Foodies Guide To F&B Industry

Photo by 247wallst

6 Jenis Beras dan Kandungan Nutrisinya

March 24, 20204 min readInside Stories

Di Indonesia kita sangat akrab dengan beras putih sebagai makanan sehari-hari. Tak hanya di Indonesia, beras juga menjadi makanan pokok dari banyak negara di dunia. Tidak heran, sifatnya yang serbaguna, mudah diolah, dan rasanya yang enak membuat beras dicari banyak orang. Beras tidak hanya disajikan sebagai makanan utama, banyak menu juga yang menyulap beras sebagai makanan pendamping, snack, atau dessert.

Namun, tahukah kalian kalau jenis beras di dunia ada banyak sekali macamnya? Setiap jenis memiliki karakter dan kandungan nutrisi yang berbeda satu sama lain. Yuk cari tahu perbedaan dan keistimewaan tiap beras agar kita bisa tahu cara terbaik untuk menyajikannya.

1. Beras Putih

jenis beras

Photo source: Pixabay

Ini dia jenis beras yang paling sering kita temukan di Indonesia, yaitu beras putih. Beras berwarna putih ini sudah dihilangkan kulit arinya, dedak dan germs yang terkandung dalam setiap bulir padi. Proses ekstrasi ini tentu memiliki dampak positif, salah satunya masa simpan beras putih terhitung lebih lama daripada beras lainnya. Namun, karena begitu banyak zat yang dihilangkan, nutrisinya pun berkurang.

Hasilnya, beras putih dianggap mengandung serta, protein, antioksidan, serta vitamin dan mineral tertentu lebih sedikit dibanding beras cokelat. Berhubung kandungan serat dan protein dalam beras putih begitu rendah, beras ini bisa memberi efek lebih kenyang dan punya dampak lebih besar terhadap tingkat gula darah seseorang.

2. Beras Cokelat

Photo source: Pexels

Beras cokelat merupakan jenis beras yang mengalami proses untuk menghilangkan bagian kulit arinya. Meski begitu, jenis beras ini masih memiliki lapisan dedak dan germs yang membuatnya lebih bernutrisi. Ditemukan pula kandungan antioksidan flavonoid apigenin, quercetin, dan luteolin dalam beras cokelat yang dipercaya bisa mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Kandungan kalori dan karbohidrat dari beras cokelat tidak terlalu berbeda dari beras putih. Namun, jenis beras ini punya kandungan serat dan protein tiga kali lebih banyak. Kedua kandungan ini dipercaya bisa bikin kita merasa lebih kenyang sehingga bisa menekan keinginan kita untuk makan sepanjang hari. Beras cokelat juga sering dianggap lebih sehat dari beras putih karena dapat membantu regulasi gula darah dalam tubuh. Itulah sebabnya ini merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes.

3. Beras Merah

Photo source: GreenDNA

Siapa yang suka mengganti jenis beras di rumah menjadi beras merah? Teruskan kebiasaan ini karena beras merah mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa yang bermanfaat untuk tubuh. Jenis beras yang satu ini mengandung protein dan serat lebih banyak dari nasi putih. Namun, hal yang membuat beras merah banyak diminati adalah kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Banyak pula penelitian yang menyatakan kalau beras merah efektif melawan radikal bebas, dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung, serta diabetes tipe 2.

4. Beras Hitam

jenis beras

Photo source: modernfarmer

Kita patut bangga karena Indonesia menjadi produsen dari beras hitam dan sudah mulai mengekspor jenis beras ini ke banyak negara, termasuk Amerika Serikat. Kalian harus tahu kalaa beras hitam merupakan jenis beras yang sangat langka dan sudah tua umurnya. Banyak orang yang mengenal beras hitam sebagai forbidden rice karena jenis beras ini dulunya hanya dikonsumsi oleh para kamu elit kerajaan.

Jika dibandingkan dengan varietas beras lainnya, para peneliti menyimpulkan kalau beras hitam punya senyawa antioksidan tertinggi, sehingga sangat bergizi. Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Banyaknya jumlah molekul radikal bebas dalam tubuh kita sering dihubungkan sebagai penyebab penyakit jantung, kanker, dan masalah mental.

Beras hitam juga memiliki kandungan anthocyanin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Anthocyanin yang berasal dari beras hitam diteliti dapat menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara pada tubuh manusia.

5. Beras Melati (Jasmine Rice)

Photo source: onceuponachef

Beras Melati dikenal berasal dari negara tetangga kita, yaitu Thailand. Jenis beras ini sempat dinobatkan sebagai beras terenak sedunia oleh Lonely Planet di tahun 2009, 2010, dan 2016. Sesuai dengan Namanya, beras ini memiliki aroma yang harum, seperti wangi bunga melati, saat dimasak.

Kandungan nutrisinya pun tak kalah sehat, serat dan berbagai nutrisi masih terjaga di hasil akhir pemrosesan beras ini. Uniknya lagi, jenis beras ini juga memiliki beberapa varietas, seperti warna putih, cokelat, merah, ungu, dan hitam. Kesemua varietas tersebut mengandung fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi sel tubuh kita dari kerusakan.

6. Wild Rice

Photo source: thektchn

Bentuknya seperti beras, cara tumbuhnya pun juga begitu. Namun, menurut para ahli botani, beras liar atau wild rice bukanlah termasuk dalam tanaman beras. Biasanya wild rice tumbuh dalam air yang dangkal. Asalnya diduga dari penduduk asli Amerika yang sudah menggunakan wild rice sebagai makanan pokok mereka.

Beda dengan jenis beras lain, aroma wild rice sangat kuat dan harganya pun cukup tinggi. Kandungan gizi dalam wild rice pun juga lengkap. Bukan hanya serat dan protein yang menjadi daya tariknya, di dalam wild rice juga terdapat zat besi, potasium, dan berbagai mineral lainnya.

Terbukti ada banyak sekali jenis beras di dunia yang mengandung banyak manfaat dan nutrisi. Kalau kalian sudah mencoba yang mana saja?

Related Articles

Connect with Nibble