Tips & Tricks

Manfaat Point Of Sale (POS) untuk Bisnis Restoran

by Atalya Anggraini | April 14, 2019

Manfaat Point Of Sale (POS) untuk Bisnis Restoran
Seiring waktu berlalu, makin banyak orang yang jarang membawa uang tunai. Hasilnya, dewasa ini makin banyak pelanggan restoran yang lebih memilih untuk membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau mobile payment. Jika Anda pemilik bisnis restoran, Anda harus menyesuaikan diri agar bisnis restoran Anda bisa terus mengikuti tren saat ini. Menggunakan sistem POS mobile bisa menjadi langkah pertama yang Anda dapat aplikasikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu sistem POS mobile, apa manfaatnya untuk bisnis restoran Anda, fitur apa saja yang terdapat di dalamnya, dan juga berbagai info dasar yang harus Anda ketahui lainnya.  

Apa Itu Mobile POS?

bisnis-restoran-02

Mobile POS atau point of sale merupakan perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet yang bisa menyelesaikan seluruh transaksi keuangan dengan pelanggan melalui aplikasi atau software. Saat menggunakan sistem mobile POS, perangkat seluler Anda dapat menyelesaikan proses pembayaran, sama seperti saat pelanggan melakukan pembayaran dengan uang tunai. Istilah mobile POS sendiri merujuk pada perangkat yang digunakan, seperti card reader yang Anda gunakan untuk menggesek kartu debit pelanggan dan software yang bisa menyelesaikan pembayaran secara digital.   Saat Anda mendaftarkan bisnis restoran Anda untuk layanan mPOS, biasanya perusahaan mPOS akan mengirimkan card reader yang bisa dipasang di tablet atau smartphone dan bisa digunakan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran. Beberapa perusahaan tertentu bahkan akan melengkapi Anda dengan perangkat lain seperti printer untuk mencetak nota pembayaran.  

Siapa yang Dapat Menggunakan Mobile POS?

bisnis-restoran-03

Salah satu manfaat terbesar dari mobile POS adalah kemudahannya untuk dibawa-bawa. Ini membuat mobile POS sangat ideal untuk bisnis restoran seperti food truck. Namun, sebagian besar sistem mPOS tidak hanya memiliki keunggulan yang menonjolkan ringkasnya saat dibawa-bawa, sehingga membuat banyak jenis bisnis restoran tertarik menggunakan sistem ini. Hasilnya, sistem mobile POS sering digunakan di berbagai jenis restoran, mulai dari restaurant, bakery, diner, deli, dan masih banyak lagi.  

Apa Itu Mobile Payments?

bisnis-restoran-04

Mobile payments merupakan transaksi pembayaran yang dilakukan secara digital. Pelanggan tidak perlu memiliki kartu debit atau kartu kredit secara fisik untuk melakukan transaksi pembelian. Ada beberapa sistem mPayment yang populer di Indonesia, seperti OVO atau Go-Pay. Sistem ini sangat populer digunakan oleh generasi anak muda yang tidak ingin membawa uang tunai dalam jumlah banyak dan lebih memilih metode pembayaran digital. Mobile payments juga sangat bagus untuk food trucks atau pop-up store yang hadir di festival atau outdoor events, di mana pelanggan ingin melakukan pembelian, tapi tidak mau ambil risiko untuk membawa dompetnya ke tempat ramai.  

Mengapa Bisnis Restoran Harus Menggunakan Mobile POS?

bisnis-restoran-05

Sistem mobile POS sudah menjadi metode pembayaran yang sering dipilih oleh pemilik bisnis restoran karena fleksibel untuk digunakan. Ditambah lagi, pemilik food truck dan pop-up restaurant juga lebih suka menggunakannya karena mudah dibawa-bawa. Selain itu, ukurannya pun tidak makan tempat dan ideal untuk digunakan dalam ruang yang terbatas. Sistem mobile POS memang dirancang untuk membuat hidup pemilik bisnis restoran semakin mudah. Mobile POS harus mampu menyelesaikan transaksi digital, serta harus memiliki sejumlah fitur yang juga bermanfaat untuk bisnis restoran Anda.  

Fitur Penting di Sistem Mobile POS

bisnis-restoran-06

Ada banyak sistem mobile POS yang bisa Anda pilih dan setiap produsen menawarkan fitur yang berbeda satu sama lain. Jadi Anda perlu memilih pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis restoran Anda. Beberapa fitur penting yang sangat bermanfaat untuk restoran, antara lain:
  1. Keamanan adalah fitur paling penting dalam mobile POS karena sistem ini melibatkan uang Anda. Sistem POS pilihan Anda harus memiliki keamanan terbaik yang dapat mencegah pencurian identitas atau chargebacks.
  2. Interface yang mudah digunakan juga sangat penting. Mobile POS pilihan Anda harus tampak sederhana, sehingga Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menelusuri menu dan membuat pelanggan Anda menunggu.
  3. Mobile POS Anda juga harus terintegrasi dengan software keuangan atau accounting. Dengan menggunakan sistem mobile POS, ini akan memudahkan proses akuntansi Anda berjalan lebih singkat dan lancar.
  4. Mobile POS Anda juga harus dapat digunakan di beberapa platform. Fitur ini membuat Anda bisa mengakses mobile POS dengan berbagai perangkat seluler. Anda hanya perlu logging in.
  5. Sistem mobile POS Anda juga harus memiliki sistem inventori. Dengan melacak inventori restoran, Anda bisa dengan mudah melakukan penyesuaian untuk membantu menurunkan biaya makanan yang Anda jual ke pelanggan.
  6. Sistem mobile POS juga sebaiknya memiliki fitur yang memudahkan Anda melacak menu apa yang paling banyak dipesan oleh pelanggan. Ini dapat membantu Anda untuk melakukan penyesuaian menu, mengurangi pemborosan biaya, dan meningkatkan penjualan Anda.
  7. Pastikan juga, sistem mobile POS Anda dapat diakses secara offline. Terkadang koneksi internet tidak dapat diandalkan, dan jangan sampai hal ini berpengaruh pada bisnis restoran Anda.
  8. Mobile POS pilihan Anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengirim nota pembayaran ke pelanggan melalui email daripada harus mencetaknya.
  9. Banyak sistem mobile POS saat ini yang memiliki fitur untuk mengumpulkan data pelanggan. Ini akan membantu Anda untuk menentukan arah bisnis restoran Anda berdasarkan hal yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan. Anda bisa memberikan penawaran yang lebih personal saat pelanggan datang kembali ke restoran Anda.
  Sistem mobile POS terbaik harus mampu menggabungkan banyak fitur dan didesain sebagai satu alat yang mudah digunakan, namun sangat bermanfaat untuk bisnis restoran Anda. Saat memilih mobile POS, pastikan untuk mempertimbangkan fitur yang dimiliki oleh mobile POS yang Anda pilih.   Photos source: Pexels