Foodies Guide To F&B Industry

Photo by tastessence.com

Ini Dia Bedanya Greek Yogurt dan Yogurt Biasa

January 28, 20204 min readInside Stories

Yogurt sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagai salah satu kuliner yang menyehatkan tubuh manusia. Kuliner yang dihasilkan dari hasil fermentasi susu sapi ini dapat kalian temukan dengan mudah di mana saja. Bahkan, saat ini pun rasa yogurt yang dijual di pasar sudah memiliki beragam varian. Mudahnya yogurt ini dicampur dengan kuliner lain membuatnya disukai banyak orang.

Namun, belakang ini muncul pula greek yogurt. Salah satu turunan yogurt ini justru ketenarannya menyaingi yogurt. Tak ada yang tahu pastinya kapan greek yogurt ini mulai muncul. Yang pasti, istilah greek yogurt ini berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Misalnya di Asia Tengah greek yogurt dikenal dengan istilah chakka atau suzma, Timur Tengah mengenalnya dengan istilah labneh, dan tsedeno kiselo mlyako dikenal di Bulgaria.

Meski sama-sama memakai nama yogurt, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Salah satu bedanya greek yogurt dan yogurt biasa terletak di kandungan yang dimiliki. Apa perbedaan lainnya? Cari tahu dalam artikel ini!

Greek Yogurt yang Bukan Dari Yunani

Photo source: pexels

Sebelum masuk ke bedanya greek yogurt dan yogurt biasa, kita harus mengenal lebih dekat greek yogurt ini terlebih dahulu.

Meskipun memiliki nama greek yogurt, ternyata minuman yang satu ini bukan berasal dari Yunani. Bahkan, di Yunani sendiri sama sekali tidak mengenal minuman yang satu ini. Greek yogurt di Yunani justru lebih dikenal dengan nama straggisto.

Straggisto di Yunani sering digunakan sebagai bahan dasar dari saus khas Yunani yang disebut tzatziki. Menariknya, tak pernah ada satu orang pun di Yunani yang mematenkan nama greek yogurt di negaranya.

Istilah greek yogurt sendirinya awalnya mencuat setelah digunakan oleh seorang pengusaha asal Yunani yang bernama Hamdi Ulukaya. Hamdi memutuskan untuk memberi nama yogurt dari perusahaannya dengan nama “greek”. Alasan Hamdi memberi nama greek adalah agar produknya lebih gampang untuk dikenali oleh banyak orang.  

Meskipun bukan menjadi orang yang pertama kali mengenalkan straggisto ke dalam pasar Amerika Serikat dan Eropa, produk dari Hamdi menjadi yang paling populer di sana. Bahkan, di Amerika Serikat greek yogurt a la Hamdi menguasai 35% pasar yogurt setelah 7 tahun mulai dijual.

Menggunakan nama “greek yogurt” dalam produknya pernah membuat Hamdi berurusan dengan masalah hukum. Fage, perusahaan asal Yunani yang lebih dahulu menjual yogurt di Amerika Serikat dan Eropa, memperkarakan penggunaan istilah “greek” dalam produk dari perusahaan Hamdi.

Kekalahan Hamdi membuatnya tidak bisa menggunakan nama greek yogurt di Inggris Raya. Di Inggris Raya akhirnya produknya hanya dikenal dengan istilah “yogurt yang disaring”. Namun, dirinya masih bisa menggunakan istilah greek yogurt pada produk yang dijual di Amerika Serikat.

Bedanya Greek Yogurt dan Yogurt Biasa

Photo source: pexels

Greek dan yogurt biasa memiliki bahan baku yang sama, yaitu susu dan bakteri. Bahkan, keduanya menggunakan jenis bakteri yang sama, yaitu streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus. Bakteri ini ada untuk melakukan fermentasi laktosa dalam susu dan menghasilkan lactic acid.

Perbedaan besar greek yogurt dengan yogurt biasa terdapat pada beberapa hal ini.

Penyaringan Lebih Banyak

Setelah di-fermentasi, yogurt disaring untuk mengeluarkan kandungan whey. Yogurt biasa mengalami dua kali proses penyaringan sehingga kandungan whey masih tersisa di dalamnya. Hal yang berbeda dilakukan greek yogurt, di mana greek yogurt mengalami tiga kali penyaringan sehingga sama sekali tidak mengandung whey. 

Ini membuat greek yogurt memiliki bau yang lebih menyengat dan kepadatan yang lebih tipis dibandingkan yogurt biasa.

Kandungan Protein Lebih Besar

Yogurt sering disebut sebagai sumber protein dan kalsium yang terbaik. Mudah ditemukan di mana saja dan juga masuk ke segala jenis makanan membuat yogurt menjadi salah satu minuman sehat yang disukai banyak orang. Meskipun begitu, karena greek yogurt lebih ter-konsentrat, kandungan protein di dalamnya melebihi yogurt biasa. Bahkan, nilai protein dalam greek yogurt bisa tiga kali lipat lebih besar dibandingkan yogurt biasa.

Memerlukan Susu Lebih Banyak

Proses penyaringan lebih banyak yang dialami oleh greek yogurt membuatnya memerlukan susu lebih banyak dibandingkan yogurt biasa. Bahkan, jika yogurt biasa hanya membutuhkan 1 gelas susu, greek yogurt memerlukan 4 gelas susu. Ini dikarenakan banyaknya volume yang hilang ketika proses penyaringan dilakukan lebih sering.

Mengandung Lemak Lebih Besar

Meskipun memiliki kadar protein yang lebih besar, greek yogurt mengandung lemak yang banyak dibandingkan yogurt biasa. Bahkan, lemak dalam greek yogurt lebih besar 3 kali lipat dari yogurt biasa. Namun, saat ini juga sudah banyak greek yogurt yang memiliki versi bebas lemak ataupun rendah lemak.

Setelah tahu beberapa perbedaan ini, yogurt mana yang menjadi pilihan kalian? Jika masih pengen yogurt, datang saja ke 7 frozen yogurt yang segar dan sehat di Jakarta ini.

Related Articles

Connect with Nibble