Foodies Guide To F&B Industry

Tren Desain Restoran di Tahun 2019

January 24, 20195 min readReviews

Tren desain restoran silih berganti seiring dengan perubahan selera orang banyak. Misalnya, beberapa tahun belakangan ini, tren desain restoran dengan gaya rustic barn yang mencakup furniture kayu berwarna gelap, earthy colors, dan dekorasi dari potongan logam berat sangat diminati orang banyak. Tapi baru-baru ini, tren desain tersebut mulai ditinggalkan dan berganti ke gaya desain lainnya. Pemilik restoran sangat perlu memperhatikan desain restoran yang ingin digunakan. Setiap warna, dekorasi, dan seberapa stylish restoran Anda akan mempengaruhi para pelanggan.

Untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk datang ke restoran, Anda perlu selalu up-to-date dengan tren desain restoran terbaru. Di tahun 2019 ini, tren desain restoran dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu conceptual design di mana ini merujuk kepada keseluruhan desain restoran dan design elements yang merujuk pada perubahan kecil yang dilakukan oleh pemilik restoran untuk memberikan nuansa yang lebih modern di restoran.

Tren Conceptual Design

Banyak restoran baru yang mendesain ruangannya dengan central theme. Konsep ini akhirnya juga berpengaruh pada tata letak ruang makan mereka. Berikut beberapa desain restoran yang akan populer di tahun 2019:

1. Communal Eating

desain-restoran-02

Kalau dulu restoran dengan konsep take-out lebih berjaya, kali ini banyak orang yang lebih mencari restoran yang bisa memuaskan hasrat mereka untuk bersosialisasi. Itulah sebabnya desain communal eating sangat populer tahun ini. Restoran dengan konsep communal eating menyediakan meja panjang dan kursi panjang yang bisa jadi tempat berkumpulnya orang banyak. Di meja dan kursi ini, semua orang yang datang ke restoran dapat duduk dan menikmati makan bersama sambil berkenalan dan mengobrol satu sama lain.

2. Open Kitchen

desain-restoran-03

Tidak mengherankan kenapa tren desain restoran berkonsep open kitchen banyak diminati di tahun 2019. Ini karena semakin banyak orang yang menginginkan transparansi sebuah restoran. Pelanggan ingin mendengar, melihat, dan merasakan langsung bagaimana chef memasak makanan mereka.   

3. Menambahkan Restoran di Bisnis yang Sudah Berjalan

desain-restoran-04

Konsep ini pasti sudah sering Anda temukan belakangan ini. Misalnya, ada toko jam mewah yang melebarkan sayapnya dengan menambah restoran di outlet bisnisnya. Begitu juga dengan area perkantoran, kantor bank, atau bioskop, bisnis-bisnis ini juga banyak menambahkan restoran, lounge, cafe, atau coffee shop di gedung mereka. Tujuannya tidak lain untuk menghemat biaya sewa dan membuat para pelanggan betah untuk menghabiskan waktu lebih lama.

4. Hygge dan Cozy Atmosphere

desain-restoran-05

Hygge (cara pelafalannya adalah hyoo-guh) merupakan konsep desain yang berasal dari Denmark. Dalam bahasa Denmark, kata ini berarti suatu perasaan yang menggarkan rasa puas dan nyaman. Tren hygge makin populer saat ini dan banyak diaplikasikan di industri kuliner. Beberapa restoran tertarik untuk membuat area restorannya menjadi lebih nyaman dan terasa hygge dengan menggunakan lilin, elemen rustic, dan furniture yang cozy.

Tren Design Elements

Conceptual design memang fondasi utama dari desain restoran Anda, tapi design elements tidak kalah penting. Design elements bisa Anda ganti kapanpun yang Anda mau, seperti lukisan di dinding restoran, jenis lampu, dan dekorasi di restoran. Inilah beberapa design elements yang populer di tahun 2019:

1. Memamerkan Karya Seniman Lokal

desain-restoran-06

Karya seniman lokal akan lebih banyak dipajang di berbagai restoran tahun 2019 ini. Karyanya bisa berupa patung, lukisan, foto, dan lain sebagainya. Semakin banyak restoran yang mencari cara untuk bisa terhubung dengan komunitas seniman lokal untuk bisa mengakses hasil karya mereka.

2. Dekorasi yang Instagramable

desain-restoran-07

Menciptakan dekorasi dan desain restoran yang Instagramable juga sangat penting dilakukan di tahun 2019 ini. Anda bisa memulainya dengan memberikan sentuhan yang eye-catching di bagian eksterior, memasang tanaman untuk menghias dinding, atau memajang design elements yang sangat menarik perhatian. Itu semua akan membuat restoran Anda semakin interaktif dan fotogenik.

3. Boho Pattern dan Rich Tones

desain-restoran-08

Tone warna perhiasan serta pattern boho sangat diminati di tahun 2019.  Jangan takut untuk menggabungkan hiasan dengan pola yang mencolok dengan warna-warni yang sangat terang. Design elements ini akan membuat restoran Anda memiliki nuansa warm dan dapat menarik pelanggan datang berkunjung.

4. Banyak Tanaman

desain-restoran-09

Belakangan ini, semakin banyak restoran yang peduli untuk menyajikan makanan yang sehat, tapi tetap lezat. Untuk memperkuat tujuan mereka, banyak pemilik restoran yang menggunakan tanaman hijau sebagai dekorasi restoran. Kesan sehat dan segar terpancar dari design elements ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Desain Restoran

desain-restoran-10

Selain conceptual design dan design elements, ada beberapa hal umum  yang harus Anda ingat selalu saat ingin memperbarui desain restoran Anda, yaitu:

1. Pelanggan Lebih Suka Restoran yang Instagramable

Salah satu faktor penting yang diperhatikan generasi millenial saat memilih restoran adalah desain yang Instagramable. Mereka lebih memilih restoran dengan desain dan dekorasi unik yang bisa dipamerkan di Instagram. Jadi jika Anda berencana untuk memperbarui suasana restoran Anda, pastikan ruangan Anda harus fotogenik, terutama jika restoran Anda membidik generasi millenial.

2. Pelanggan Suka Pengalaman Makan yang Menyenangkan

Kalau dulu orang-orang lebih suka adanya privasi, belakangan ini banyak orang yang lebih suka bersosialisasi saat makan di restoran. Anda dapat mendukung tren ini dengan menyediakan konsep communal eating, memasang karya seni seniman lokal, dan menciptakan suasana yang membuat pelanggan betah berlama-lama. Area makan yang warm akan mendorong terwujudnya interaksi antara pelanggan dan membuat mereka tertarik untuk datang kembali lagi.

Tren desain restoran senantiasa berubah seiring waktu berlalu. Agar Anda bisa menarik pelanggan datang, sebaiknya selalu lakukan pembaruan pada desain restoran Anda. Kalau berminat untuk mengganti suasana di tahun 2019 ini, yuk aplikasikan salah satu rekomendasi kami.

Photos source: pixabay

Related Articles

Connect with Nibble