Foodies Guide To F&B Industry

Variasi Saus yang Bikin Seru Makan Steak

June 21, 20194 min readInside Stories

Menyantap steak tanpa saus tentu rasanya seperti makan sayur tanpa garam alias kurang lengkap. Kehadiran saus steak tak hanya membuat rasa hidangan spesial tersebut makin enak, tapi juga membuat rasa daging semakin menonjol.

Konon suas steak muncul sejak tahun 1820. Di jaman tersebut, banyak orang menggunakan saus dengan brand A1 sebagai pelengkap steak mereka meski saus tersebut tidak didesain khusus untuk membumbui daging.

Sejak saat itu, semakin merebaklah jenis saus steak yang lain sehingga saus sebagai pendamping menu steak menjadi sesuatu yang sangat lazim.

Dewasa ini, ada beberapa saus steak favorit yang dikenal mampu membuat rasa steak makin enak. Mau tahu ada saus apa saja? Intip ulasan kami berikut ini.

 

1. Chimichurri Sauce

 01 - @erdbeerenundanderesgemuese

Photo source: @erdbeerenundanderesgemuese

Namanya yang unik sering membuat banyak orang penasaran. Aslinya, chimichurri sauce merupakan saus yang berasal dari Argentina. Saus ini tidak melalui proses masak dan dihidangkan secara mentah untuk melengkapi menu steak. Biasanya saus ini terbuat dari irisan daun parsley atau peterseli, bawang putih, oregano, dan white vinegar.

Namun kadang ada pula tambahan bubuk paprika merah demi membuat rasanya makin menonjol. Saat dicicipi, rasanya memiliki sensasi pedas, segar, dan enak sekali.

Kalau nibblers penasaran dengan asal mula namanya, banyak yang bilang chimichurri berasal dari bahasa Basque, yaitu tximitxurri yang berarti campuran dari berbagai hal tanpa adanya urutan yang jelas. Cukup menggambarkan bahan pembuat saus tersebut, bukan?

 

2. Mushroom Sauce

 02 - @incredible.cook

Photo source: @ incredible.cook

Siapa yang suka mengombinasikan steak dengan mushroom sauce? Gabungan kedua menu tersebut memang juara. Rasa mushroom sauce yang creamy, ditambah gurihnya daging steak akan memanjakan lidah nibblers dalam sekejap.

Siapa sangka kalau mushroom sauce ternyata merupakan salah satu saus tertua dalam sejarah. Saus ini sudah ada sejak tahun 1864 dan tercatat dalam buku masak pada tahun tersebut.

Sebenarnya tak sulit membuat mushroom sauce yang yummy ini. Nibblers hanya butuh jamur sebagai bahan utamanya, butter cream, olive oil, white wine, dan pepper. Kadang ada juga yang menambahkan daun bawang, lemon juice, tepung untuk membuat saus lebih kental, kaldu ayam, saffron, daun basil, parsley, dan herbs lainnya.

 

3. Barbecue Sauce

 03 - @willyoueat

Photo source: @willyoueat

Buat yang suka rasa asam manis, barbecue sauce pasti sering menjadi andalan saat makan steak. Jika ditelusuri barbecue sauce sudah dinikmati sejak abad ke-17 lho.

Bahan pembuatnya sangat bervariasi dan berbeda antar satu negara dengan yang lainnya. Namun, sebagian besar barbecue sauce biasanya terdiri dari vinegar, tomato paste, mayonnaise, bubuk bawang putih, mustard, black pepper, dan gula.

 

4. Red Wine Sauce

 04 - @nat0_o

Photo source: @nat0_o

Red Wine Sauce cukup biasanya hanya ditemukan di restoran steak berkelas. Jenis saus ini berasal dari Perancis dan lebih sering dikenal dengan sebutan bordelaise sauce.

Seperti namanya, red wine sauce dibuat dari dry red wine, butter, sumsum tulang, butter, bawang merah, dan demi-glace. Sensasi yang manis akan terasa begitu nibblers mencicipinya dengan sepotong daging.

 

5. Béarnaise Sauce

 05 - @janne_wall

Photo source: @janne_wall

Béarnaise Sauce mungkin masih asing di telinga nibblers. Jenis saus ini sebenarnya merupakan varian lain dari hollandaise sauce yang sudah lebih terkenal itu.

Béarnaise sauce pertama kali diciptakan di sebuah restoran di Perancis bernama Le Pavillon Henri IV pada abad ke-19. Saus tersebut dinamakan demikian karena pemilik restoran lahir di kota Béarn, Perancis.

Saus ini dimasak dengan campuran kuning telur, white wine, vinegar, potongan bawang merah, tarragon, dan peppercorn. Penampilan saus ini berwarna kuning mudah, teksturnya lembut, dan creamy. Paling enak dimakan sama steak atau jadi saus pelengkap burger.

6. Teriyaki Sauce

 06 - @hare_tortoise

Photo source: @hare_tortoise

Kalau bicara tentang steak bergaya Jepang, teriyaki sauce pasti menjadi saus yang paling populer untuk disandingkan bersama steak. Umur saus ini cukup tua karena sudah ditemukan sejak abad ke 17.

Sebenarnya saus ini tidak diciptakan khusus untuk steak, saus teriyaki juga sering menjadi saus pelengkap menu yang terdiri dari potongan ikan atau ayam yang dipanggang, direbus, atau digoreng.

Secara tradisional, saus teriyaki ini terbuat dari mirin, gula, kecap, dan sake atau alkohol. Semua bahan tersebut dimasak bersama sampai teksturnya kental. Untuk menambah cita rasa, banyak yang menambahkan jahe dan garnish daun bawang. Hasil akhirnya terasa manis dan cocok dengan rasa daging yang gurih.

 

7. Black Pepper Sauce

 07 - @thesnowflurry

Photo source: thesnowflurry

Sesuai dengan namanya, saus steak yang satu ini berbahan dasar lada hitam. Rasanya sangat memikat hati, agak pedas, tapi aromanya sangat lezat.

Blackpepper sauce makin enak jika terbuat dari biji lada hitam utuh yang menggugah selera. Tapi hati-hati, jika tidak dibuat secara profesional, rasa saus ini bisa sangat mendominasi sehingga akan mengacaukan cita rasa steak.

Jadi, dari ke-7 jenis saus steak yang kami bahas di atas, saus mana yang menjadi favorit nibblers?

Related Articles

Connect with Nibble