Tips & Tricks

Sisi Mengkilap dan Kusam Aluminium Foil, Apa Bedanya?

by Danang Lukmana | July 12, 2021

Sisi Mengkilap dan Kusam Aluminium Foil, Apa Bedanya?
Aluminium foil saat ini seakan sudah jadi benda atau peralatan wajib yang digunakan di dapur-dapur keluarga masa kini. Kegunaan dan fungsinya beragam, dari mulai memanggang, membungkus makanan, membatasi loyang, dan banyak lainnya. Tapi, pernah nggak sih kalian perhatikan kalau benda ini punya dua sisi permukaannya, yakni sisi yang mengkilap dan yang kusam? Banyak orang menyarankan bahwa saat memasak makanan yang dibungkus atau ditutup dengan aluminium foil, sisi yang mengkilap harus menghadap ke dalam atau bersentuhan langsung terhadap ke makanan. Sementara sisi yang lain, yakni sisi yang kusam harus berada di luar. Hal tersebut didasari argumen bahwa sisi mengkilap lebih reflektif, sehingga bisa memantulkan lebih banyak radiasi panas dibanding sisi kusam. Apakah benar seperti itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1.     Penggunaan Aluminium Foil

Kertas aluminium yang mengkilap serta memiliki kemampuan tahan panas ini bisa berfungsi sebagai pembungkus makanan, baik di dalam kulkas, oven yang panas, hingga suhu ruangan.  Makanan yang dibungkus dengan kertas aluminium ini bisa jadi awet cukup lama lho.

source: istokcphoto

Makanan hangat akan tetap bertahan hangat, sedangkan makanan yang dingin tetap terjaga dinginnya selama beberapa waktu. Bahkan aluminium foil juga bisa berguna untuk membantu menyimpan makanan seperti keju supaya lebih awet. Penggunaan kertas aluminium ini memang jelas bisa meringankan beban di dapur, tapi tetap saja membingungkan bagi para pemula yang masih awam. Salah satunya adalah penentuan sisi aluminium foil mana yang merupakan 'sisi yang benar'.

2.      Dua Sisi Kertas Aluminium Sama Baiknya

Menurut Robert L.Wolke yang dilansir dari Culinarylore, perbedaan penampilan dua sisi pada aluminium foil sama sekali nggak berpengaruh pada penggunaannya untuk masakan. Banyak orang percaya bahwa ada sisi yang lebih baik dibanding sisi yang lain, namun yang benar adalah sama sekali nggak ada perbedaan di antara keduanya.

source: istockphoto

Kedua sisi tersebut terlihat berbeda, lebih akibat proses pembuatan dari kertas aluminium itu sendiri. Dan kedua sisi punya fungsi yang sebetulnya sama baiknya kok. Sisi yang lebih kusam bukan berarti menandakan ia adalah sisa produk sampingan dari proses produksi tersebut.

3.      Bagaimana Kedua Sisi Tersebut Terbuat?

Nah, kertas aluminium umumnya dijual dalam bentuk gulungan atau roll, dan gulungan tersebut dibuat dengan proses penggilingan. Bahan pembuatan kertas ini pada awalnya berbentuk bongkahan besar logam aluminium. Bongkahan besar tersebut lalu digiling seperti saat membuat adonan kue pai atau kulit pangsit. Dalam proses tersebut, panas dan tekanan tinggi digunakan untuk meregangkan serta menggiling bahan kertas menjadi setipis mungkin.

source: istockphoto

Pada proses terakhir penggilingan, dua lapis kertas aluminium dimasukkan ke dalam mesin penggiling sekaligus. Nah sisi di dalam yang bersentuhan langsung dengan roda penggiling akan jadi lebih mulus dan mengkilap. Sedangkan sisi yang diluar akan nampak lebih kusam dan berkerut, namun fungsinya tetap sama saja kok. Jadi nggak benar jika mengatakan bahwa sisi kusam adalah produk sampingan sisa produksi kertas.

4.      Sisi Mengkilap Aluminium Soil Bukan Berarti Lebih Baik

Pada dasarnya, kedua sisi baik yang mengkilap maupun kusam bekerja sama baiknya dalam mentransfer panas ke dalam makanan yang akan diolah. Kalian bisa mempraktekkan sendiri dengan membungkus dua buah kentang dengan dua sisi yang berbeda. Hasil waktu pemanggangannya akan sama saja.

source: istockphoto

Daripada berdebat sisi mana yang harus digunakan untuk membungkus, lebih baik fokus pada seberapa rapih dan erat kalian membungkus makanan tersebut. Setiap udara yang terperangkap dalam kantong aluminium foil bisa bertindak sebagai penghalang dan memperlambat perpindahan panas. Jadi, pastikan membungkusnya dengan erat sebelum dipanggang supaya nggak ada udara yang terperangkap.

5.      Kesimpulannya

Aluminium foil nggak memiliki satu sisi yang lebih unggul dari yang lain, dan keduanya juga sama baiknya dan bisa digunakan untuk tujuan yang sama. Alasan kenapa terbentuk dua sisi yang berbeda adalah karena proses pembuatan yang disebut penggilingan.

source: istockphoto

Jadi, daripada pusing memilih sisi mana yang lebih bisa optimal, lebih baik fokus pada teknik pembungkusan makanan tersebut. Makanan yang dibungkus rapat serta rapih, tentu akan lebih optimal dan cepat untuk matang sesuai keinginan.