Healthy Foodie

Manfaat Zucchini, Si Terong Italia yang Padat Nutrisi

by Kristal Pancarwengi | May 20, 2021

Manfaat Zucchini, Si Terong Italia yang Padat Nutrisi
Kalian pasti pernah dengar dong tentang zucchini? Sayuran yang secara fisik mirip timun ini biasanya jadi pilihan menu diet karena kaya nutrisi. Manfaat zucchini sangat beragam, mulai dari kesehatan dan kecantikan. Oh iya, zucchini sering disalahpahami sebagai mentimun Jepang. Padahal keduanya berbeda, lho.

Beda Zucchini dengan Timun Jenis Lainnya

Ya, zucchini dan timun Jepang adalah dua benda yang berbeda. Di Italia, zucchini disebut dengan nama courgette. Secara fisik, keduanya juga punya tampilan yang gak sama. Bentuk zucchini ini gak selonjong timun-timun jenis lainnya. Selain itu juga terdapat bentuk menyerupai bintang di salah satu sisinya. Zucchini alias si terong Italia ini punya tekstur yang padat tapi empuk. Bagian kulitnya juga terasa kasar dan kering. Soal rasa, zucchini punya cita rasa yang cenderung manis dan ada hint pahitnya dibandingkan timun jenis lainnya. Melansir Healthline, ada banyak banget manfaat zucchini yang bisa kita dapat. Ini berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, serat, vitamin A, mangan, folat, potasium, magnesium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Zucchini untuk Kesehatan dan Kecantikan

Timun zucchini biasanya disajikan dalam bentuk salad, pasta, tempura, atau diolah dengan cara lain sebagai campuran saat membuat kue/masakan. Buat yang penasaran, ini dia beberapa manfaat zucchini untuk kesehatan dan kecantikan.
  1. Antioksidan alami

Zucchini adalah sayuran yang kaya akan antioksidan alami karotenoid. Selain menangkal radikal bebas yang kerap jadi penyebab penyakit kanker, antioksidan ini juga bantu mendukung kesehatan mata, kulit, serta jantung. Manfaat kesehatan ini ternyata paling banyak ditemukan pada kulit zucchini, lho.
  1. Jaga kesehatan pencernaan

Buat kalian yang masih sering susah BAB, coba deh perbanyak makan zucchini. Si terong Italia ini dikenal efektif untuk bantu menjaga kesehatan pencernaan. Salah satunya untuk memperlancar buang air besar. Gak cuma tinggi kandungan air, timun zucchini merupakan jenis sayuran yang mengandung serat larut dan tak larut. Kedua jenis serat ini bekerja efektif di dalam saluran pencernaan. Serat tak larut membantu mengurangi konstipasi. Sedangkan serat larut bekerja memberi makan bakteri baik di dalam saluran cerna.
  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat zucchini yang berikutnya adalah membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Nggak heran kalau timun impor yang satu ini sering dijadikan pilihan menu sehat oleh pasien-pasien diabetes tipe 2. Zucchini mengandung karbo dalam kadar rendah, sehingga bagus untuk menurunkan gula darah.
  1. Bagus untuk kulit

Pencinta skincare pasti takjub dengan manfaat zucchini yang satu ini! Timun zucchini diketahui kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E, serta pelembap alami yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mengonsumsi zucchini secara rutin akan menjauhkanmu dari penuaan dini, kulit kendur, serta bengkak di sekitar mata. Selain mengonsumsinya, kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan facial wajah alami, lho.
  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat zucchini yang lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Ini berkat kandungan serat larut jenis pectin yang terdapat di dalamnya. Serat ini diketahui efektif untuk mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) yang punya efek negatif untuk kesehatan jantung. Selain itu, potasium pada zucchini juga bagus untuk menjaga tekanan darah tetap normal.
  1. Menjaga kesehatan mata

Zucchini mengandung zeaxanthin dan lutein yang diketahui bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa ini bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang kerap menyebabkan munculnya keluhan pada mata, seperti katarak, glukoma, dan degenerasi makula yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan. Wah, ternyata banyak juga ya manfaat zucchini untuk kesehatan. Kalau kalian sendiri, suka zucchini dengan olahan model apa nih, Nibblers?