Yuk Hangatkan Perut Dengan 5 Bakso Paling Menggugah Selera di Jakarta

  • Atalya Anggraini
  • Tuesday March 1st, 2016
bakso1

 

Photo source: Instagram.com/baksoboedjangan

Tempat makan bakso itu ibaratnya oase di tengah padang gurun waktu musim hujan gini. Siapa coba yang bisa menolak semangkok bakso yang bisa menghangatkan perut di tengah cuaca dingin kayak sekarang? Makanan Indonesia yang satu ini banyak banget penggemarnya, baik yang dijual di pinggir jalan sampai yang ada di restoran. Macamnya bakso juga bervariasi, ada bakso urat, bakso halus, bakso isi telur, atau bahkan bakso sebesar bola tenis. Kuah kaldu dan pernak pernik yang ada di semangkok bakso, seperti tahu isi, bakso goreng, mie, bihun, dan lain-lainnya itu juga bikin nagih. Nah, kalau kamu salah satu pecinta bakso, kamu harus tahu 5 tempat makan bakso paling menggugah selera di Jakarta berikut ini!

 

1. Bakso Akiaw 99

Photo source: manual.co.id

Ada alasan kenapa Bakso Akiaw 99 asal Medan ini bisa sampai punya 4 outlet di Jakarta yang selalu dipenuhi oleh pelanggan-pelanggan setianya, rasa baksonya pecah banget! Kalau ini kali pertama kamu nyobain Bakso Akiaw 99, kita ngerekomendasiin banget buat makan di outletnya yang di Mangga Besar. Suasana chaos pinggir jalan khas daerah Mangga Besar ditambah banyaknya orang yang berjejalan menyantap Bakso Akiaw pasti bisa menambah kesan unik di petualangan kulinermu mencari bakso enak. Pilihan menu di Bakso Akiaw nggak neko-neko. Pertama, kamu bisa memilih jenis mie yang kamu suka (mie, bihun, atau kwetiau), lalu pilih jenis baksonya (bakso daging, bakso urat, atau bakso ikan). Kalau masih belum puas, tambahin lagi aja toppingnya dengan babat dan usus. Pasti cocok banget disantap dengan kuah kaldu super gurih yang Bakso Akiaw 99 punya. Setelah puas menyantap bakso, kamu bisa menyejukkan suasana dengan segelas Aloe Vera atau Liang Teh dingin. Yummy!

 

Lokasi:

Bakso Akiaw 99

- Jl. Mangga Besar Raya, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6291419.

- Jl. Bulevar Raya Blok AA3 No.6, Serpong, Tangerang.

- Mall Kelapa Gading 3, Lantai 3, Eat & Eat, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 500328.

- Jl. Muara Karang Utara Blok E7 No. 37, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 66602081.

 

2. Bakso Jawir

Photo source: Instagram.com/myfunfoodiary

Ini dia nih salah satu tempat makan bakso paling fenomenal di Jakarta, Bakso Jawir. Cabangnya udah banyak banget lho, ada 8 yang tersebar di daerah Jakarta dan Tangerang. Di Bakso Jawir yang paling terkenal adalah bakso jumbo yang ukurannya gede banget dan di tengah-tengah bakso itu ada potongan daging sapi cincang yang enak banget. Selain bakso jumbo, bakso polosnya pun nggak kalah mantapnya. Teksturnya lembut banget dan kenyal sekali waktu dikunyah. Di sini, kamu juga bisa milih bakso isi telur lho yang rasanya makin pecah waktu dimakan dengan kuah kaldu yang sudah disiram sambal dan ditaburi bawang goreng. Selain bakso, kamu juga harus nyicipin mie ayam mereka yang nendang abis.

 

Lokasi:

Bakso Jawir

- Jl. Tanjung Duren Raya No. 96, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0819-7661-174

- Pejaten Village, Lantai 3, Jl. Warung Jati Barat, Pasar Minggu, Jakarta.

- Ruko Flourite, Jl. Boulevard Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Jakarta. Telp. (021) 54220642.

- Jl. Pesanggrahan No. 12B, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 5863002.

- Jl. Kemang Selatan Raya No. 150B, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 78844302.

- Summarecon Mall Serpong, Lantai 2, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 29310695.

- Ruko Taman Palem Lestari, Blok B17 No. 22, Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta. Telp. (021) 55950171.

- Ruko Duta Indah Alpha 1, Blok A7, Jl. Peta Selatan, Daan Mogot, Jakarta. Telp. (021) 29316720.

 

3. Bakso Pak Kumis Blok S

Photo source: Instagram.com/foodiejkt

Di daerah Jakarta Selatan, bakso Pak Kumis Blok S ini udah terkenal banget. Letaknya di Blok S yang notabene jadi surga makanan kaki lima di daerah Selatan. Yang beda dari Bakso Pak Kumis ini adalah kamu bisa ngeracik bumbu baksomu sendiri. Jadi waktu datang ke sana, kamu akan diberi mangkok, lalu kamu bisa mengambil bumbu-bumbu untuk kuah baksomu, seperti daun bawang, bawang goreng, sambal, garam, dan kecap sesuai dengan seleramu. Setelah siap, kamu bisa meminta bakso sebanyak yang kamu mau. Di sini ada bakso daging cincang dan bakso urat. Keduanya enak, lembut, dan kenyal banget. Bagian spesial lainnya adalah kuahnya sendiri yang terasa banget karinya. Beda banget dari bakso-bakso lain!

 

Lokasi:

Bakso Pak Kumis Blok S

Jalan Birah Raya No.3, Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta. Telp. 0857-8116-0113.

 

4. Bakso Aan

Photo source: eshtravaganza.com

PIK itu emang bener-bener gudangnya makanan. Dari cafe-cafe cute sampe bakso enak, semuanya ada di PIK. Salah satu bakso yang paling dicari di PIK ya Bakso Aan yang rasanya lezat banget. Sama seperti Bakso Akiaw, Bakso Aan ini asli Medan dan rasanya sedikit manis. Untuk pilihan bakso, kamu bisa pilih antara bakso ikan, bakso halus, dan bakso urat. Kalau mau nyobain tiga-tiganya, bisa langsung pesan Bakso Campur yang berisi ketiga bakso tersebut. Baksomu bisa disandingkan dengan mie, bihun, atau kwetiau, tergantung selera.  Soda tertua asli Indonesia juga ada di Bakso Aan lho. Yup, Cap Badak, pasti kamu-kamu yang berasal dari Medan udah nggak asing lagi sama minuman soda yang umurnya sudah ratusan tahun ini. Penasaran? Mangkanya cobain!

 

Lokasi:

Bakso Aan

Ruko Elang Laut, Blok B No. 27, Jl. Pantai Indah Selatan, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29219128).

 

5. Bakso Boedjangan

Photo source: Instagram.com/gedeinperut

Mau nyobain bakso yang lagi hits banget di Bandung? Cobain deh Bakso Boedjangan yang storenya ada di Kelapa Gading. Yup, bujangan, kamu nggak salah baca kok. Tenang, tempat bakso ini nggak cuma buat yang bujangan kok, semua bisa nyobain bakso-bakso unik khas Bakso Boedjangan. Selain bakso standar seperti bakso urat dan bakso halus, kamu bisa nemuin bakso super pedas yang menyimpan sambal pedas di bagian tengah bakso dan bakso isi telur bebek. Unik banget kan? Urusan rasa, nggak usah ditanya deh, juara banget. Jadi wajar kalau di Bandung outletnya udah banyak banget. Mie Yamin di sini juga wajib kamu cobain karena ada Green Yamin yang Healthy dan Black Yamin yang Misterius. Warna mie-nya ya sesuai dengan nama menunya, hijau dan hitam. Keren banget kan? Rasanya bener-bener nggak kalah sama mie biasa. Nggak cuma itu, ada lagi yang super enak di sini, seperti Nasi Bakso Telor Asin yang berupa nasi yang diberi bakso-bakso kecil di atasnya, lalu disiram dengan bagian kuning telur asin. Rasanya? Heaven on earth banget!

 

Lokasi:

Bakso Boedjangan

Boulevard Raya WE 2/4 - Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Wih, terbukti kan makin inovatif dan menggoda aja bakso-bakso jaman sekarang. Makin nggak sabar ngebakso? Tenang, simpan alamatnya dan langsung aja meluncur ke sana. Terus jangan lupa ya pamerin foto-foto bakso yang kamu makan di Nibble, biar yang lain pada ngiler. Buat yang belum tahu Nibble, klik di sini yuk!


 

Write some comments

Related posts