Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Getty images

5 Menu Pengganti Sarapan yang Ada di Swalayan

January 29, 20204 min readTips & Tricks

Telat bangun sering menjadi alasan orang melewatkan sesi sarapan. Padahal, sarapan merupakan sesi makan paling penting dalam satu hari. Dianggap penting karena sarapan ibaratnya adalah waktu ‘buka puasa’ untuk tubuh kita setelah tidak mengonsumsi apapun sepanjang malam. Dengan sarapan, kebutuhan glukosa dalam tubuh kita bisa terpenuhi. Kita juga dapat nutrisi untuk menjaga energi selama beraktivitas seharian.

Terus gimana kalau bangun kesiangan dan tidak sempat sarapan? Tenang, sarapan itu nggak harus pakai nasi, sayur, dan lauk pauk lengkap kok. Jika tidak punya waktu untuk masuk dapur dan memasak sarapan, sebelum ngantor atau ngampus, kalian bisa melipir ke supermarket, seperti TransMart, Ranch Market, Giant, dan sebagainya untuk mencari menu pengganti sarapan.

Berbekal kekreativitasan dalam menyusun menu, kalian bisa menikmati sarapan sehat dan bergizi dengan bahan-bahan yang tersedia di supermarket. Makanan-makanan tersebut pastinya nggak pakai ribet, dan bisa dinikmati di sepanjang perjalanan atau disantap saat tiba di kantor.

Penasaran menu pengganti sarapan apa saja yang bisa kalian dapatkan di supermarket? Yuk intip rekomendasi kami berikut ini.

1. Sereal dan Susu

Photo source: nestle-cereals

Sereal dan susu dikenal sebagai kombinasi sempurna untuk sarapannya anak kecil. Padahal duo maut ini nggak hanya bagus untuk anak kecil saja lho. Orang dewasa pun juga bisa merasakan manfaatnya.

Sereal yang terbuat dari gandum utuh mengandung serat cukup tinggi yang baik untuk pencernaan. Susu juga mengandung kalsium serta kaya nutrisi, perfect sebagai asupan sehat saat memulai hari. Paduan antara sereal dan susu juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tahan sampai makan siang tiba.

Agar lebih praktis, kalian bisa membeli sereal yang dijual dalam kemasan mangkuk plastik di supermarket. Kalau sedang diet, kalian bisa mengganti susu pendamping sereal dengan susu UHT low-fat yang bisa dengan mudah ditemukan di supermarket.

2. Buah dan Yogurt

Photo source: sweetpeasandsaffron

Buat yang sedang menjalani diet, pasti tidak asing dengan menu pengganti sarapan yang satu ini. Ya, buah dianggap sebagai salah satu menu sehat untuk memulai hari karena mengandung karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh. Tingginya kandungan serat dan vitamin pada buah juga menjadi nilai plus yang bikin menu ini diincar oleh pelaku healthy lifestyle.

Agar makin sehat, kalian bisa mengombinasikan buah dengan yogurt. Kalau bingung memilih antara greek yogurt atau yogurt biasa, kalian bisa cek dulu Bedanya Greek Yogurt dan Yogurt Biasa. Yogurt sendiri punya segudang manfaat buah tubuh. Yogurt dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, bikin pencernaan lebih lancar, dan menjaga imunitas tubuh.

Demi kepraktisan, kami menyarankan untuk membeli buah potong. Jika tidak ada wadah yang bisa digunakan, kalian tidak perlu menyiram potongan buah dengan yogurt, melainkan jadikan yogurt sebagai dipping sauce untuk buah.

3. Roti dan Susu

Photo source: foodbusinessnews

Tidak kalah praktis, roti dan susu juga tepat dijadikan menu pengganti sarapan jika sedang terburu-buru. Efek kenyang yang dihasilkan roti terbukti sama seperti saat kita makan nasi. Kami sangat menyarankan untuk memilih roti gandum karena nilai gizinya lebih baik dibandingkan roti biasa. Di dalamnya terkandung zat besi, serta vitamin B yang berfungsi untuk membentuk energi untuk beraktivitas.

Tambahan susu juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi kita. No more worries deh meski tidak sarapan pakai nasi.

4. Onigiri

Photo source: topsushimaker

Buat yang hobi jajan di minimarket, pasti sering ketemu onigiri. Ini pas banget untuk jadi menu pengganti sarapan. Biarpun ukurannya mini, tapi onigiri padat nutrisi. Dalam sekali santap, kalian bisa mengisi perut dengan nasi sebagai sumber karbohidrat, nori yang mengandung serat, serta filling yang kaya protein karena biasanya menggunakan beef atau ikan tuna. Agar makin ke-Jepang-an, kalian bisa beli minuman ocha kemasan sebagai pendamping onigiri.

5. Granola

Photo source: wellplated

Belakangan ini, granola sering menjadi primadona makanan sehat yang cocok untuk jadi menu pengganti sarapan. Bahan pembuat granola yang biasanya terdiri dari rolled oats, kacang-kacangan, dan madu memang dikenal sebagai menu sehat yang berdampak positif untuk tubuh. Kabar baiknya, kin sudah makin banyak snack lokal dari granola yang bisa dipilih. Mulai dari yang bentuknya bars atau bites, sama-sama sehatnya. Kalian bisa memadukan power snack ini dengan susu atau air putih.

Itu dia 5 menu pengganti sarapan yang bisa kalian dapatkan dengan mudah di supermarket. Nggak ribet kan? Menu mana nih yang sudah pernah kalian coba?

Related Articles

Connect with Nibble