.

Anggaran harus dikomunikasikan dengan baik ke semua peserta buka bersama. Jangan sampai ketika sudah dekat waktunya berbuka bersama, ada pihak-pihak yang merasa keberatan dengan anggaran yang harus disiapkan.

Jadi gimana nibblers? Sudah siap merencanakan buka puasa bersama di bulan Ramadan tahun ini?

Photo source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble