Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Rasa Eropa yang Tak Lekang Waktu di Marche Jakarta

December 18, 20196 min readReviews

Kalian yang suka kulineran di mal-mal Jakarta tentu sudah akrab dengan Marche. Restoran berkonsep open kitchen dengan menu-menu Eropa ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2012 di Plaza Senayan dan Grand Indonesia. Namun, belakangan kedua cabang Marche Jakarta ini ditutup.

Beruntung di tahun 2019 ini Marche kembali membuka cabang ketiga di Indonesia, tepatnya di Lippo Mall Puri. Cabang ketiga ini memiliki desain interior yang sedikit berbeda dengan kedua cabang pertama tapi tetap menawarkan pengalaman kuliner yang seru.

Selain itu, konsep makanan yang fresh dan natural juga tetap dipertahankan melalui berbagai stand pasar di dalam restoran. Marche Jakarta  juga saat ini memiliki menu bundling yang dikumpulkan berdasarkan menu favorit pelanggan. 

Menu bundling pertama adalah lunch package yang hadir pada pukul 12:00-15:00. Dengan harga Rp75.000, kalian sudah bisa mendapatkan pilihan main course dan minuman. Lalu ada brunch set yang hadir setiap pukul 10:00-14:00. 

Menu brunch set menjadi salah satu menu favorit di Marche Lippo Mall Puri. Ini dikarenakan salah satu waktu paling ramai restoran ini dikunjungi adalah pukul 10:00-12:00, di mana para orang tua menunggu anak pulang sekolah.

Menu Eropa yang Masih Jarang Ada di Indonesia

Salah satu yang membuat Marche Jakarta menjadi pilihan utama adalah ragam menu khas Eropa yang masih jarang ditemukan di Indonesia.

Roesti with Grilled Chicken Breast

marche jakarta

Roesti memang adalah menu makanan yang paling dicari di Marche Jakarta. Bahkan, pada saat Marche dibuka di Grand Indonesia dan Plaza Senayan, roesti menjadi incaran banyak orang. Masih sedikit restoran di Indonesia yang menyajikan roesti dalam menunya. Inilah yang menyebabkan roesti di Marche begitu digemari.

Roesti sendiri adalah makanan khas dari Swiss berupa kentang parut kasar yang dibentuk menjadi seperti roti bundar. Setelah dibentuk, adonan kemudian dimasak dengan metode pan frying. Roesti with grilled chicken breast dan roesti with bacon and egg yang paling banyak dicari.

Kami memilih roesti with grilled chicken breast yang berharga Rp67.000. Roestinya terasa sangat lembut. Bahkan, tanpa tambahan saus ataupun bumbu pelengkap lainnya, roesti yang satu ini sudah sangat enak. 

Untuk grilled chicken breastnya sendiri dibakar dengan tepat. Ini bisa terlihat dari tekstur luar daging yang menjadi cokelat gelap tetapi bagian dalamnya terasa sangat empuk. Bahkan, untuk memotong grilled chicken ini sangatlah mudah. Porsinya pas banget untuk satu orang

Mushroom Soup

Banyak dipilih pengunjung Marche Jakarta selain karena rasanya yang kental dan harum dari jamur, alasan lain adalah porsinya yang cukup mengenyangkan meskipun hanya berupa sup.

Suapan pertama dari menu ini saja sudah menggambarkan mushroom soup ini berbeda dengan mushroom soup di restoran lain. Teksturnya yang sengaja tidak benar-benar dihaluskan dipadukan dengan rasa jamur yang khas dijamin membuat ketagihan.

Savory Crepe

Banyak orang yang menghindari menu sehat seperti salad karena menganggap rasanya yang membosankan. Namun, jika kalian melihat tampilan makanan yang satu ini di Marche Lippo Mall Puri, pasti akan terasa berat menolak savory crepe.

Savory crepe pada dasarnya adalah sebuah salad yang disajikan dengan metode wrap. Roti yang digunakan sebagai pengikat dari salad ini cukup tebal mengenyangkan dengan filling ayam, salmon, dan telur. Pilihan dressing-nya ada honey mustard, thousand island, dan balsamico semakin menambah selera kalian untuk segera menyantapnya.

Croque Monsieur

Croque monsieur adalah salah satu makanan yang dikenal berasal dari Prancis. Makanan yang satu ini merupakan sebuah sandwich yang dipanggang dengan diselimuti telur dan memiliki isian daging. Croque monsieur dipercaya lahir dari kafe di Paris sebagai salah salah satu cemilan.

Sesuai dengan makanan aslinya di Prancis, croque monsieur di Marche Jakarta juga memiliki bentuk yang serupa. Sebagai tambahan dan mempercantik tampilan menu, disajikan pula selada. 

Croque monsieur di Marche ini memiliki porsi yang cukup besar, bahkan bisa dinikmati untuk 2 orang. Ini dikarenakan roti yang digunakan sebagai pelapis dari daging ham cukup tebal sehingga sangat mengenyangkan. Daging yang diselipkan di antara dua potong roti juga memiliki porsi yang cukup banyak dan tebal. 

Regal Ovomaltine & Choco Marshmallow Xmas

Kedua minuman ini merupakan minuman baru yang memang spesial disajikan guna menyambut momen natal yang sebentar lagi akan datang. Sama-sama memiliki rasa yang manis, tetapi ternyata keduanya memiliki campuran berbeda yang membuatnya semakin manis.

Regal ovomaltine hadir karena tren penggunaan biskuit marie yang tengah naik belakangan ini. Banyak makanan dan minuman saat ini yang menggunakan Regal dalam namanya. Padahal, Regal sendiri bukanlah jenis biskuit melainkan nama sebuah brand. Marie lah jenis biskuit yang mereka maksud.

Untuk regal ovomaltine dari Marche Jakarta ini sendiri memiliki rasa yang sangat manis. Rasa manis ini hadir dari perpaduan manis dari selai ovomaltine, biskuit marie yang telah dihaluskan, dan gula. Meski pastinya akan sangat disukai oleh pecinta makanan dan minuman manis, meminum regal ovomaltine dari Marche setelah kenyang menyantap makanan berat bukan hal yang dianjurkan. 

Choco Marshmallow Xmas adalah minuman favorit kami. Manis dalam minuman yang satu ini tidak berlebihan. Ini dikarenakan cokelat yang mereka gunakan adalah cokelat yang memiliki rasa pahit sehingga berpadu sempurna dengan manis dari marshmallow. Karena disajikan panas tentunya tidak akan membuat kalian enek.

Ambiance

Salah satu yang membedakan cabang Marche Lippo Mall Puri ini dengan dua cabang sebelumnya adalah konsep interior. Di cabang Plaza Senayan dan Grand Indonesia interior restoran Marche masih menggunakan konsep yang lama. Sedangkan di Lippo Mall Puri ini konsep yang digunakan baru. 

Konsep baru ini lebih modern. Meskipun masih tetap mempertahankan pasar buah dan sayur segar dalam restorannya, konsepnya lebih fresh dan masuk ke era kekinian. Banyak spot instagramable baru yang disediakan oleh Marche bagi pengunjung untuk berswafoto.

Penataan tiap pasar ini juga dibedakan satu dengan lainnya. Untuk makanan saja tersedia lebih dari tiga stand berbeda, seperti salad, dessert, dan grilled food. Bahkan, stand dessert masih terbagi lagi menjadi dua, yaitu dessert hangat dan beku. Untuk minuman sendiri tersedia satu stand panjang yang juga dibedakan antara jus, soft drink, kopi, teh, dan minuman lain.

Penataan cahaya di cabang baru Marche Indonesia ini juga lebih terang dibandingkan cabang-cabang sebelumnya. Namun, meskipun lebih terang, suasana dalam ruangan masih nyaman untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu luang.

Jangan khawatir bagi kalian yang ingin membawa anak kecil ketika berkunjung ke Marche Movenpick Lippo Mall Puri. Di restoran ini tersedia pula playground kecil yang pastinya akan membuat si kecil anteng bermain sambil menikmati makanan.

Punya kebiasaan untuk merokok setelah kenyang makan? Marche menyediakan ruangan outdoor yang juga berukuran cukup besar. Jangan takut kepanasan jika kalian berada di ruangan luar ini karena angin yang berhembus juga cukup kencang.

Rekomendasi Kami

marche jakarta

Tampaknya tidak ada rasa yang berubah dari nikmatnya makan di farmer's market a la Swiss ini.

Bagi kebanyakan orang, mungkin harga makanan dan minuman cukup mahal. Namun, dengan porsi makanan yang didapat, harga tersebut masih sangat masuk akal. Beberapa porsi makanan juga bisa dinikmati lebih dari satu orang.

Sepertinya, datang sekali ke Marche Indonesia tidak akan cukup karena menu yang tersedia cukup beragam dan tentunya tidak ada yang fail. Terlebih, kalian bisa mencicipi beberapa makanan khas Eropa yang masih jarang ditemukan di Jakarta.

Bocorannya nih, Marche Jakarta akan kembali membuka cabang di kawasan Selatan Jakarta. Jadi, gak ada alasan lagi buat melewatkan beragam menu dari Benua Eropa di Jakarta!

Related Articles

Connect with Nibble