Foodies Guide To F&B Industry

Tips Tarik Pelanggan Baru Ramaikan Restoran

May 19, 20194 min readTips & Tricks

Mencari pelanggan baru untuk bisnis restoran membutuhkan kesabaran dan strategi yang mudah diaplikasikan. Nah, nibblers bisa melakukannya dengan berada di tempat para calon pelanggan banyak menghabiskan waktu, misalnya seperti di Instagram atau festival musik.

Cara ini bisa menarik perhatian pelanggan. Selain hal itu, ada banyak cara yang bisa nibblers lakukan untuk menarik pelanggan baru. Mari simak info lengkapnya di artikel berikut ini.

Foto Makanan dan Restoran Profesional

bisnis-restoran-02

Kesalahan umum yang paling sering terjadi adalah banyak bisnis restoran yang memasang foto dengan kualitas rendah di situs dan sosial media mereka. Untuk pelanggan tetap, hal ini mungkin tidak akan jadi masalah karena mereka sudah tahu kualitas makanan yang ditawarkan. Namun untuk pelanggan baru, impresi pertama sangatlah penting.

Jika foto di situs nibblers sudah ketinggalan zaman, punya pencahayaan yang agak gelap dan tidak terlihat bagus, sebaiknya pekerjakan fotografer profesional untuk mengambil foto restoran dan menu makanan untuk menonjolkan kualitasnya. Misalnya, area tempat duduk yang nyaman dan makanan yang beragam. Setelah foto jadi, segeralah unggah di situs dan sosial media.

Kolaborasi

bisnis-restoran-03

Strategi ini sangat ideal untuk dilakukan oleh jenis restoran spesialis yang tidak menawarkan makanan dan minuman secara lengkap. Jika bisnis restoran nibblers termasuk salah satunya, kalian bisa menggunakan strategi berikut ini:

  • Bakeries. Nibblers bisa bekerja sama dengan cafe di area terdekta untuk menggunakan roti buatan kalian secara eksklusif dalam menu Sandwich.
  • Ice cream shops. Bekerjasamalah dengan restoran untuk menjual ice cream buatan kalian sebagai hidangan penutup.
  • Microbreweries. Berusahalah untuk memasukkan bir buatan nibblers ke restoran dan bar favorit di area terdekat.
  • Coffee shop. Jika nibblers memiliki brand kopi, jualah itu ke restoran, bar, toko, atau supermarket lokal.

Menerapkan strategi ini hanyalah langkah pertama. Dalam kontrak, nibblers bisa membuat ketentuan bahwa merk atau brand tertulis di dalam deskripsi menu atau merk boleh ditampilkan pada produk.

 

Jual Gift Cards

bisnis-restoran-04

Gift cards restoran merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru. Beri tahu pelanggan melalui sosial media atau situs kalau nibblers menjual gift card. Konsep gift card yang bisa digunakan, antara lain:

  • Happy Birthday!
  • Thank you!
  • Congratulations!

Gift card ini bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk diberikan ke teman kerja, keluarga, atau sahabat pelanggan.

Serius Kelola Akun Sosial Media

bisnis-restoran-05

Setiap platform sosial media biasanya dapat menarik berbagai macam pelanggan. Cobalah untuk cari tahu sosial media apa yang paling sering digunakan untuk target market kalian dan buatlah akun untuk bisnis restoran di platform tersebut.

  • Untuk menargetkan turis.
  • Untuk menargetkan pelanggan baru dengan rentang usia 20-an sampai awal 40 tahun.
  • Untuk menargetkan pelanggan yang berusia 45 sampai 65 tahun.
  • Untuk menargetkan pelanggan yang jauh lebih mudah, usia antara 16-22 tahun.

Tujuan saat membuat akun sosial media bukanlah untuk mengumpulkan banyak followers. Lebih baik simpan waktu dan energi untuk fokus membangun brand image yang kuat.

Pelanggan jaman sekarang biasanya akan langsung mengecek situs dan sosial media sebuah restoran atau brand. Apalagi kalau pelanggan banyak menggunakan Instagram, platform ini sangat tepat untuk memamerkan menu makanan dan memberitakan promo spesial yang akan menarik perhatian.

Untuk membuat konten sosial media yang luar biasa, nibblers bisa meninggalkan handphone di dapur. Staff yang bertanggung jawab dapat mengambil foto makanan yang baru saja dimasak dan mengumpulkan foto-foto original dari sudut pandang yang menarik.

Live Music

bisnis-restoran-06

Pertunjukan musik dapat menarik perhatian pelanggan untuk datang ke restoran. Jadwalkan band atau musisi untuk tampil pada akhir pekan yang biasanya sangat ramai pengunjung. Dengan cara ini, restoran nibblers akan dibicarakan dari mulut ke mulut dan menarik pelanggan baru.

Pop Up Things

bisnis-restoran-07

Sejak tahun 2016, kehadiran restoran pop up semakin berjaya. Banyak pelanggan yang suka dengan unsur kejutan. Kehadiran pop up restaurant yang bisa muncul di mana dan kapan saja sangatlah menarik perhatian. Nibblers bisa bekerja sama dan membuka restoran di event di mana para calon pelanggan akan datang.

Newsletter Diskon

bisnis-restoran-08

Tidak ada salahnya untuk melakukan email campaign yang kuat untuk menarik perhatian pelanggan lama dan pelanggan baru. Nibblers bisa memberi diskon yang cukup besar untuk pelanggan yang baru datang berkunjung atau bisa juga memberikan diskon spesial melalui email saat hari ulang tahun pelanggan. Strategi ini sangat mudah diterapkan dan hasilnya bisa maksimal.

Tidak sulit bukan menerapkan strategi untuk menarik pelanggan baru? Jadi jangan menyerah dan tetaplah berusaha semaksimal mungkin agar restoran Anda makin dikenal.

Photos source: Pexels

Related Articles

Connect with Nibble