Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Best Combo Buah untuk Sarapan. Mana Favoritmu?

June 4, 20213 min readHealthy Foodie

Nibblers, jangan lupa untuk selalu memulai hari dengan sarapan ya! Selain memenuhi kebutuhan energi, makan pagi juga penting untuk menambah konsentrasi saat beraktivitas. Buat kalian yang bingung pilih-pilih menu sarapan, yuk saatnya beralih ke buah. Ada beberapa rekomendasi buah untuk sarapan yang sehat lho. Beberapa bahkan bisa dikombinasikan.

Buah mengandung antioksidan sekaligus tinggi serat. Jadi selain bantu menjaga pencernaan tetap sehat, sarapan pagi dengan buah juga akan membuat kulitmu makin glowing, lho. Siapa sih yang gak mau? Langsung aja yuk simak beberapa buah untuk sarapan berikut ini!

  1. Nanas

Nanas merupakan buah yang bagus dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Selain meningkatkan sistem imun, nanas juga mengandung vitamin C dan enzim bromelain yang bermanfaat untuk mencegah inflamasi (peradangan) dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi nanas dengan buah-buahan lain seperti cherry dan blueberry supaya manfaat yang didapat makin nampol.

  1. Pisang

Pilihan buah untuk sarapan yang kedua adalah pisang. Buah yang satu ini gak cuma mengenyangkan, tapi juga mengandung folat dan vitamin B6 yang bagus untuk meningkatkan produksi serotonin—hormon yang berperan memperbaiki mood dan mengatasi cemas.

Mengutip Good Housekeeping, serat larut dalam buah pisang juga dikenal bagus lho untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kalian bisa mengonsumsi pisang seperti biasa atau dicampur dengan bahan makanan lain seperti oat, muesli, maupun granola.

  1. Kiwi

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu aja? Coba deh beralih ke kiwi. Buah yang satu ini bagus dijadikan pilihan menu sarapan sehat. Selain mengandung vitamin C yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh, kiwi juga mengandung nutrisi tertentu untuk mencegah radikal bebas dan peradangan.

Biar rasanya makin mantap, coba kombinasikan kiwi dengan buah-buahan lain seperti stroberi dan lemon. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, smoothie, atau salad buah.

  1. Buah delima

Buah delima atau pomegranate sudah lama dikenal sebagai sumber antioksidan yang bantu menangkal radikal bebas sekaligus menjaga kesehatan kulit. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai menu sarapan pagi yang sehat.

Biar rasanya makin lezat, coba campur dengan anggur merah dan beri sedikit yogurt. Sarapan rutin buah delima + anggur dan yogurt dijamin bakal bikin kamu awet muda, tetap sehat, dan jauh dari risiko sembelit.

  1. Alpukat

Buah untuk sarapan berikutnya yang gak kalah bernutrisi adalah alpukat. Buah dengan tekstur creamy ini punya kandungan lemak baik, serat, dan air yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga bisa bikin kamu kenyang lebih lama sehingga cocok dijadikan menu sarapan buat yang lagi diet.

Alpukat bisa dikonsumsi sebagai buah, smoothie, atau jus. Kalian juga bisa mengombinasikannya dengan roti tawar (pilih yang gandum utuh ya). Paduan vitamin B dan mineral dari keduanya adalah fusion yang oke banget buat jaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

  1. Buah Beri

Satu mangkuk kecil buah beri bisa memenuhi kebutuhan sekitar 60 kalori harianmu, lho. Selain itu, buah beri juga mengandung serat dan vitamin C yang efektif untuk menjaga daya tahan. Antioksidan di dalamnya juga bagus untuk melindungi sel-sel tubuh. Kamu bisa pilih blackberry, blueberry, satau stroberi sesuai selera.

Wah, ternyata buah juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu opsi sarapan sehat ya. Dari keenam pilihan buah dan best combo-nya di atas, mana sih yang paling jadi favoritmu? Share yuk biar yang lain pada tahu!

Related Articles

Connect with Nibble